Comscore Tracker

10 Nama Anak Cewek Berbahasa Sansekerta, Bermakna Kaya hingga Anggun

Karena nama adalah doa

Bahasa Sansekerta adalah bahasa Indo-Eropa yang paling tua. Sejarahnya panjang dan diposisikan sejajar seperti Bahasa Latin dan Yunani. Gak heran, orang-orang ingin menamai anaknya dengan kata Sansekerta. Kamu juga mau? Ini ide nama anak perempuan berbahasa Sansekerta dari anak seleb Tanah Air untuk calon buah hatimu nanti!

1. Sasikirana Zahrani Asmara, putri pertama pasangan Anjasmara & Dian Nitami punya kata "Asmara" yang artinya dalam cinta

10 Nama Anak Cewek Berbahasa Sansekerta, Bermakna Kaya hingga Angguninstagram.com/anjasmara

Kata "Sasikirana" adalah nama perempuan Jawa yang artinya bulan yang terang. Dalam bahasa Arab, "Zahrani" diambil dari kata "Zahra" yang bermakna bunga. Terakhir, "Asmara" diambil dari nama sang ayah. Tapi dalam Bahasa Sansekerta, kata ini artinya dalam cinta.

2. Kata "Tara" dalam Tara Azkia Alona (putri Primus Yustisio dan Jihan Fahira) bermakna dalam, yaitu penyelamat, bintang, terang, atau bercahaya

10 Nama Anak Cewek Berbahasa Sansekerta, Bermakna Kaya hingga Angguninstagram.com/truejf

Sebenarnya, kata "Tara" punya beberapa versi arti. Dari Bahasa Arab, artinya adalah ukuran. Sementara dari Bahasa Sansekerta, maknanya adalah penyelamat, bintang, terang, atau bercahaya. "Azkia" adalah kosakata Yunani yang maksudnya tak jaduh dati "Tara", yaitu cahaya atau obor. Sedangkan "Alona" sendiri diambil dari Bahasa Ibrani yang artinya kuat.

3. Putri kecil Dian Sastro, Ishana Ariandra Nariratana Sutowo punya makna "kaya" dalam nama Ishana

10 Nama Anak Cewek Berbahasa Sansekerta, Bermakna Kaya hingga Angguninstagram.com/therealdisastr

Pada kosakata Sansekerta, "Ishana" adalah nama perempuan yang maksudnya adalah kaya. Ini sangat cocok buat calon mama dan papa millennials yang ingin anaknya hidup sejahtera dan berkecukupan saat dewasa. "Ariandra" diambil dari Bahasa Ibrani yang bermakna singa.

4. Putri manis penyanyi Virgoun, diberi nama Starla Rhea Idola Virgoun. "Rhea" sendiri adalah Bahasa Sansekerta dari penyanyi atau anggun

10 Nama Anak Cewek Berbahasa Sansekerta, Bermakna Kaya hingga Angguninstagram.com/virgoun_

Kata "Starla" merujuk pada bintang pada Bahasa Latin. Sedangkan "Idola" merupakan nama keluarga dari pihak ibu, namun berarti harapan juga agar jadi idola semua orang. "Virgoun" adalah nama sang ayah sendiri. Unsur Sansekerta dapat kamu temukan dari kata "Rhea". Kata ini bermakna penyanyi atau anggun.

5. Putri komponis Erwin Gutawa, yaitu Aluna Sagita Gutawa atau dikenal dengan Gita Gutawa punya arti cerdas dan beruntung dari kata "Gita"

10 Nama Anak Cewek Berbahasa Sansekerta, Bermakna Kaya hingga Angguninstagram.com/eg.erwingutawa

"Aluna" dicomot dari Bahasa Hawaii yang artinya keturunan. "Gita" dalam kata "Sagita" adalah kosakata Sansekerta yang artinya berhasil dengan baik, cerdas, dan beruntung. "Gutawa" adalah nama sang ayah. Jadi bisa diartikan semuanya jadi keturunan yang berhasil, baik, cerdas, dan beruntung.

Baca Juga: 10 Inspirasi Nama Anak Seleb Bernuansa Alam, Maknanya Istimewa!

6. Baru beberapa bulan lahir, Aneska Layla Putri Uwais (putri Iko Uwais) punya kata "Layla" yang dalam Sansekerta bermakna lahir di malam hari

10 Nama Anak Cewek Berbahasa Sansekerta, Bermakna Kaya hingga Angguninstagram.com/iko.uwais

Kata "Aneska" yang merupakan ide Audy, rupanya diambil dari Bahasa Yunani yang artinya bersih, murni, suci. "Layla" berarti malam ganjil di bulan Ramadhan. Nama ini diberikan karena kelahiran si kecil yang jatuh pada malam terakhir malam Lailatul Qodar. Kalau dari Bahasa Sansekerta sendiri, kata "Layla" berasal dari "Laylah" yang artinya lahir di malam hari.

7. Ataya Tatjana Aisyah Putri, salah satu anak kembar Cynthia Lamusu dan Surya Saputra, punya arti anugerah di kata "Ataya"

10 Nama Anak Cewek Berbahasa Sansekerta, Bermakna Kaya hingga Angguninstagram.com/cynthia_lamusu

"Ataya" adalah Bahasa Sansekerta yang menggambarkan anugerah. "Tatjana" berasal dari "Tatiana" pada Bahasa Rusia dan artinya putri peri. Sementara itu, "Aisyah" dari Bahasa Arab yang artinya istri Rasulullah SAW. "Putri" adalah anak perempuan.

8. Khadijah Naura El Firdaus (putri penyanyi religi Opick), punya kata "Firdaus" yang maknanya juga bernuansa religius yaitu surga

10 Nama Anak Cewek Berbahasa Sansekerta, Bermakna Kaya hingga Angguninstagram.com/opick_tomboati

"Khadijah" berasal dari Bahasa Arab yang artinya dapat dipercaya. Nama tersebut juga menggambarkan istri pertama Nabi. "Naura" adalah nama perempuan Arab yang berarti bunga. Yang terakhir adalah "Firdaus" yang dikenal dalam Bahasa Arab dan Sansekerta. Baik dalam Bahasa Arab maupun Sansekerta, "Firdaus" artinya surga.

9. Meski bernuansa Bali, kata "Kinandari" dari nama Tjokorda Sry Kinandari Kerthayasa (putri Happy Salma) artinya cahaya, lho!

10 Nama Anak Cewek Berbahasa Sansekerta, Bermakna Kaya hingga Angguninstagram.com/happysalma

"Tjokorda" adalah gelar untuk keturunan dari kasta ksatria, yang umumnya tinggal di puri tempat leluhurnya memerintah di masa lalu. "Kerthyasa" adalah nama belakang keluarga besar suami. Sedangkan menurut Happy, "Sry" melambangkan keberkahan dan mencerminkan jika anaknya adalah perempuan. Ini dari Bahasa Sansekerta, "Sri". "Kinandari" juga dari Bahasa Sansekerta yang artinya cahaya.

10. Dafania Sahira Indrabekti, putri kesayangan Indra Bekti punya arti nama gunung dalam kosakata Sansekerta "Sahira"

10 Nama Anak Cewek Berbahasa Sansekerta, Bermakna Kaya hingga Angguninstagram.com/indrabekti

Menurut Indra Bekti, "Dafania" berarti cantik atau rembulan. Sedangkan "Sahira" bermakna kasih sayang. Namun bila menilik Bahasa Sansekerta, "Sahira" artinya gunung. Terakhir "Indra Bekti" adalah nama sang ayah. Namun jika harus dijabarkan, "Indra" adalah kata Sansekerta yang artinya keteguhan, kebijaksanaan, pengaruh, dan kekuasaan. "Bekti" adalah Bahasa Jawa yang artinya bakti atau berterima kasih.

Dari sepuluh ide nama anak perempuan berbahasa Sansekerta di atas, mana favoritmu?

Baca Juga: Ada yang Bermakna Kaya Raya, Ini 11 Inspirasi Nama Anak Bernuansa Jawa

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya