Comscore Tracker

Pertemananmu Gak Awet? Ikuti 5 Tips Psikologi tentang Sahabat Ini! 

Sahabat bukan dia yang selalu membenarkan kesalahanmu!

Cobaan bukan hanya datang pada mereka yang sedang menjalin cinta kasih, tapi juga terjadi pada hubungan pertemanan. Tak ada yang dapat menolak jika cobaan itu tiba, yang bisa dilakukan hanya mengontrolnya agar tidak menjadi parah. 

Lantas, bagaimana cara untuk mengontrol cobaan dalam hubungan pertemanan? Contohnya kaya bertengkar, salah paham dan lain-lain. Ada tips nih dari para pakar psikolog, check it out! 

1. Jadilah pendengar yang baik untuk sahabatmu

Pertemananmu Gak Awet? Ikuti 5 Tips Psikologi tentang Sahabat Ini! pexels.com/@elevate

Boleh jadi kesalahan pertama yang membuat sahabatmu menjauhimu adalah karena kamu tidak bisa menjadi pendengar yang baik bagi dia. Sahabatmu merasa ketika dia curhat denganmu, kamu selalu menghakimi dia. Padahal sahabatmu hanya ingin didengarkan saja omongannya, gak lebih.

So, kamu harus berusaha untuk mendengarkan sahabatmu, dan jika memang sahabatmu itu salah kamu harus menasihatinya di lain waktu dengan cara yang tidak menghakimi. Contoh, kamu jangan langsung menyalahkan sahabatmu "kamu yang salah, bla ... bla." Tapi kamu bisa ubah kalimatmu dengan memujinya dulu baru sampaikan nasihat. Oke! 

2. Jangan anggap masalah sahabatmu itu sepele

Pertemananmu Gak Awet? Ikuti 5 Tips Psikologi tentang Sahabat Ini! Pixabay.com/blackmachinex

Paling sering nih terjadi masalah yang satu ini, yaitu perasaan ingin mengakhiri hidup ketika putus cinta atau ujian hidup lainnya. Nah, jika sahabatmu sedang merasakannya, jangan kamu menyepelekan keinginan sahabatmu itu.

Kamu harus tunjukkan support dan rasa empati padanya. Bantu sahabatmu bangkit dari masa-masa terendahnya, karena sesungguhnya mereka sedang butuh banget perhatian dari seseorang. Make sure that you always by herself! 

Baca Juga: Yuk, Tertawa Bersama Meme Persahabatan Ini!

3. Hargai pendapat dan perasaan sahabatmu

Pertemananmu Gak Awet? Ikuti 5 Tips Psikologi tentang Sahabat Ini! pexels.com/min an

Berbeda pendapat dalam pertemanan adalah hal yang sangat wajar dialami. Yang menjadikannya tidak wajar adalah jika kamu menganggap bahwa pendapatmu yang paling benar dan sahabatmu harus mengikuti pendapatmu. 

Kamu harus mencoba menghargai pendapat sahabatmu. Tak masalah jika memang kamu ingin mengutarakan pendapatmu padanya, terlebih jika itu adalah kebaikan. Tapi, pada akhirnya semua keputusan berada di tangan sahabatmu, kamu tak perlu marah atas pilihannya. Hargailah sahabatmu! 

 

4. Buatlah sahabatmu nyaman saat bersamamu dan selalu ada dalam keadaan baik maupun buruk

Pertemananmu Gak Awet? Ikuti 5 Tips Psikologi tentang Sahabat Ini! Unsplash/Eliott Reyna

Namanya teman sejati bukan yang selalu ada saat senang, tapi saat susah pun kamu harus ada di sisi sahabatmu. Dan sebagai sahabat, kamu tidak perlu berpura-pura menjadi orang lain. Cukup jadikan sahabatmu nyaman dengan apa yang ada dalam dirimu, bukan jadi orang lain. 

Kepalsuan yang kamu buat bisa berpotensi membuat sahabatmu tak nyaman saat bersamamu. Boleh jadi mereka merasa kamu bohong melakukan kebaikan padanya. So, jadilah dirimu sendiri! 

5. Jangan lupakan sahabatmu sekalipun mereka jauh darimu

Pertemananmu Gak Awet? Ikuti 5 Tips Psikologi tentang Sahabat Ini! unsplash/ Eliott Reyna

Yang terakhir adalah kamu harus menjaga hubungan persahabatanmu walaupun dalam keadaan yang jauh. Ingatlah sahabatmu yang selalu ada ketika kamu sedih ataupun senang.

Apalagi, jika dalam keadaan jauh itu kamu sukses duluan misalnya, jangan sekali-kali kamu melupakannya. Karena boleh jadi kesuksesanmu adalah berkat support dari sahabatmu dulu saat kamu dalam masa terpuruk. 

Nah, itu dia 5 tips menjaga hubungan persahabatanmu agar kembali awet. Perbaikilah sikapmu terlebih dahulu dan lihatlah, sahabatmu akan melakukan hal yang sama kepadamu. Selamat mencoba! 

Baca Juga: Kisah Persahabatan 2 Orang Beda Negara Karena Ponsel yang Hilang Viral di Sosial Media!

Alya Rekha Anjani Photo Verified Writer Alya Rekha Anjani

Penyembah Allah yang singgah ke bumi untuk menebarkan manfaat, someday we're gonna win.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya