Comscore Tracker

10 Rekomendasi Buku Karya Penulis Perempuan ala Emily Ratajkowski

Banyak yang bermuatan feminis, nih

Dikenal sebagai model papan atas, ternyata Emily Ratajkowski gemar membaca buku. Ia kerap membagikan beberapa rekomendasi bacaan pada pengikutnya di media sosial. Beberapa pihak kemudian membuat daftar buku yang pernah dibaca sang model. Kebanyakan ditulis oleh sesama perempuan dan tak sedikit yang bermuatan feminisme. 

Kegemarannya membaca berbuah hasil. Em berhasil menerbitkan buku debutnya tahun 2021 lalu dengan judul My Body. Penasaran dengan reading list-nya Emily? Berikut sepuluh daftarnya. 

1. Know My Name 

10 Rekomendasi Buku Karya Penulis Perempuan ala Emily Ratajkowskibuku Know My Name (instagram.com/pias.thoughts)

Know My Name adalah memoar yang ditulis Chanel Miller atas kasus pelecehan seksual yang menimpanya beberapa tahun lalu. Kisah Miller pertama kali dipublikasikan Buzzfeed pada tahun 2015.

Saat itu ia menggunakan nama alias Emily Doe dan kisahnya viral. Bahkan sampai membawa sang pelaku, Brock Turner menjalani sidang terbuka untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Pada 2019, Miller membuka identitasnya dan menuliskan kisahnya di buku Know My Name. 

2.  Three Women 

10 Rekomendasi Buku Karya Penulis Perempuan ala Emily Ratajkowskinovel Three Women (instagram.com/paulisday)

Salah satu buku laris di tahun 2021, Three Women karya Lisa Taddeo adalah eksplorasi kehidupan asmara tiga perempuan yang berbeda usia. Mulai dari seorang perempuan paruh baya yang mulai lelah dengan pernikahannya, remaja yang menjalin kisah cinta dengan laki-laki yang berusia lebih tua, hingga seorang istri yang menjalani open marriage dengan suaminya. 

Buku ini sudah dibeli hak adaptasinya oleh sebuah rumah produksi untuk jadi sebuah serial. Shailene Woodley, DeWanda Wise, dan Betty Gilpin sudah dikonfirmasi memerankan ketiga tokoh utamanya. 

3. Middlemarch 

10 Rekomendasi Buku Karya Penulis Perempuan ala Emily Ratajkowskinovel Middlemarch (instagram.com/novatur13nt_)

Middlemarch adalah novel klasik karya penulis perempuan Mary Ann Evans yang menggunakan nama pena George Elliot. Sesuai dengan judulnya, novel ini berlatarkan sebuah kota bernama Middlemarch dengan berbagai karakter penduduknya. 

Dikemas dalam hampir 1000 halaman, Elliot menggambarkan dengan detail kehidupan di kota ini. Sistem hierarki yang terbentuk hingga beberapa lakon yang ia jadikan fokus utama di bab-bab berikutnya. Salah satunya adalah Will yang semenjak datang ke Middlemarch jatuh cinta pada sosok Dorothea, gadis muda yang menikah dengan seorang pria kaya. 

4. Conversation with Friends 

10 Rekomendasi Buku Karya Penulis Perempuan ala Emily Ratajkowskinovel Conversation with Friends (instagram.com/the_fiction_flick)

Sudah diadaptasi jadi series dengan bintang Joe Alwyn dan pendatang baru Alison Oliver, novel Sally Rooney kembali mengangkat tema modern relationship. Plot dibangun dari dua mahasiswi bernama Frances dan Bobbi yang berkuliah di Dublin dan tanpa sengaja masuk ke dalam kehidupan sepasang suami istri. 

Hampir semua karakter utama di novel ini queer, sehingga kisah cintanya sangat fluid. Adaptasi serialnya rilis Mei 2022 lalu dan diharapkan bisa mengekor kesuksesan series Normal People yang juga diadaptasi dari karya Sally Rooney. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Buku Terbaik di Kategori Modern Relationship

4. A Manual for Cleaning Women: Selected Stories 

10 Rekomendasi Buku Karya Penulis Perempuan ala Emily Ratajkowskikumpulan cerpen A Manual for Cleaning Women (instagram.com/pieri.quills)

Lucia Berlin mempublikasikan buku kumpulan cerpen ini di tahun 2015. Ia menggunakan beberapa karakter perempuan dari beragam profesi, mulai dari janitor, guru, petugas administrasi, operator, hingga penulis. 

Ia menulis kisah-kisah sederhana dan lekat dengan kehidupan nyata. Membuat tulisan dalam buku ini nyaman dinikmati dan bisa jadi calon bacaan favoritmu.

6. A Room of One's Own 

10 Rekomendasi Buku Karya Penulis Perempuan ala Emily Ratajkowskinovel A Room of One's Own (instagram.com/ninnareads)

Bukan novel A Room of One's Own adalah kumpulan esai Virginia Woolf yang terbit perdana di tahun 1929. Meski tergolong klasik dan dimasukkan dalam kategori non fiksi, Woolf menggunakan narator fiktif untuk esai-esainya. 

Kebanyakan temanya tentang perempuan dan segala problematikanya. Ia sering dimasukkan dalam bacaan bermuatan feminisme karena juga mempertanyakan dan mengkritik patriarki.

7. In the Dream House 

10 Rekomendasi Buku Karya Penulis Perempuan ala Emily Ratajkowskinovel In the Dream House (instagram.com/infinite.steph)

Memoar ini mengangkat isu kekerasan dalam hubungan sesama jenis yang sering terjadi, tetapi jarang dibicarakan. Lakon di dalamnya tak lain adalah Carmen sendiri yang bertahun-tahun bertahan dalam hubungan yang tidak sehat dengan pasangannya. 

Gaya penulisannya lirikal sehingga menghasilkan buku non fiksi yang menghipnotis, tetapi juga mengangkat isu sosial yang krusial. Carmen Machado sebelumnya dikenal lewat buku kumpulan cerpennya yang berjudul Her Body and Other Parties. 

8. The Bluest Eye 

10 Rekomendasi Buku Karya Penulis Perempuan ala Emily Ratajkowskinovel The Bluest Eye (instagram.com/ayshareadsbooks)

Toni Morrison juga salah satu penulis yang kontribusinya signifikan dalam literatur feminis. The Bluest Eye adalah novel pertamanya yang berlatarkan sebuah kota kecil di Ohio. Lakonnya adalah bocah 11 tahun bernama Pecola yang bermimpi punya mata biru dan rambut pirang agar bisa dicintai dan dihormati seperti yang lain. 

Tak cuma feminisme, novel ini menyinggung isu identitas yang menjangkiti para warga kulit berwarna di Amerika Serikat karena berbagai kebijakan diskriminatif yang merugikan mereka. Menarik buat dibaca. 

9. Truth and Beauty

10 Rekomendasi Buku Karya Penulis Perempuan ala Emily Ratajkowskibuku Truth and Beauty (instagram.com/lydi.ature)

Truth and Beauty adalah eksplorasi persahabatan sesama perempuan yang seringkali identik dengan persaingan dan insekuritas. Patchett mengambil pengalamannya sendiri yang berkawan dengan sesama penulis, Lucy Grealy. 

Jika Patchett dikenal dengan berbagai karya fiksinya, Grealy dikenal lewat memoarnya sebagai penyintas kanker. Buku ini penuh dengan momen haru yang harus diantisipasi pembaca. 

10. My Body 

10 Rekomendasi Buku Karya Penulis Perempuan ala Emily Ratajkowskibuku kumpulan esai My Body (instagram.com/emrata)

Rekomendasi buku terakhir dari Emily Ratajkowski tentu tak lain adalah buku kumpulan esai karangannya sendiri. Dirilis 2021 lalu, buku ini berisi berbagai pengalaman dan pandangan personal Emily selama berkarier di dunia modeling. Termasuk pengalamannya dilecehkan dan disentuh tanpa persetujuan beberapa kali selama di lokasi syuting. 

Emily Ratajkowski memang salah satu figur yang berpengaruh di dunia. Semoga kegemarannya membaca buku juga bisa jadi pengaruh positif buat para pengikut maupun non pengikutnya. Mengingat membaca bisa membuka banyak kesempatan dan wawasan baru. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Non Fiksi yang Cocok Jadi Bacaan saat Ramadan

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya