Comscore Tracker

5 Tips Efektif agar Tak Canggung Bahas Seks dengan Pasangan

Kualitas hubungan intim jadi lebih baik

Membahas mengenai urusan ranjang bersama pasangan memang rasanya sudah menjadi hal yang umum untuk dilakukan. Namun, tak semua pasangan dapat melakukan hal tersebut, khususnya untuk mereka yang baru menikah.

Padahal memiliki sesi santai dengan mengobrol urusan ranjang justru bisa memancing gairah dan menambah keintiman. Untuk mencegah perasaan canggung dalam melakukan diskusi soal seks, kamu dan pasangan dapat mencoba beberapa hal yang berikut ini.

1. Jangan berekspektasi lebih pada obrolan pertama

5 Tips Efektif agar Tak Canggung Bahas Seks dengan Pasanganilustrasi pasangan mengobrol (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Pada saat kamu baru memulai obrolan panas pertama kali dengan pasangan, wajar halnya jika merasa canggung. Kamu tak perlu memiliki ekspektasi yang berlebihan tentang hal tersebut.

Jangan juga langsung menyalahkan pasangan karena masih merasa canggung dengan hal tersebut. Kamu dapat mengikuti saja alurnya meskipun kali pertama kadang tidak sesuai dengan ekspektasi.

2. Biasakan obrolan tersebut terus-menerus

5 Tips Efektif agar Tak Canggung Bahas Seks dengan Pasanganilustrasi pasangan berkencan (unsplash.com/Christin Hume)

Seperti yang kamu tahu bahwa obrolan pertama kali jelas tidak akan semudah yang dibayangkan. Kamu jadi perlu membiasakan diri untuk melakukan hal tersebut dengan pasangan.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan hal tersebut secara terus menerus. Alasannya tentu saja untuk saling membiasakan diri sehingga tidak akan merasa canggung lagi.

3. Memberi tahu apa yang kamu suka tanpa mengkritiknya

5 Tips Efektif agar Tak Canggung Bahas Seks dengan Pasanganilustrasi pasangan intim (unsplash.com/Toa Heftiba)

Tujuan dari membicarakan seputar aktivitas seksual tentunya untuk membuat hubungan intim terus menjadi lebih berkualitas. Kamu dan pasangan juga jadi lebih memahami satu sama lain.

Dilansir It Starts With Us, hal yang justru perlu kamu lakukan adalah dengan memberi tahu pasangan tentang apa yang kamu sukai. Jangan dengan mudah memberi kritik begitu saja pada pasangan jika tak sejalan denganmu.

Baca Juga: 5 Alasan Melakukan Seks setelah Bertengkar Itu Bagus untuk Hubungan

4. Pastikan waktunya tepat

5 Tips Efektif agar Tak Canggung Bahas Seks dengan PasanganIlustrasi pasangan mengobrol (Pexels/Jack Sparrow)

Menurut artikel yang dilansir The Guardian, membicarakan hal berbau seksual dengan pasangan juga perlu melihat pada waktu dan situasinya. Tentukan waktu yang cocok dimana bisa berdua dan mood yang baik.
Apabila waktunya tepat, maka obrolan tersebut bisa mengalir dengan baik. Jika sebaliknya, justru konflik bisa saja terjadi dengan mudahnya.

5. Selalu ciptakan suasana dan respon mengobrol yang positif

5 Tips Efektif agar Tak Canggung Bahas Seks dengan PasanganIlustrasi pasangan mengobrol (Pexels/Andres Ayrton)

Hampir semua pasangan pasti setuju bahwa berdiskusi memerlukan banyak hal yang perlu diperhatikan. Tentunya ini juga berkaitan apabila ingin membicarakan soal urusan ranjang.

Kamu dan pasangan harus selalu menciptakan suasana yang kondusif. Selain itu, berikan respon positif terhadap pasangan sehingga ia merasa didengarkan.

Semua cara di atas bisa jadi referensi untukmu dalam mengantisipasi perasaan canggung saat membicarakan soal aktivitas seksual dengan pasangan. Ikuti alurnya saja, ya!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya