Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Perempuan Harus jadi Sosok yang Mandiri

Meningkatkan rasa percaya diri dan mencintai diri sendiri

Dikenal memiliki sifat manja, lembut dan sensitif, perempuan sering kali dianggap lemah dan kurang mampu mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi. Menjadi orang yang kuat dan mandiri membawa keuntungan tersendiri bagi seorang perempuan. 

Merasa memiliki kesempatan yang kuat untuk bisa mencapai apa pun yang diimpikan dan merasa dapat menangani apa pun yang dihadapi. Tidak ada alasan mengapa seseorang tidak ingin menjadi mandiri.

Tentunya ada beberapa alasan kuat mengapa seorang perempuan juga harus jadi sosok yang mandiri. Berikut alasan penting mengapa perempuan juga harus jadi sosok yang mandiri.

1. Hidup penuh akan ketidakpastian

5 Alasan Mengapa Perempuan Harus jadi Sosok yang Mandirifreepik.com/creativeart

Hidup penuh dengan ketidakpastian adalah fakta. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi besok, bahkan dalam satu jam ke depan. Walaupun selalu diliputi dengan ketidakpastian, sebagai seorang manusia, perempuan juga perlu merencanakan dan mempersiapkan apa pun sebaik mungkin.

Perempuan yang mandiri adalah perempuan yang kaya secara emosional, mereka memiliki kepercayaan diri untuk mengambil risiko dan terus berkomitmen untuk mengatasi masa-masa sulit dan kegagalan yang mereka hadapi.

2. Kebahagiaan adalah tanggung jawab diri sendiri

5 Alasan Mengapa Perempuan Harus jadi Sosok yang Mandirifreepik.com/freepik

Terkadang, kita menemukan situasi yang sangat mengecewakan dan berada di luar ekspektasi. Tapi, perempuan yang mandiri mampu mengendalikan kebahagiaannya sendiri dan tidak mudah menyalahkan orang lain atas segala kegagalan yang mereka hadapi.

Karena itu, perempuan yang mandiri cenderung tidak akan berlarut-larut dalam kekecewaan dan berusaha menanganinya dengan tenang untuk dimanfaatkan sebaik mungkin sebagai peluang menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Jangan Takut Dijauhi Cowok, Ini 5 Keuntungan Menjadi Perempuan Mandiri

3. Akan selalu jadi panutan

5 Alasan Mengapa Perempuan Harus jadi Sosok yang MandiriPexels.com/August de Richelieu

Setiap perempuan adalah panutan terpenting bagi anak-anaknya. Setiap kali kita mengatakan sesuatu, mengambil tindakan dan keputusan, atau bereaksi terhadap seseorang atau sesuatu, anak akan selalu mengamati perilaku kita. Dimulai sejak bayi, dengan cara inilah anak-anak memperoleh keterampilan bahasa dan akhirnya belajar berbicara.

Dan bahkan, saat remaja, mereka akan menyimak kata-kata kita dan mengamati tindakan kita, memeriksa bagaimana kita menangani segala sesuatu mulai dari hubungan pribadi hingga stres dan kekecewaan.

4. Butuh banyak kepercayaan diri

5 Alasan Mengapa Perempuan Harus jadi Sosok yang Mandiriinstagram.com/retno_marsudi

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa perempuan memiliki rasa kurang percaya diri, beberapa alasannya adalah perempuan merasa percaya diri hanya jika mereka sempurna dan terlalu banyak menahan diri. Untuk menjadi lebih percaya diri, perempuan harus berhenti banyak berpikir dan segera bertindak. Seperti menyalurkan bakat untuk selalu bekerja keras, itu dapat membuat otak perempuan lebih percaya diri.

Tentunya, perempuan yang mandiri telah membiasakan dirinya untuk selalu bekerja keras menghadapi berbagai rintangan dan mengambil risiko yang harus dihadapi.

5. Bukan cuma soal penampilan

5 Alasan Mengapa Perempuan Harus jadi Sosok yang Mandiripexels.com/Anastasia

Seringkali kita mendengar dan melihat, good looking yang lebih diutamakan dalam hal apa pun. Karena itu, para perempuan berlomba-lomba memperbaiki penampilan mereka tanpa diikuti usaha untuk meningkatkan value dan skill mereka.

Penampilan memang penting, tapi menjadi perempuan mandiri juga gak kalah pentingnya. Menjadi perempuan mandiri berarti menjadi perempuan yang mampu mencintai dirinya dan menolak untuk membiarkan dirinya mandek dalam meningkatkan kualitasnya.

Menjadi mandiri juga membuat siapa pun akan memandangnya dengan cara yang berbeda. Perempuan mandiri tahu bagaimana tetap memegang kendali pada dirinya dan hidupnya. Menariknya, jika kamu seseorang yang mandiri, mungkin kamu adalah seseorang yang dominan dan cukup percaya diri.

Baca Juga: 5 Trik Finansial yang Harus jadi Prioritas Perempuan Mandiri

Ridha Tiara Motik Photo Verified Writer Ridha Tiara Motik

Ig : tiamo_tiara

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya