Comscore Tracker

Penuh Kampus Idola, Ini Benefitmu Ikut Pameran Pendidikan 'Aku Pintar'

#IDNTimesLife Cek kampus impian via daring pada 6-7 Februari

Pameran pendidikan virtual merupakan salah inovasi di dunia pendidikan kala pandemik mendera. Salah satu pameran yang segera digelar dalam waktu dekat adalah "Satu Klik, Aku Pintar Virtual Edu Expo 2021" pada 6-7 Februari 2021 mendatang.

Pameran ini didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai solusi info pendidikan dengan cara baru di tengah wabah COVID-19. Puluhan universitas terkemuka dan lembaga pendidikan turut terlibat di dalamnya.

Ada banyak keuntungan jika kamu mengikuti pameran pendidikan virtual ini, lho! Penasaran? Tim IDN Times sudah merangkum benefit ikut pameran pendidikan 'Aku Pintar' untukmu. Yuk, simak!

1. "Satu Klik, Aku Pintar Virtual Edu Expo 2021" diselenggarakan pada 6-7 Februari 2021 & bisa diakses seluruh calon mahasiswa secara gratis

Penuh Kampus Idola, Ini Benefitmu Ikut Pameran Pendidikan 'Aku Pintar'unsplash.com/glenncarstenspeters

Bertema ‘Energizing Dreams: Pemanfaatan Teknologi Sebagai Solusi Akselerasi Pendidikan di Indonesia’, acara ini menawarkan pengalaman kekinian dalam mengunjungi pameran pendidikan yang aman, nyaman, dan gratis serta dapat diakses pengunjung dari mana saja mereka berada. 

Untuk mengikutinya, kamu bisa kunjungi https://expo.akupintar.id/ untuk registrasi dan melihat jadwal kegiatannya. Akan terdapat ruang-ruang pada laman web dan pengunjung cukup klik ruangan tersebut untuk mengeksplorasi setiap sesinya.

2. Ada hadiah jutaan rupiah bagi kamu yang beruntung

Penuh Kampus Idola, Ini Benefitmu Ikut Pameran Pendidikan 'Aku Pintar'Pexels.com/Alexander Mils

Kamu gak perlu khawatir kebosanan saat mengikuti acara ini secara virtual. Pameran ini bahkan membuat aktivitas yang berhadiah hingga jutaan rupiah, lho!

Kamu dapat mengumpulkan poin dari setiap aktivitas yang diikuti selama pameran, seperti mengunjungi booth, menonton talkshow, mengunduh brosur, dan lainnya. Selain itu, kamu bisa mengikuti beragam permainan yang tersedia.

Nantinya, akan dipilih sepuluh orang dengan poin terbanyak untuk mendapatkan hadiah total jutaan rupiah berupa e-money. Seru banget, kan?

Baca Juga: 5 Alasan Gak Bisa Mengandalkan Pendidikan Tinggi Saja Kalau Mau Sukses

3. Selain itu, kamu bisa berkonsultasi langsung ke universitas impianmu!

Penuh Kampus Idola, Ini Benefitmu Ikut Pameran Pendidikan 'Aku Pintar'Pexels.com/Artem Podrez

Jika kelimpungan saat mencari info universitas tujuanmu kelak, inilah momen yang tepat! Kamu bisa klik booth puluhan universitas terkemuka atau lembaga pendidikan yang ambil bagian di pameran virtual ini. Kamu pun bisa mengunduh brosurnya dan melakukan konsultasi pendidikan.

Universitas Brawijaya Malang dan BINUS adalah dua dari sekian kampus yang telah tergabung dalam acara ini.

“Kondisi pandemik dan perkembangan dunia milenial saat ini, menjadikan promosi dan informasi harus memanfaatkan teknologi digital. Karena cara ini cepat, praktis, dan dapat diakses kapan saja melalui gadget masing-masing. Semoga dengan adanya 'Satu Klik, Aku Pintar Virtual Edu Expo', sudah tidak ada lagi mis-informasi yang beredar karena calon mahasiswa dapat memahami kondisi masing-masing universitas langsung dari sumbernya,” ujar Heri Prawoto Widodo, S.Sos, MAB., Koordinator Bagian Perencanaan, Akademik dan Kerjasama Universitas Brawijaya Malang.

4. Adanya talkshow bersama narasumber inspiratif

Penuh Kampus Idola, Ini Benefitmu Ikut Pameran Pendidikan 'Aku Pintar'Pexels.com/Anna Shvets

Tak hanya konsultasi universitas impian, kamu juga bisa mengikuti beragam talkshow bersama narasumber yang inspiratif, mulai dari pakar pendidikan, pakar marketing millennial, psikolog, pakar IT, serta anak-anak muda berprestasi di kancah global.

Salah satu talkshow yang paling dinanti adalah ‘Kepoin Profesi Masa Depan’. Talkshow ini akan dihadiri oleh pelaku usaha digital yang membahas tren profesi serta potensi karier di masa depan, khususnya profesi Data Scientist dan UI/UX Designer.

Seperti yang dilansir World Economic Forum (WEF) dalam laporan “Jobs of Tomorrow 2020” pada Januari 2020, pekerjaan masa depan akan lebih banyak diliputi oleh pekerjaan yang bisa mengombinasikan peran antara digital dengan faktor manusia.

"Pada 2045 nanti, kita akan menuju generasi emas Indonesia. Dan diperkirakan pada 2030, Indonesia akan menjadi 5 negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Tentu hal ini harus diimbangi dengan kekuatan SDM-nya juga. Seperti di talkshow ini, kita menyemangati adik-adik kita untuk gigih menuntut ilmu yang terbaik sehingga nanti dapat kembali untuk membangun tanah air. Saya harap kisah saya dapat memotivasi anak muda semua bahwa tidak ada yang tidak mungkin," ujar Billy Mambrasar, Staf Khusus Presiden RI Joko Widodo.

5. Ada kompetisi cerdas cermat SMA secara virtual bersama siswa/i dari seluruh Indonesia yang bisa kamu saksikan

Penuh Kampus Idola, Ini Benefitmu Ikut Pameran Pendidikan 'Aku Pintar'dok. Aku Pintar Virtual Edu

Kamu juga bisa menyaksikan kompetisi cerdas cermat virtual pertama di Indonesia yang diikuti oleh pelajar setingkat SMA dari seluruh Indonesia. Kompetisi yang bernama Kompetisi Adu Pintar Pelajar ini, berlangsung dari 23 Januari-7 Februari 2021.

Babak awalnya diadakan pada 23-24 Januari dan 30-31 Januari 2021. Sementara tahap semi final dan grand final masing-masing diadakan pada 6 dan 7 Februari 2021, tepat pada pelaksanaan pameran pendidikan ini.

Kompetisi Adu Pintar Pelajar adalah kolaborasi Aku Pintar bersama Indonesia Student and Youth Forum (ISYF). Peserta akan memperebutkan hadiah total 6juta rupiah untuk 3 kelompok pemenang.

Ada empat mata pelajaran utama yang dilombakan, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Sejarah. Kemudian, opsi untuk satu mata pelajaran special yang soalnya akan muncul secara acak adalah Kimia, Biologi, dan Fisika.

"Semoga dengan adanya Adu Pintar Pelajar ini, kami bisa memberikan semangat serta energi positif kepada pelajar di Indonesia agar terus belajar dan melakukan hal positif yang dapat menambah wawasan serta pengembangan diri di era pandemi,” sebut Alghi Mustika Luthfi, Direktur Eksekutif ISYF.

Nah, itu tadi adalah 5 benefit ikut pameran pendidikan 'Aku Pintar'. Jangan lupa daftarkan diri kalian di acara yang seru, gratis, dan daring ini ya!

Baca Juga: Kamu Mahasiswa Jurusan Pendidikan? Ini 5 Drakor yang Wajib Ditonton!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya