Comscore Tracker

5 Kebiasaan Kecil yang Bisa Mengubah Hidupmu Lebih Baik, Yuk Terapkan!

Bermanfaat untuk fisik, mental dan pikiran

Perubahan besar dapat dimulai dari hal-hal kecil. Nah, jika kamu ingin mengubah hidup menjadi lebih baik dan berkualitas, maka milikilah kebiasaan-kebiasaan kecil untuk mendukungnya.

Berikut ini adalah lima kebiasaan kecil yang dapat lakukan untuk membuat perubahan positif dalam hidupmu!

1. Menulis jurnal harian

5 Kebiasaan Kecil yang Bisa Mengubah Hidupmu Lebih Baik, Yuk Terapkan!Unsplash/Kat Stokes

Menulis jurnal merupakan salah satu yang dapat membantumu melepaskan emosi dan pikiran dalam diri. Kamu bisa menulis jurnal dengan isi yang kamu inginkan sesuai target hidupmu. Misalnya, kamu ingin mengelola emosi dengan lebih baik, maka kamu bisa menulis jurnal emosi harian.

Dengan menulis jurnal harian kamu juga akan semakin mengenal dirimu dan perjalanan hidupmu sendiri. Sehingga, kamu bisa menilai apa-apa saja yang baik dan buruk dalam hidupmu. Pun, kamu jadi lebih tahu selama ini yang menghambat dan mendukung kehidupanmu.

2. Rutin melakukan olahraga

5 Kebiasaan Kecil yang Bisa Mengubah Hidupmu Lebih Baik, Yuk Terapkan!Unsplash/Carl Barcelo

Olahraga bagi orang-orang yang jarang melakukannya bisa dianggap sebagai aktivitas berat dan melelahkan. Padahal, olahraga itu punya beragam jenis dan manfaat lho. Jika kamu tidak suka olahraga dengan intensitas tinggi, maka kamu bisa memilih jenis olahraga yang lebih sesuai dengan karaktermu.

Nah, olahraga juga tidak harus dilakukan selama berjam-jam kok. Kamu juga bisa berolahraga dengan meluangkan waktu 30 menit per harinya. Karena yang paling penting adalah konsistensi dan tubuhmu terus aktif bergerak untuk memperoleh tubuh yang sehat.

Baca Juga: Wah, 5 Kebiasaan Kecil Ini Menjauhkanmu dari Obesitas Lho!

3. Minum air putih saat bangun tidur

5 Kebiasaan Kecil yang Bisa Mengubah Hidupmu Lebih Baik, Yuk Terapkan!Unsplash/quokkabottles

Air putih merupakan cairan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kamu bisa menerapkan kebiasaan meminum air putih saat bangun tidur dan sebelum mengonsumsi makanan atau minuman apa pun.

Dilansir dari drinkhydrant.com bahwa meminum air putih saat bangun tidur dapat membantu mengeluarkan kotoran dari tubuhmu secara alami. So, sangat mudah dilakukan bukan?

4. Membaca buku

5 Kebiasaan Kecil yang Bisa Mengubah Hidupmu Lebih Baik, Yuk Terapkan!Unsplash/Joel Muniz

Membaca buku adalah salah satu kebiasaan baik lainnya yang bisa kamu terapkan. Kebanyakan orang-orang sukses adalah orang yang suka membaca. Dengan membaca buku, kamu bisa menambah wawasan, pengetahuan dan juga mendidik diri sendiri.

Nah, jika kamu belum terbiasa membaca, kamu bisa meluangkan waktu tenangmu sekitar 15-20 menit per harinya untuk membaca. Mulailah membaca buku-buku dengan topik yang kamu sukai. Temukan buku yang paling cocok dengan dirimu. So, lama-kelamaan kamu bakal merasa nyaman dan senang melakukannya.

5. Melakukan self talk

5 Kebiasaan Kecil yang Bisa Mengubah Hidupmu Lebih Baik, Yuk Terapkan!Pexels/Andrea Piacquadio

Self talk atau berbicara kepada diri sendiri bukan hal yang aneh kok. Kamu bisa melakukannya dengan melihat dirimu didepan cermin dan kemudian mengeluarkan kata-kata positif kepada diri sendiri. Hal ini, dapat membantumu untuk lebih positif dan termotivasi dalam menjalani hari.

Selain itu, ketika melakukan self talk maka artinya kamu sedang berpikir dan memikirkan diri sendiri. Kamu juga bisa melakukannya sebagai cara untuk meluapkan emosi dan mengekspresikan dirimu sendiri.

Kebiasaan kecil di atas memiliki pengaruh besar ke depannya jika kamu rutin melakukannya. Coba satu per satu dengan konsisten dan mula dari yang paling mudah. Tidak sulit kok! Asal kamu mau, pasti bisa. Yuk semangat!

Baca Juga: Keren, 5 Kebiasaan Kecil ini Dapat Membuat Karaktermu Semakin Disiplin

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Ambil kebaikan dari tulisan saya. Mohon maafkan dan tinggalkan yang buruknya. Semoga bermanfaat!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya