Comscore Tracker

Sering Gak Sadar, Ini 5 Tanda Kamu Sedang Bekerja di Toxic Workplace!

Gak baik untuk dirimu sendiri!

Bekerja dan mengejar karier merupakan suatu keharusan apalagi jika saat ini kamu sudah menikah dan menjadi kepala keluarga. Namun nyatanya saat bekerja tentunya selalu saja ada masalah entah dari orang-orangnya bahkan dari tempat kerjanya sendiri.

Bekerja memang tidak semata-mata bertujuan mencari uang karena kenyamanan saat bekerja juga penting. Rasa tidak nyaman saat bekerja boleh jadi karena disebabkan tempat kerja tersebut bersifat toxic dan inilah lima tanda-tandanya!

1. Selalu miss komunikasi

Sering Gak Sadar, Ini 5 Tanda Kamu Sedang Bekerja di Toxic Workplace!Pexels.com/Mentat DGT

Kurangnya komunikasi pun bisa merupakan tanda kamu sedang bekerja di tempat yang toxic. Tidak adanya komunikasi yang baik antara perusahaan dengan karyawan akan menyebabkan miss komunikasi yang berkepanjangan. Apalagi jika karyawan yang sudah melakukan prestasi hanya diabaikan begitu saja dan tidak adanya reward untuk menghargai jerih payah.

2. Selalu muncul drama

Sering Gak Sadar, Ini 5 Tanda Kamu Sedang Bekerja di Toxic Workplace!Pexels.com/Bruce Mars

Jangan berpikir drama hanya muncul di sinetron saja karena di toxic workplace pun tentunya ada. Semua masalah kecil selalu dibesar-besarkan dan tidak memiliki solusi yang tepat ini merupakan tanda tempat kerjamu itu penuh dengan drama. Bukannya berpikir maju dan menyelesaikan setiap masalah tetapi hanya diam di tempat dan menyalahkan semua karyawan.

Baca Juga: 5 Fakta Pola Kerja Orang Belanda, Produktif Meski Waktu Kerja Sedikit

3. Pemimpin perusahaan selalu bersikap bossy

Sering Gak Sadar, Ini 5 Tanda Kamu Sedang Bekerja di Toxic Workplace!Pexels.com/Christina Morilo

Memiliki sikap leadership berbeda dengan bossy, pimpinan yang leadership tahu bagaimana mencapai tujuan dengan melibatkan bawahan dengan bersikap baik. Tetapi pimpinan bossy hanya peduli dengan target dan cenderung menyalahkan bawahan jika situasi tidak berjalan sesuai rencana. Belum lagi pimpinan yang bossy biasanya merasa selalu benar dalam bersikap dan tidak mendengarkan kritik dan saran dari bawahan.

4. Perusahaan tidak transparan

Sering Gak Sadar, Ini 5 Tanda Kamu Sedang Bekerja di Toxic Workplace!Pexels.com/Tirachard Kumtanom

Harusnya semua perusahaan memiliki planning mengenai jenjang karier para karyawannya. Namun ketika semua ini terkesan ditutup-tutupi atau tidak adanya transparansi maka sebenarnya kamu sedang berada di lingkungan toxic workplace. Bahkan apabila kamu sudah bekerja dengan lama namun tidak ada kenaikan karier dan cenderung monoton maka mengundurkan diri pun tak jadi masalah.

5. Perusahaan kurang adil memperlakukan karyawan

Sering Gak Sadar, Ini 5 Tanda Kamu Sedang Bekerja di Toxic Workplace!Pexels.com/Christina Morilo

Ada berbagai macam bagaimana perusahaan memperlakukan karyawannya. Saat perusahaan membeda-bedakan perlakukan karyawan berdasarkan latar belakang keluarga dan pendidikannya maka jelas ini menandakan kamu sedang bekerja di tempat yang toxic. Padahal harusnya sebuah perusahaan harus memperlakukan karyawannya dengan adil bukan tanpa memandang statusnya!

Semoga tempatmu bekerja saat ini terbebas dari lima tanda-tanda di atas ya!

Baca Juga: 5 Kriteria Toxic People yang Mungkin Ada di Sekitarmu, Segera Jauhi!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya