Comscore Tracker

10 Kegiatan Simpel agar Hidup Lebih Indah di Tahun 2022, Tetap Optimis

Jadikan tahunmu tetap bermakna meski pandemik masih berjalan

Tahun 2022 baru saja menyapa kita. Meski masih dalam keadaan pandemik, bukan berarti kita harus bersedih. Justru pada momentum inilah kita harus bangkit.

Agar kamu tetap semangat menghadapi tahun yang baru, berikut ini adalah kegiatan simpel agar hidup lebih indah di tahun 2022. Simak, yuk!

1. Bentuk kelompok pencinta buku atau hobi lain yang kamu suka

10 Kegiatan Simpel agar Hidup Lebih Indah di Tahun 2022, Tetap OptimisIlustrasi baca buku (Pexels.com/Tove Liu)

Diskusi buku bakal jadi kegiatan yang istimewa dari hal ini. Selain itu, kamu menambah teman dan pengalaman.

Ajang ini juga bermanfaat bila kamu penyuka buku-buku impor. Meski mahal, kamu masih bisa mendapatkan atau meminjamnya dari anggota kelompok.

2. Kuasai satu resep baru

10 Kegiatan Simpel agar Hidup Lebih Indah di Tahun 2022, Tetap OptimisIlustrasi orangtua dan anak (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bagi sebagian orang, memasak jadi momen healing dari beban hidup. Belanja, meracik, hingga mengolah bahan merupakan waktu yang dinikmati serta proses pembelajaran. Tak jarang, setiap orang punya rumus enak masing-masing meski menu yang dibuat sama. 

Pada akhirnya, akan muncul kepuasan di hati ketika menemukan resep yang kita jago membuatnya. Bahkan, menguasai satu resep saja bisa jadi investasi lho! Siapa tahu kamu bisa berbisnis warung ayam goreng hanya dengan memperdalam resep olahan ayam saja?

3. Isi kulkas dengan makanan sehat

10 Kegiatan Simpel agar Hidup Lebih Indah di Tahun 2022, Tetap OptimisIlustrasi mangga (Pexels.com/Marco Antonio Victorino)

Ketika kulkasmu terisi dengan makanan, mungkin kamu akan berpikir ulang ketika hasrat jajan tiba. Dengan demikian, kamu tidak perlu menghambur-hamburkan uang.

Selain itu, lewat cara ini pula, kamu akan terlatih hidup sehat. Kamu akan terhindar dari gaya hidup yang sembarangan dan makanan yang bisa menimbulkan penyakit seperti kolesterol, asam urat, dan diabetes.

4. Daftarkan diri ke kegiatan sosial

10 Kegiatan Simpel agar Hidup Lebih Indah di Tahun 2022, Tetap OptimisIlustrasi volunteer (Pexels.com/Ron Lach)

Mendaftarkan diri ke kegiatan sosial bukan hanya bermanfaat bagi kehidupan orang lain. Secara batiniah, jiwamu pun akan berbahagia ketika tahu dirimu berguna untuk sesama. Ada kepuasan tersendiri yang bisa kamu raih.

Daftarkanlah diri ke kegiatan yang bisa disesuaikan dengan aktivitas harian, keuangan, keahlian, dan tenagamu. Dengan demikian, aktivitas di kegiatan sosial ini bisa berjalan seimbang dan tidak memberatkanmu.

5. Habiskan waktu sesuka hati, tanpa rencana

10 Kegiatan Simpel agar Hidup Lebih Indah di Tahun 2022, Tetap OptimisIlustrasi menikmati waktu (Pexels.com/Nina Uhlíková)

Hidup dengan rencana ketat juga bisa bikin stres. Memang hidup terencana itu akan memudahkanmu. Namun, kamu perlu waktu untuk lebih spontan dan melakukan improvisasi agar hidup tidak monoton.

Misalnya, habiskan akhir pekanmu dengan jalan-jalan tanpa kamu tahu arah pastinya. Biarkan instingmu yang bekerja ketika waktunya tiba. Jauhi pula notifikasi-notifikasi soal pekerjaan agar kamu menikmati momen sepenuhnya.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 2 Januari 2022, Leo Mendapat Rezeki Nomplok!

6. Kumpulkan dan rapikan semua foto yang tercecer

10 Kegiatan Simpel agar Hidup Lebih Indah di Tahun 2022, Tetap OptimisIlustrasi album foto (Pexels.com/cottonbro)

Barang kali, kamu punya banyak foto dalam bentuk fisik yang tidak terawat. Sekarang, waktunya kamu mengumpulkannya dan taruh dalam album.

Siapkan caption ala Instagram di album foto tersebut. Tulis tanggal, tempat, peristiwa, serta siapa saja di dalamnya. Kini, mungkin kegiatan ini akan merepotkan. Tapi di masa depan, kamu berterima kasih karena ini jadi kenangan manis untuk anak dan cucu kelak.

7. Tulis surat untuk calon anak atau cucu di masa depan

10 Kegiatan Simpel agar Hidup Lebih Indah di Tahun 2022, Tetap OptimisIlustrasi menulis surat (Pexels.com/Anthony Shkraba)

Hal ini terlihat unik dan bakal berujung mellow. Namun, tidak ada salahnya juga kan dilakukan?

Kita belum tentu tahu apakah nanti bakal menemani anak atau cucu hingga ia dewasa. Karenanya, kenangan berupa surat ini pasti menjadi warisan berharga di masa mendatang. Jangan lupa simpan di tempat yang rapi, ya!

8. Bereskan lemari pakaian

10 Kegiatan Simpel agar Hidup Lebih Indah di Tahun 2022, Tetap OptimisIlustrasi beberes lemari (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Membereskan lemari pakaian bisa membuatmu tersenyum ketika tahu hasilnya rapi. Kamu juga bisa menyeleksi baju mana yang masih bisa dipakai dan tidak bisa digunakan lagi.

Dari baju yang tidak digunakan, kamu bisa menyumbangkannya ke orang-orang yang membutuhkan. Jika kamu mau, bahkan baju itu pun bisa dijual di internet. Atau, kamu juga bisa menandai baju khusus yang akan kamu wariskan ke anak-cucumu.

9. Buat foto diri dalam efek hitam-putih

10 Kegiatan Simpel agar Hidup Lebih Indah di Tahun 2022, Tetap OptimisIlustrasi foto studio (Pexels.com/Anete Lusina)

Sempatkanlah dirimu untuk memotret diri sendiri. Bukan narsis, tapi ini jadi momen untuk mengapresiasi sosokmu sendiri. Kamu punya momen dengan dekorasi yang apik dan penampilan yang ciamik.

Setelahnya, taruh fotomu dalam bingkai. Di masa depan, foto hitam putih ini akan menjadi penanda keturunan yang penting bagi anak dan cucumu.

10. Jangan tergesa-gesa dalam hal apa pun

10 Kegiatan Simpel agar Hidup Lebih Indah di Tahun 2022, Tetap OptimisIlustrasi bekerja (Pexels.com/Ivan Samkov)

Banyak kesempatan berharga yang bisa didapat jika kamu tidak tergesa-gesa. Karena itu, nikmatilah waktumu.

Ketika terlalu fokus menyelesaikan tugas, kamu tidak bisa memikirkan hal lain di luar pekerjaan itu sendiri. Namun jika kamu tidak sedang terburu-buru, inspirasi positif bisa datang tiba-tiba. Kira-kira, begitulah analoginya.

Itu dia deretan kegiatan simpel yang bisa membuat tahun barumu lebih bermakna di masa depan. Selamat Tahun Baru 2022, ya!

Baca Juga: 6 Resolusi Tahun 2022 yang Harus Dibuat oleh Para Introver

Lita Michelle Photo Verified Writer Lita Michelle

I believe the grass is no more greener on the other side

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya