Comscore Tracker

Bocor! Ini 5 Rahasia Para Content Creator Selama Ini  

Tanpa ini, content creator pasti akan kesulitan

Kata siapa jadi content creator itu gampang? Sama halnya dengan profesi lainnya, content creator pun punya tantangannya tersendiri lho. Ada kalanya seorang creator itu merasa stuck alias mentok dan nggak tahu mau bikin konten seperti apa lagi. Akhirnya, produktivitasnya jadi terganggu deh. Tapi tenang, karena IDN Times mau bagi-bagi tips nih. Yuk intip lima rahasia yang bisa bikin content creator makin produktif di bawah ini!

1. Harus rajin cari referensi untuk inspirasi baru

Bocor! Ini 5 Rahasia Para Content Creator Selama Ini  Shutterstock/Gorodenkoff

Dalam dunia kreator, dikenal adanya istilah ATM yakni amati, tiru, modifikasi. Artinya, kreator biasanya mengambil inspirasi dari karya kreator lainnya, lalu mengembangkannya lagi hingga menjadi karya tersendiri. Eits, jangan samakan ATM dengan plagiarisme ya. Soalnya, prinsip ATM membutuhkan kreativitas yang jauh lebih tinggi dari sekadar plagiarisme. Kalau konten atau karya hanya mengandung sedikit modifikasi dari karya lainnya, maka itu namanya mencontek!

2. Kolaborasi dengan content creator lain ampuh lho!

Bocor! Ini 5 Rahasia Para Content Creator Selama Ini  Shutterstock/View Apart

Saat ini kita butuh lebih banyak kolaborasi antar kreator ketimbang kompetisi antar mereka. Jika kamu merasa stuck dan lagi nggak punya ide, coba deh collab dengan kreator lainnya. Soalnya, kamu bisa brainstorm bareng menghasilkan ide yang brilian. Selain itu, kolaborasi dengan kreator lain juga memungkinan kamu untuk jadi lebih dekat dengan para fans dari kreator lainnya lho. Jadi, semakin lebih banyak orang yang akan mengenali karyamu. 

3. Pastinya harus didukung alat yang mumpuni

Bocor! Ini 5 Rahasia Para Content Creator Selama Ini  Shutterstock/Sutipod Somnam

Untuk mewujudkan ide brilian menjadi sebuah karya, kreator membutuhkan peralatan pendukung yang oke punya. Nah, buat bagi para content creator di era digital ini, senjata utamanya adalah laptop. Tapi, memilih laptop pun harus kriteria-kriteria tersendiri. Nah, kalau kamu ingin performa yang juara, IDN Times sarankan mulai dari prosesornya dulu deh. Pastikan prosesor yang digunakan itu Intel 10th Gen Ice Lake ya.

Soalnya, prosesor Intel 10th Gen Ice Lake ini dibekali dengan teknologi-teknologi terkini yang siap mengoptimalkan kinerja laptop atau desktop PC kamu. Contohnya, dukungan Wi-Fi 6 untuk koneksi 3x lebih cepat, dukungan Thunderbolt 3.0 untuk transfer data hingga 40GB per detik, teknologi artificial intelligence untuk edit foto yang lebih gampang, fitur Intel Quick Sync untuk render video yang lebih cepat, dan masih banyak lagi. Apalagi Intel 10th Gen Ice Lake juga lebih hemat daya dan sudah dibekali integrated graphic card yang powerful layaknya discrete graphic. Makanya, prosesor Intel 10th Gen Ice Lake ini sudah jadi pondasi yang kuat untuk laptop yang hebat. 

Nah, kalau kamu performa yang lebih buas, bisa memilih laptop dengan prosesor Intel 10th Gen Comet Lake-H dengan clockspeed hingga 5.3GHz. Wah, laptop kamu sudah punya performa layaknya desktop PC nih! 

Jadi, buat kamu yang menginginkan laptop dengan performa terbaik, pastikan Intel 10th Gen prosesornya ya! Yuk kepoin lebih lanjut soal fitur-fitur keren prosesor ini dengan klik di sini!

Kalau kamu ingin mencari laptop dengan dukungan Intel 10th Gen yang terpercaya, bisa klik di sini ya. 

Sebagai gambaran, coba deh cek video ulasan prosesor Intel 10th Gen di laptop Acer Nitro 5 ini!

https://www.youtube.com/embed/Wr3oNVgPSBs

4. Istirahat juga penting lho

Bocor! Ini 5 Rahasia Para Content Creator Selama Ini  Shutterstock/Nenad Aksic

Para content creator sangat passionate dengan karya mereka sehingga sering melupakan hal-hal esensial seperti makan dan istirahat. Bukan, ini bukan karena mereka menyepelekannya. Tapi, sesimpel karena ide-ide keren mengalir lebih deras ketika moodnya sudah ketemu. Nah, buat kamu yang sering seperti ini, IDN Times cuma mau mengingatkan kalau istirahat itu juga bisa bikin kamu lebih kreatif dan produktif lho!

Dilansir dari nature.com, kelompok peneliti yang terdiri dari Ullrich Wagner, Steffen Gais, Hilde Haider, Rolf Verleger, dan Jan Born menemukan hasil bahwa tidur atau istirahat membuat otak mencerna informasi dengan lebih baik, sehingga bisa menghasilkan ide yang lebih tepat. Intinya, otak akan jadi lebih jernih jika kamu tidur cukup guys!

5. Coba cari support system yang bisa buatmu nyaman

Bocor! Ini 5 Rahasia Para Content Creator Selama Ini  Shutterstock/sattahipbeach

Seiring meningkatnya kesibukan, kamu akan lebih cepat merasa burnout dan ini bisa mematikan kreativitas serta produktivitas. Selain istirahat yang cukup, burnout juga bisa dicegah dengan memiliki support system yang kuat. Support system ini bisa terdiri dari teman-teman, keluarga, pasangan, komunitas, dan lain sebagainya. Singkatnya, support system ini adalah tempat kamu bercerita, berkeluh kesah, dan mendapatkan dukungan mental. 

Nggak harus berupa bantuan langsung kok, sekadar menyemangati dan mengingatkanmu kenapa kamu ingin jadi content creator saja sudah sanggup membakar semangatmu lagi. Tanpa adanya support system, mental kamu bisa kolaps lho. Jadi, yuk bangun support system yang kuat!

Oke guys, itu dia lima hal yang bikin content creator jadi lebih produktif. Jadi, buat kamu sedang dan ingin jadi content creator, coba terapkan lima hal tersebut ya!

Topic:

  • Karsa Adiguna
  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya