Comscore Tracker

6 Gaya Pacaran yang Menunjukkan Kalian Sama-sama Dewasa

Tidak harus berduaan setiap saat

Disadari atau tidak, setiap pasangan kekasih pasti punya gaya pacarannya masing-masing. Ada yang condong kekanakan, cuek tapi saling sayang, posesif maunya berduaan terus atau justru sama-sama mampu bersikap dewasa. Tipe yang terakhir ini, nih yang biasanya lebih langgeng masa pacarannya karena boleh dibilang minim drama. 

Lantas kamu dan dia termasuk pasangan yang seperti apa, ya? Apakah selama ini kalian mampu menjalani hubungan ini dengan sikap dan pemikiran yang dewasa? Ayo, biar makin yakin coba cek enam gaya pacaran di bawah ini! Kalau memang semuanya ada, bisa dipastikan bahwa kalian sudah sama-sama dewasa dalam membina hubungan asmara. 

1. Sadar betul jika masing-masing punya kesibukan, jadi gak bisa selalu berduaan

6 Gaya Pacaran yang Menunjukkan Kalian Sama-sama Dewasailustrasi orang mengobrol ( Pexels.com/Katerina Holmes )

Tanpa diberi tahu pun, kalian sudah sama-sama sadar bahwa masing-masing punya kesibukan. Alhasil, tidak mungkin bisa bertemu tatap muka setiap hari. Rasa kangen pasti ada, wajar namanya juga saling sayang. Tetapi itu gak lantas dijadikan alasan untuk mendominasi waktu bersama pasangan.

Toh, sekarang teknologi semakin canggih. Tiap kali merasa rindu tinggal telepon atau video call saja. Gak perlu harus curi-curi waktu, apalagi sampai meninggalkan tanggung jawab segala.  

2. Saling terbuka pada pasangan kalau memang ada sesuatu hal yang mengganjal di hati

6 Gaya Pacaran yang Menunjukkan Kalian Sama-sama Dewasailustrasi orang mengobrol ( Pexels.com/Uriel Mont )

Sekali waktu, pasti kamu pernah merasa tidak nyaman dengan sikapnya. Mungkin ada tingkah atau perkataan pacar yang tanpa sadar menyinggung perasaanmu. Itu tak lantas membuatmu memendam rasa kesal berlarut-larut. Sebaliknya, kamu akan bicara terus terang saat itu juga, supaya dia sadar dan mengakui kesalahannya.

Begitu pula dengan dia, jika merasa kamu ada salah padanya. Gak ada, tuh main lempar kode dan berharap kamu bakal peka. Daripada kesal sendiri menunggu pacar gak kunjung sadar, lebih baik bicara terus terang. Supaya masalahnya cepat selesai dan gak berlarut-larut. 

3. Tiap kali ada masalah kalian selalu menyelesaikannya berdua hingga tuntas

6 Gaya Pacaran yang Menunjukkan Kalian Sama-sama Dewasailustrasi pasangan bicara ( Pexels.com/Budgeron Bach )

Tidak hanya perihal kata-kata atau sikap pasangan yang menyakiti hati, ketika ada masalah pun kalian gak pernah tinggal diam. Meskipun persoalannya sepele, tetap akan didiskusikan berdua dengan kepala dingin. Salah satu di antara kalian gak ada yang berusaha mangkir dan lari dari tanggung jawab. Sebab kalian sama-sama sadar, bahwa ini adalah masalah bersama dan mesti dicari jalan keluarnya berdua. Tak heran kalau semakin lama, kalian terlihat makin kompak saja. 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Berubah Jadi Lebih Dewasa Saat Pacaran, Idaman!

4. Tidak pernah ada rasa cemburu yang berlebihan pada pacar apalagi sampai menjadikannya biang masalah

6 Gaya Pacaran yang Menunjukkan Kalian Sama-sama Dewasailuatrasi pasangan berdiskusi ( Pexels.com/Alex Green )

Memang benar cemburu itu tanda cinta, namun bagi kalian perasaan cemburu tidak perlu diungkapkan secara berlebihan. Apalagi sampai dijadikan alasan untuk bertengkar. Jika memang kamu merasa tidak nyaman melihat dia dekat-dekat wanita lain, pasti akan langsung bicara padanya. 

Lagi pula usia pacaran yang sudah lima tahun ini menjadi bukti, bahwa kesetiaan kalian telah lolos uji. Untuk apa cemburu buta, kalau kamu dan dia sudah sama-sama saling percaya. Bila memang ada niat selingkuh, pasti sudah kamu lakukan dari dulu. 

5. Kalian tidak ragu-ragu ketika membahas soal masa depan hubungan ini mau dibawa ke mana

6 Gaya Pacaran yang Menunjukkan Kalian Sama-sama Dewasailustrasi pasangan naik kereta ( Pexels.com/Samson Katt )

Tidak sedikit pasangan kekasih yang menghindari pembicaraan soal masa depan. Entah karena memang merasa belum siap atau diam-diam gak yakin sama pasangannya yang sekarang. Hal semacam itu gak berlaku buatmu. Justru obrolan tentang masa depan jadi topik yang paling kalian suka. 

Bagimu dan pacar, ini perlu diobrolkan dan dipersiapkan sejak dini. Karena kalian ingin masa depan yang terencana bukan asal-asalan saja. Misalnya, kapan kalian akan menikah, membeli rumah atau memilih mengontrak dulu. Itu semua harus dipikirkan jauh-jauh hari biar ada gambaran dan tidak kaget saat hari H tiba. 

6. Tidak menjadikan kontak fisik sebagai bukti seberapa besar cinta kalian

6 Gaya Pacaran yang Menunjukkan Kalian Sama-sama Dewasailustrasi pasangan romantis ( Pexels.com/Emma Bauso )

Namanya kontak fisik saat pacaran memang gak bisa sepenuhnya dihindari. Sebagai manusia biasa, tentu kamu ingin sekali-kali memeluk dan mencium orang yang disayang. Tetapi kalian sudah sepaham, bahwa kontak fisik bukan jadi patokan besarnya cinta untuk pasangan. Tidak ada istilah, kalian mau melakukan hubungan layaknya suami-istri demi membuktikan kalau kamu benar-benar sayang kepadanya. 

Setuju, dong kalau orang yang sama-sama dewasa akan lebih bertanggung jawab saat menjalin hubungan asmara? Masa pacaran mereka pun tidak banyak dibumbui dengan drama yang gak penting, tuh. Nah, sekarang kembali lagi ke kamu, apakah keenam gaya pacaran tadi serupa dengan kondisimu saat ini? Jika iya, pertahankan terus, ya! 

Baca Juga: 5 Hal di Hubungan yang Hanya Bisa Dilakukanmu yang Punya Sikap Dewasa

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya