Comscore Tracker

Pasti Bisa, Berikut 5 Tips Merawat Semangat dalam Meraih Mimpi

Bisa,  bisa. Dikit lagi, kok. Semangat! 

Manusia memang dalam hidupnya tak selalu menemui hal baik saja. Ada kalanya juga harus mengalami hal buruk yang tidak diinginkan. Sebagai manusia tentu memiliki tujuan hidup dan mimpi.

Mimpi ini senantiasa diupayakan untuk  menjadi nyata. Namun, hal ini tak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu proses panjang dan tak jarang pula begitu melelahkan sehingga membuat memilih menyerah dan putus asa.

Oleh karenanya sangat penting untuk merawat semangat. Berikut lima tips merawat semangat meraih mimpi. Yuk, scroll sampai bawah. Let's go! 

1. Perbarui niat setiap hari

Pasti Bisa, Berikut 5 Tips Merawat Semangat dalam Meraih MimpiPexel.com/Andrea Piacquadio

Niat merupakan suatu awal yang baik dalam memulai sesuatu. Niat juga dapat memberikan energi yang positif pada diri kita. Niat dalam hal ini adalah maksud dan tujuan dari apa yang kita lakukan. Dengan niat yang baik akan membuat diri termotivasi untuk melakukan yang terbaik dari diri kita.

Setiap hari kita perlu memperbarui niat kita dalam melakukan sesuatu. Selalu perbarui dengan tujuan dan maksud yang lebih baik dan positif. Tentunya dengan niat yang selalu diperbarui akan membuat kita bersemangat meraih mimpi kita. Kita akan berupaya lebih gigih mewujudkan mimpi.

2. Ketika hampir menyerah lihat pengorbanan yang dilakukan

Pasti Bisa, Berikut 5 Tips Merawat Semangat dalam Meraih MimpiPexels.com/Pixabay

Untuk meraih sesuatu memang diperlukan upaya dan usaha untuk meraihnya. Namun sering pula hampir menyerah di tengah perjalanan, sudah merasa tidak kuat lagi. Ketika hampir menyerah coba diingat-ingat lagi ke belakang.

Coba diingat lagi pengorbanan dan perjuangan yang sudah dilakukan untuk sampai di titik ini. Tentu banyak sekali perjuangan yang sudah dilakukan. Tak terhitung biaya, waktu, dan tenaga yang kita curahkan untuk sampai di titik ini. Tentunya kita tidak ingin semua yang sudah dilakukan menjadi sia-sia dan tanpa hasil.

3.  Jangan pernah berhenti bersyukur

Pasti Bisa, Berikut 5 Tips Merawat Semangat dalam Meraih MimpiPexel.com/Snapwire

Ada begitu banyak nikmat yang diterima setiap harinya. Nikmat itu tak dapat kita hitung dengan jari kita. Sayangnya, kita sering lupa akan begitu banyaknya nikmat yang diberikan Tuhan. Coba lihat sekeliling kita, masih banyak mereka yang jauh di bawah kita. Masih banyak yang kurang beruntung seperti kita.

Ada kalimat bijak yang bilang begini "Dalam hal harta pandanglah ke bawah, tapi dalam hal ilmu pandanglah ke atas". Sederhananya,  kita boleh iri kepada orang lain tapi dalam hal ilmu. Iri dalam hal ilmu ini sifatnya positif karena membuat diri kita ingin mempunyai kemampuan dan kompetensi lebih dari orang lain.

Sebaliknya, dalam hal harta pandanglah ke bawah. Masih banyak yang tidak seberuntung kita. Oleh karenanya jangan pernah untuk berhenti bersyukur. Apa pun keadaan dan apa yang kita punyai hendaknya selalu disyukuri. Dengan bersyukur maka Tuhan akan memberikan nikmat yang lebih besar.

Baca Juga: 9 Cara Agar Mimpi Indah saat Tidur Malam, Sudah Terbukti!

4. Evaluasi dan refleksikan yang sudah dilakukan 

Pasti Bisa, Berikut 5 Tips Merawat Semangat dalam Meraih MimpiPexel.com/Dziana Hasanbekava

Kegagalan bukanlah akhir dari seganya. Kegagalan merupakan bukti bahwa kita sudah berusaha dan mencoba. Setidaknya diri kita sudah mencoba meskipun gagal. Tentu lebih baik daripada tidak mencoba sama sekali. Seseorang yang berhasil tentunya sudah melalui kegagalan-kegagalan yang tidak terhitung.

Ketika gagal tak perlu menyalahkan diri secara berlebihan. Jangan pula karena gagal lalu tidak mau mencoba lagi. Yang perlu dilakukan adalah evaluasi dan refleksikan dari apa yang dilakukan.

Kita evaluasi apa yang salah, apa yang keliru dan solusi yang apa yang bisa dilakukan. Setelah tahu, tentunya hal ini dapat menambah pengetahuan kita sehingga dapat diantisipasi kesalahan serupa terjadi.

5. Beri jeda jika merasa sudah terlalu lelah 

Pasti Bisa, Berikut 5 Tips Merawat Semangat dalam Meraih MimpiPexel.com/ Mentatdgt

Kita memang perlu berusaha dengan gigih. Berusaha mencoba melakukan sebaik mungkin dari versi terbaik kita. Namun ada kalanya kita juga lelah dan capek. Memang manusiawi merasa hal seperti ini. Kita jangan terlalu memaksakan jika sudah dalam keadaan seperti ini.

Jeda mungkin jawaban yang tepat untuk hal ini. Jeda yang dimaksud kita perlu rehat sebentar. Kita dapat melakukan hal-hal yang dapat membuat kita merasa bahagia. Bisa melakukan hobi kesukaan kita, bepergian, minum kopi dan lainnya.

Lakukan hal yang membuat kita merehatkan pikiran kita. Tapi, perlu diingat jedanya jangan terlalu lama. Jangan sampai terlena dan melupakan apa yang seharusnya dilakukan. Bila sudah merasa lebih baik segera lanjutkan pekerjaan yang tertunda.

Nah, itu tadi lima tips merawat semangat. Jangan menyerah atas mimpi kita. Lakukan semuanya sebaik mungkin dalam versi terbaik kita. Semangat, kamu pasti bisa!

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Perjuanganmu Meraih Mimpi Gak Masuk Akal

Reins Chairil Photo Writer Reins Chairil

Menjadi sederhana dan menyederhana. Penyuka diksi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya