Comscore Tracker

5 Tips Mencari Kerja sebelum Lulus Kuliah, Curi Start yuk!

Jangan pasif, kamu harus jemput bola

Setiap mahasiswa pasti memiliki harapan untuk langsung dapat bekerja setelah lulus kuliah. Kadang kala, hal ini tidak selalu berjalan mulus seperti yang diharapkan.

Banyak mahasiswa yang kesulitan mencari pekerjaan setelah lulus. Untuk dapat langsung bekerja, maka kamu bisa melakukan beberapa tips penting berikut ini. Jadi gak perlu menunggu lulus kuliah dulu baru bekerja, deh!

1. Meningkatkan isi CV yang dimiliki

5 Tips Mencari Kerja sebelum Lulus Kuliah, Curi Start yuk!Ilustrasi melihat curriculum vitae (Pexels/cottonbro)

Curriculum vitae atau CV merupakan instrumen penting saat melamar pekerjaan. Hal ini tentu membuat CV dianggap sebagai sesuatu yang harus dimiliki semua orang jika ingin bekerja, termasuk mahasiswa.

Untuk memperoleh pekerjaan langsung setelah lulus kuliah, kamu dapat mempersiapkan CV seawal mungkin sejak sebelum lulus. Dengan begitu, CV milikmu menjadi semakin matang dan berkualitas.

2. Mencari lowongan dari berbagai sumber

5 Tips Mencari Kerja sebelum Lulus Kuliah, Curi Start yuk!Ilustrasi bermain sosial media di ponsel (Pexels/cottonbro)

Informasi seputar lowongan pekerjaan dapat kamu akses secara mudah melalui banyak sumber. Hal ini dipermudah apabila kamu termasuk pengguna ponsel pintar yang aktif. Sering-seringlah membuka kanal lowongan pekerjaan.

Jangan terpaku hanya pada satu kanal saja. Carilah dari banyak kanal tepercaya dan mulailah memilih jenis pekerjaan. Cara tersebut bisa membuatmu memiliki lebih banyak opsi sebelum memutuskan untuk melamar.

3. Aktif mendatangi job fair

5 Tips Mencari Kerja sebelum Lulus Kuliah, Curi Start yuk!Ilustrasi mentor perusahaan (Pexels/Sora Shimazaki)

Pada beberapa kesempatan, ada pula penyelenggaraan job fair yang cukup rutin diadakan. Di sana kamu dapat melihat beragam perusahaan yang membuka lowongan di berbagai posisi.

Kamu tentunya bisa mulai sering menghadiri job fair, bahkan sejak kamu kuliah. Ajak teman-teman yang lain agar kesempatan untuk langsung bekerja setelah lulus kuliah dapat terwujud. Namun ingat, jangan asal melamar pekerjaan, ya!

Baca Juga: 5 Tips Sukses Lolos Mencari Kerja, Lakukan Riset Dulu!

4. Melakukan magang sebelum lulus

5 Tips Mencari Kerja sebelum Lulus Kuliah, Curi Start yuk!Ilustrasi wanita bekerja sambil tersenyum (Unsplash/Surface)

Selama melakukan perkuliahan, istilah magang sudah bukan hal yang asing lagi. Kamu dapat secara rutin aktif terlibat dalam magang sebelum akhirnya mencari lowongan pekerjaan.

Aktivitas magang yang dilakukan dapat menjadi pengalaman luar biasa untukmu ke depannya. Dengan begitu, kamu bisa memiliki pengalaman berharga sebelum resmi bekerja. Pengalaman magang sangat diperhitungkan, lho.

5. Koneksi dan relasi harus luas

5 Tips Mencari Kerja sebelum Lulus Kuliah, Curi Start yuk!Ilustrasi diskusi rekan kerja (Pexels/Christina Morillo)

Kata siapa tak dapat memiliki relasi luas meski masih berkuliah? Tentu saja kamu tetap dapat memperolehnya melalui beragam aktivitas yang dilakukan.

Bukan tak mungkin relasi dan koneksi tersebut dapat secara mudah memberikan informasi berkaitan dengan lowongan pekerjaan. Kamu pun jadi dapat memperoleh pekerjaan dengan mudah.

Dengan aktif bertanya dan berusaha, kamu dapat memperoleh banyak kesempatan untuk langsung bekerja setelah lulus kuliah. Jangan hanya pasif, kamu perlu jemput bola, nih!

Baca Juga: 5 Tips Memilih Jurusan Kuliah, Biar Gak Salah Masuk

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya