Comscore Tracker

Titik Rangsang U-Spot, Beri Sensasi Menyenangkan pada Vagina

Selain g-spot dan a-spot, bisa mencoba rangsangan u-spot

Kamu mungkin familiar dengan g-spot, titik rangsang pada perempuan yang dianggap sama sensitifnya dengan penis. Lalu, bagaimana dengan titik rangsang u-spot? Pernah mendengar sebelumnya?

Spot ini masih jarang dibahas. Padahal, u-spot bisa memberikan sensasi yang tidak kalah menggairahkan dengan g-spot ataupun p-spot pada laki-laki. Selengkapnya, berikut uraian mengenai titik rangsangan u-spot. 

Apa itu titik rangsang U-spot?

Huruf ‘u’ dalam u-spot merupakan inisial dari uretra. Yup, spot ini adalah titik yang nampak ketika buang air kecil. Lubang kecil ini memiliki selubung jaringan ereksi di sekelilingnya. Nah, Sarah Melancon, PhD, seksolog klinis dalam Healthline menyebut bahwa jaringan ini ternyata padat akan saraf sehingga peka terhadap rangsang. 

Saraf ini memberikan sensasi pada beberapa titik, tidak hanya ke area uretra. Namun, juga saraf lain di sekitar area genital. Dengan begitu, memberikan rangsang pada saraf tersebut dapat memicu sensasi dan kenikmatan seksual.

Perbedaan u-spot dengan g-spot dan a-spot berada dari titik rangsangnya. Jika u-spot mengandalkan di uretra, g-spot bisa ditemukan di bagian dalam dekat mulut vagina. Sementara, a-spot di dekat leher rahim.

Siapa saja yang memiliki dan menikmati U-spot?

Titik Rangsang U-Spot, Beri Sensasi Menyenangkan pada Vaginailustrasi vagina (Unsplash.com/Timothy Meinberg)

Seluruh manusia membutuhkan uretra untuk bisa buang air kencing. Secara teknis, hal tersebut menunjukkan bahwa setiap orang yang memiliki uretra juga memiliki u-spot.

Namun, u-spot cenderung diidentikkan dengan vagina. Adapun rangsangan uretra pada penis lebih akrab disebut sebagai stimulasi uretra.

Jawaban berbeda berlaku pada pertanyaan siapa saja yang dapat menikmati u-spot. Meski ada di tiap individu, rangsangan u-spot tidak selalu memicu gairah bahkan orgasme pada semua orang. 

Beberapa mungkin merasa u-spot sangat sensitif sehingga sedikit rangsangan saja dapat menimbulkan squirt dan orgasme. Namun, ada juga yang kurang atau tidak menyukai permainan di area u-spot. Hal ini kembali pada preferensi masing-masing individu dan kondisi tubuhnya.

Baca Juga: Orgasme Bisa Membuat Rona Wajah Makin Terpancar, Apa Penyebabnya? 

Bagaimana cara menstimulasi U-spot?

Titik Rangsang U-Spot, Beri Sensasi Menyenangkan pada Vaginailustrasi vibrator (unsplash.com/We-Vibe Toys)

Karena letaknya yang di luar, u-spot lebih mudah ditemukan dan diberikan rangsangan. Ada tiga teknik yang bisa kamu coba untuk menstimulasi titik uretra ini.

  1. Gunakan jari. Sentuh secara ringan, mainkan dengan gerakan lembut ke atas bawah atau kiri kanan bisa memicu sensasi yang menyenangkan. Perlu diketahui bahwa area ini bisa sangat sensitif. Jadi, menstimulasi tanpa pelumas yang dapat menyebabkan gesekan yang tidak nyaman
  2. Rangsang dengan mulut. Berikan sensasi lembut menggunakan lidah dari lubang vagina ke arah klitoris untuk merangsang u-spot
  3. Mainkan vibrator. Tak lengkap, jika rangsangan u-spot tidak memakai sex toy. Kamu bisa memilih vibrator dengan gerakan lembut dan perlahan untuk menghindari rasa tidak nyaman
  4. Manfaatkan penis pasangan. Yup, ajak pasangan menstimulasi u-spot menggunakan penisnya. Cukup dengan menggerakkan ujung kepala penis di titik yang tepat, maka kamu akan mendapatkan rangsangan yang mengairahkan.

Ada catatan penting yang perlu kamu perhatikan sebelum menstimulasi u-spot. Pertama, uretra tidak memiliki mikrobioma pelindung layaknya vagina. Akibatnya, uretra tidak mampu melawan bakteri, seperti dijelaskan oleh Gigi Eagle, pelatih seks bersertifikat dalam Healthline.

Guna menghindari risiko infeksi saluran kemih, usahakan untuk buang air kecil setelah melakukan hubungan seksual. Hal tersebut membantu membersihkan bakteri yang  menempel selama stimulasi titik orgasme u-spot atau aktivitas seks lainnya.

Selain itu, oral seks dapat meningkatkan risiko penularan penyakit seksual. Terlebih jika tidak menggunakan pelindung. Jika kamu tertarik menstimulasi uretra dengan jari, maka pastikan sudah mencuci tangan dengan bersih, ya!

Posisi yang mendukung stimulasi titik rangsang U-spot

Titik Rangsang U-Spot, Beri Sensasi Menyenangkan pada Vaginailustrasi posisi seks (Unsplash.com/Deon Black)

Bukan hanya teknik, kamu dan pasangan bisa memanfaatkan posisi seks yang tepat untuk merangsang u-spot. Berikut beberapa posisi yang bisa dicoba:

  • Lifted missionary. Letakkan bantal di pinggul penerima pada posisi misionaris. Adanya sanggahan itu dapat membuat tubuh sedikit terangkat dan memudahkan stimulasi u-spot
  • Laying lotus. Posisikan badan mirip dengan lifted missionary. Lalu, lingkarkan kaki hingga membentuk layaknya kupu-kupu ke pasangan
  • Rider on top. Posisi ini cocok untuk menggabungkan penetrasi dengan stimulasi u-spot. Untuk melakukannya, penerima naik ke atas pasangan dan menerima penetrasi, lalu menggunakan tangan atau mainan untuk merangsang uretra.

Masih ada beberapa posisi seks yang bisa dicoba dan mendukung rangsangan u-spot. Apabila ingin menjajalnya, silkan komunikasikan dan lakukan eksplorasi yang menggairahkan bersama pasangan.

Bisakah rangsangan titik U-spot menyebabkan ejakulasi vagina?

Titik Rangsang U-Spot, Beri Sensasi Menyenangkan pada Vaginailustrasi ejakulasi vagina (Unsplash.com/Deon Black)

Memainkan dan merangsang titik sensitif tubuh dapat menimbulkan sensasi tersendiri. Termasuk menyentuh atau memainkan u-spot. 

Selain orgasme, aktivitas seksual satu ini dapat menyebabkan ejakulasi vagina atau yang lebih akrab disebut squirt. Istilah tersebut diberikan saat perempuan mengalami pelepasan cairan dari uretra selama orgasme.

Meski beberapa menyebutkan squirt lebih banyak disebabkan oleh stimulasi g-spot, tapi tetap tidak menutup kemungkinan terjadi setelah rangsangan u-spot. Lagi-lagi, semua kembali ke masing-masing individu.

Tidak ada jaminan kamu akan menyukai titik rangsang u-spot. Meski begitu, mencobanya dapat membantumu mengeksplor lebih jauh tentang apa yang disukai saat melakukan hubungan seksual. 

Baca Juga: 5 Penyebab Perempuan Sulit Orgasme yang Harus Kamu Tahu!

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya