Comscore Tracker

Pengertian Kebutuhan: 3 Jenis Kebutuhan dan Contohnya

Jangan sampai tertukar urutannya ya, guys!

Kamu harus mengetahui bahwa kebutuhan manusia dibagi menjadi tiga jenis yakni, kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Lantas, apa sih pengertian kebutuhan?

Kali ini, IDN Times akan mengulik pengertian kebutuhan primer, sekunder, dan tersier, masing-masing contohnya, serta faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan pada setiap orang. Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini!

1. Pengertian kebutuhan primer dan contohnya

Pengertian Kebutuhan: 3 Jenis Kebutuhan dan ContohnyaIlustrasi membeli pakaian.koinworks.com

Pengertian kebutuhan primer dapat diartikan sebagai kebutuhan utama yang berhubungan dengan kelayakan hidup seorang manusia. Oleh karena itu, kebutuhan primer harus didahulukan terlebih dahulu daripada kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Terdapat tiga kebutuhan yang termasuk dalam kebutuhan primer, yakni sandang (pakaian sehari-hari), pangan (makanan), dan papan (tempat tinggal).

2. Pengertian kebutuhan sekunder dan contohnya

Pengertian Kebutuhan: 3 Jenis Kebutuhan dan ContohnyaIlustrasi mobil di garasi (Unsplash/Clem Onojeghuo)

Pengertian kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang sifatnya tidak mendesak dan sebagai pelengkap untuk mempermudah pekerjaan rumah sehari-hari. Sebaiknya, sebelum memenuhi kebutuhan sekunder, pastikan terlebih dahulu jika kebutuhan primermu sudah terpenuhi semua.

Contoh kebutuhan sekunder di antaranya adalah kendaraan, televisi, mesin cuci, telepon, rak, dan barang-barang lainnya yang sejenis.

Baca Juga: 5 Tips Hemat Uang Belanja Untuk Ibu Rumah Tangga

3. Pengertian kebutuhan tersier dan contohnya

Pengertian Kebutuhan: 3 Jenis Kebutuhan dan Contohnyailustrasi kado perhiasan (unsplash.com/Amy Humphries)

Setiap orang pasti tidak akan bisa terlepas dari kebutuhan tersier meskipun kebutuhan tersebut sifatnya untuk kepuasan pribadi dan tidak terlalu mendesak. Kebutuhan tersier ini tidak bisa didefinisikan secara jelas karena tergantung dengan intensitas kemampuan setiap orang.

Contoh kebutuhan tersier adalah mobil mewah, perhiasan, barang-barang lucu, dan lain-lainnya.

4. Faktor-faktor yang mempengaruhi

Pengertian Kebutuhan: 3 Jenis Kebutuhan dan ContohnyaPexels.com/Alexander Mils

Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan primer, sekunder, dan tersier yang berbeda-beda. Hal tersebut dikarenakan adanya faktor-faktor tertentu. Dalam buku IPS Terpadu: Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah, Nana menjelaskan terdapat enam faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia, di antaranya:

1. Sifat manusia

2. Mata pencaharian

3. Peradaban

4. Perbedaan tempat tinggal

5. Pendapatan

6. Lingkungan masyarakat

Itulah pengertian kebutuhan beserta contohnya. Pastikan kamu telah berpikir dengan matang untuk memenuhi kebutuhan hidup ya!

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Tuban untuk Liburan 2022, Refreshing Murah Meriah!

Topic:

  • Dinda Trisnaning Ramadhani
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya