Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup dari Ngekos, Jangan Takut Lagi, ya!

Jangan takut, kamu bakal menemukan keseruan

Beberapa orang memilih ngekos karena merantau untuk kuliah atau bekerja. Selain biaya lebih murah, kos-kosan juga sangat terjangkau dan memiliki banyak referensi. Dibandingkan dengan sewa apartemen ataupun rumah, kos-kosan lebih banyak diminati. 

Selain itu, ada pelajaran hidup dari ngekos yang bisa kamu petik. Jika kamu masih takut untuk ngekos sampai saat ini, simak deretan pelajaran hidup yang bisa kamu petik dari aktivitas tersebut.

1. Belajar merantau

5 Pelajaran Hidup dari Ngekos, Jangan Takut Lagi, ya!makan bersama teman. [Pexels.com/Adrienn]

Bagi beberapa orang yang memutuskan kuliah di luar kota, ngekos adalah solusi untuk tempat tinggal. Nah, ini jadi satu momen berharga karena di sini kamu harus jauh dari keluarga. Kamu ditantang untuk hidup sendiri dan mengerjakan semuanya sendiri. 

Namun gak usah khawatir, deh, soalnya seiring berjalan waktu, kamu pun akan mendapatkan teman dan keluarga baru. Jadi, jangan hanya diam saja, ya! Yuk, coba untuk bersosialisasi! 

2. Belajar hidup mandiri

5 Pelajaran Hidup dari Ngekos, Jangan Takut Lagi, ya!Membeli makan [Pexels.com/Laura James]

Saat ngekos, kamu harus mulai hidup mandiri. Kamu harus mulai aware dengan kesehatanmu, keuangan hingga tugas-tugasmu sendiri. Meskipun dengan keluarga tetap terjalin komunikasi, keluargamu sedang tidak di sampingmu. Jadi, kamu pun harus mulai peduli dan memerhatikan dirimu sendiri. 

Tapi, ingat jangan khawatir. Kamu bisa kok mencari teman sebanyak-banyaknya agar gak merasa kesepian. Coba, deh, berkenalan dengan teman kos-mu, siapa tahu bisa jadi bestie-mu nih! 

3. Mengenal budaya baru

5 Pelajaran Hidup dari Ngekos, Jangan Takut Lagi, ya!ilustrasi keluarga besar [Pexels.com/Nichole Michalou]

Merantau ke daerah baru berarti juga mengenal budaya baru. Kamu bakal mengalami sedikit culture shock karena perbedaan budaya yang kamu miliki dan budaya yang kamu datangi. Dari mulai cara berbicara, cara menjalani hidup hingga cara bersosialisasi. Selain itu, kamu pun akan belajar bahasa baru. 

Tipsnya adalah, perluaslah pertemananmu, ya. Coba dekati juga temanmu yang berasal dari daerah tersebut. Mintalah untuk diajari bahasa dan budaya baru yang belum kamu tahu. Ini bertujuan agar kamu punya 'mentor' dalam bersosialisasi. Yuk, dicoba! 

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup yang Bisa Dipetik dari Hubungan Toxic, Benar Gak?

4. Belajar hidup bertetangga

5 Pelajaran Hidup dari Ngekos, Jangan Takut Lagi, ya!hidup bertetangga [Pexel.com/Olga Lioncat]

Nah poin ini seringkali terlupakan! Ngekos sama juga dengan hidup bertetangga. Kamu bakal punya tetangga dengan rupa-rupa kepribadian dan latar belakang. Jadi kamu pun harus sabar, ya. 

Kalau dirasa sudah capek dan gak kuat dengan lingkungan kosan, kamu boleh banget kok untuk pindah dan mencari tempat kosan yang baru. Setiap kosan pasti punya kebiasaan yang berbeda pula. Jadi, jangan menyerah untuk mencari tempat tinggal yang nyaman, ya. 

5. Belajar mencari teman baru

5 Pelajaran Hidup dari Ngekos, Jangan Takut Lagi, ya!memberi makanan [Pexels.com/Uriel Mont]

Sadar gak, kalau semua poin di atas merujuk pada satu hal, yup, mencari teman baru. Kemampuan ini bakal kamu asah saat merantau. Karena kamu pasti bakal merasa kesepian. Jadi mau gak mau kamu pasti berusaha mencari teman agar tidak merasa hidup sendiri. 

Untuk kamu yang sekarang berniat ngekos, jangan takut lagi, ya! Tenang, hidup merantau gak menyeramkan, kok. Tetaplah berkomunikasi dengan teman dan keluarga agar mereka pun tahu kabarmu, ya. Untuk yang lagi merantau, sudah berapa tahun, nih? Tetap betah, kan? Yuk, semangat para pejuang masa depan.

Baca Juga: 6 Pelajaran Hidup di Saat Kamu Berada di Titik Terendah

Juliettt Aff Photo Verified Writer Juliettt Aff

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya