Comscore Tracker

5 Hal Sederhana untuk Jaga Kesehatan Mental Kamu

Lakukan hal sederhana ini agar hidup kamu bahagia selalu

Pernah mendengar seseorang menanyakan itu ke kamu? Belum, ya? Jangan khawatir dan jangan sedih kalau belum ada yang bertanya tentang kabar kamu hari ini. Yuk, kita jaga kesehatan mental, perasaan, dan bahagia kita dengan melakukan hal-hal sederhana seperti ini!

1. Olahraga dan konsumsi makanan sehat

5 Hal Sederhana untuk Jaga Kesehatan Mental Kamuhal sederhana untuk jaga kesehatan mental (Pixabay.com/ Pexels)

Olahraga dan makan makanan sehat merupakan salah satu kunci hidup bahagia. Karena, di dalam badan yang sehat ada jiwa yang kuat. Betul, kan?

Namun, tidak sedikit orang yang belum menyadari hal ini. Mungkin sudah menyadari tetapi sulit menerapkannya. Tahu, gak? Menerapkan pola hidup sehat itu benar-benar akan menyehatkan mental kamu untuk waktu yang lama dan ini bukan sekadar ungkapan.

Olahraga bisa melancarkan sirkulasi darah ke otak dan akan memengaruhi hypothalamic-pituitary-adrenal axis (HPA). HPA akan membantu beberapa bagian di otak, salah satunya adalah sistem limbik. Apa itu sistem limbik?

Sistem limbik ini akan mengontrol suasana hati dan juga motivasi. Kemudian HPA membantu amigdala yang menimbulkan rasa takut, dan juga membantu hipokampus untuk membentuk memori. Ketika beolahraga, tubuh akan dibantu untuk mengeluarkan hormon dopamin si 'happy hormone'.

Karena itu, dengan berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat akan membantu meningkatkan fokus, memperbaiki suasana hati, meningkatkan kepercayaan diri, memperbaiki kualitas tidur, dan membuat kamu lebih bahagia.

2. Katakan hal positif pada diri sendiri

5 Hal Sederhana untuk Jaga Kesehatan Mental Kamuhal sederhana untuk jaga kesehatan mental (Unsplash.com/ Ivan Lapyrin)

Sudah menyemangati diri sendiri untuk hari ini, belum? Kalau belum, ayo lakukan sekarang. Ada banyak sekali manfaat mengatakan kalimat-kalimat positif kepada diri sendiri seperti meningkatkan semangat dan stamina tubuh kamu, mengurangi stres, dan melatih untuk tetap fokus pada tujuan kamu.

Bagaimana caranya? Tentukan dulu apa tujuan kamu saat ini, misalnya kamu bertekad tulisanmu harus bisa publish di IDN Times. Kamu semangat menulis sampai berpuluh-puluh tulisan tetapi belum ada yang berhasil tembus. Kamu harus memberi semangat ke diri kamu.

"Semangat, tulisanku pasti bisa publish,"

"Aku harus lebih banyak membaca dan berlatih agar tulisanku bisa jadi lebih baik,"

Kalimat-kalimat sederhana seperti itu bisa meningkatkan semangat dan kepercayaan diri kamu sendiri. Jadi, jangan ragu-ragu untuk menyemangati diri sendiri, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Memendam Rasa Kesal Bisa Ganggu Kesehatan Mental

3. Fokus pada satu hal

5 Hal Sederhana untuk Jaga Kesehatan Mental Kamuhal sederhana untuk jaga kesehatan mental (Pixabay.com/ Pexels)

Setiap manusia memiliki batasan. Batasan sebanyak apa dia harus menceritakan tentang dirinya, batasan sejauh mana usaha maksimalnya untuk melakukan sesuatu, dan batasan untuk semua lini kehidupannya.

Tentukan batasanmu dan fokus pada satu tujuan yang ingin kamu capai. Jangan mengikuti orang lain yang bisa fokus dengan banyak hal, karena mungkin ia merasa itulah batasannya. Kamu yang tahu sejauh mana kamu bisa berusaha dan sejauh mana kemampuanmu.

Tentukan fokus kamu dengan mengukur tingkat kemampuan yang kamu miliki. Jangan terlalu memaksakan diri, ya! Buat fokusku dan susun rencana untuk capai tujuanmu!

4. Membuat jurnal

5 Hal Sederhana untuk Jaga Kesehatan Mental Kamuhal sederhana untuk jaga kesehatan mental (Pixabay.com/ Pexels)

Bagaimana sebuah jurnal bisa sangat penting untuk kesehatan mental kamu?

Dengan membuat jurnal yang berisi cerita kehidupan sehari-hari kamu dan alasan kamu bersyukur akan membuat kamu merasa lebih tenang dalam menjalani keseharian. Bahkan, membuat jurnal (journaling) direkomendasikan oleh hampir semua Psikolog ketika menangani pasiennya.

Kamu bebas mengeluarkan setiap energi negatif yang kamu rasakan ke dalam tulisan. Ada banyak hal yang memang tidak bisa terungkapkan dengan kata-kata tetapi bisa lewat tulisan. Untuk orang-orang yang sulit mengungkapkan apa yang sedang dia rasakan, journaling akan menjadi pilihan paling tepat.

Di era sekarang, journaling sangat mudah dilakukan di mana pun dan kapan pun karena sudah bisa dilakukan secara digital lewat telepon genggam yang hampir dimiliki setiap orang. Kamu tidak perlu ribet lagi menggunakan pulpen dan kertas.

Journaling akan membantu kamu mengelola emosi dan kesulitan yang sedang kamu hadapi, loh. So, yuk kita mulai journaling bersama!

5. Terbuka dengan orang terdekat

5 Hal Sederhana untuk Jaga Kesehatan Mental Kamuhal sederhana untuk jaga kesehatan mental (Pixabay.com/ StockSnap)

Kamu harus bersyukur memiliki orang yang bisa menampung setiap ceritamu mulai dari cerita baik sampai buruk sekalipun. Karena, berbagi cerita kepada orang terdekat akan membantu kamu melepaskan emosi negatif yang sedang bersarang di dalam hati dan pikiran.

Manusia adalah makhluk sosial dan ditakdirkan untuk hidup berdampingan dengan orang lain. Mendapatkan solusi dari setiap masalahmu adalah bonus, dapat didengarkan merupakan poin utamanya.

Ayo, sama-sama kita biasakan hal baik yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental di tengah gemuruh badai kehidupan sekarang ini.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sudah Terhitung Butuh Bantuan Ahli Kesehatan Mental

Afifah Lania Sihotang Photo Verified Writer Afifah Lania Sihotang

Halo, salam kenal! Semoga kita bisa akrab lewat tulisan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya