Comscore Tracker

Diam Seribu Bahasa, Ini 5 Alasan Penyebab Silent Treatment

Mengakhiri dengan diam dan mengabaikan

Apakah kalian pernah menemukan seseorang yang ketika menghadapi suatu persoalan ia lebih memilih untuk diam? Ya jika pernah berarti kamu menemukan sosok seseorang yang melakukan silent treatment.

Silent treatment adalah perilaku mendiamkan seseorang dalam suatu hubungan saat sedang berada dalam konflik. Silent treatment ini bisa dilakukan dalam hubungan apapun seperti pasangan, persahabatan, maupun yang lainnya. Pasti sangat menjengkelkan jika kita menghadapi orang yang seperti ini.

Eits tapi tunggu dulu jangan buru-buru kamu merasa kesal ya karena di balik silent treatment-nya mereka itu memiliki alasan tersendiri loh melakukannya. Untuk mengenali sikapnya berikut beberapa alasan mengapa seseorang memilih untuk silent treatment

1. Untuk menghindari konflik dan masalah

Diam Seribu Bahasa, Ini 5 Alasan Penyebab Silent Treatmentilustrasi dua wanita marah (pexels.com/Liza Summer)

Tak dapat dipungkiri ada sebagian orang yang tidak mampu merespon masalah dengan baik. Entah karena ketakutannya pada masalah yang membuatnya sangat ingin menghindari konflik dan masalah. Ini merupakan alasan atau penyebab seseorang melakukan silent treatment kepada orang lain.

Baginya konflik adalah sesuatu hal yang sangat mengganggu. Jadi menurutnya menghindari konflik adalah sesuatu hal yang harus dilakukan. Dengan silent treatment upaya untuk menghindari konflik dapat tersalurkan. 

2. Bentuk komunikasi untuk menunjukkan kekesalan

Diam Seribu Bahasa, Ini 5 Alasan Penyebab Silent Treatmentilustrasi silent treatment (pexels.com/Timur Weber)

Saat memiliki hubungan dengan orang lain bentuk komunikasi yang sering kita gunakan yaitu komunikasi verbal maupun nonverbal. Dengan menggunakannya akan diharapkan dapat memperlancar komunikasi dengan orang lain. Akan tetapi bentuk komunikasi seperti silent treatment ini merupakan ekspresi yang malah membuat komunikasi menjadi tidak terarah.

Memilih untuk mendiamkan orang lain saat sedang berada dalam konflik merupakan bentuk komunikasi yang tidak bijak. Pasalnya orang lain tidak mengerti apa yang diinginkan dari kita jika hanya diam saja. Penyelesaian konflik seperti ini biasanya terjadi saat seseorang sudah merasakan kesal yang sudah berujung. Tak dapat hal lain yang bisa dia lakukan selain hanya diam. Itulah caranya mengekspresikan kekesalan saat seseorang melakukan silent treatment. 

Baca Juga: Sering Bertengkar karena 5 Hal Ini? Dia Bukan Pacar Tepat Untukmu

3. Ingin lebih powerful dan mendominasi lawan bicara

Diam Seribu Bahasa, Ini 5 Alasan Penyebab Silent Treatmentilustrasi diam (pexels.com/SHVETS production)

Tak jarang memang dalam berkomunikasi ada orang yang ingin suaranya lebih didengar tanpa mendengarkan orang lain terlebih dahulu. Ingin keputusannya lebih diikuti daripada berdiskusi. Pasti kalian pernah menemukan orang seperti ini bukan? Tidak mau kalah dalam urusan mengontrol perbincangan.

Dengan diam mengabaikan keberadaan orang lain sekaligus tidak mendengarkan perkataan orang lain adalah contoh perilaku silent treatment itu sendiri. Bentuk pengabaian itu yang sebenarnya seseorang tersebut ingin menunjukkan bahwa dia lebih powerful dan ingin mendominasi dalam berinteraksi. Inilah alasan mengapa sebagian orang melakukan silent treatment.

4. Sebagai bentuk hukuman pada orang lain

Diam Seribu Bahasa, Ini 5 Alasan Penyebab Silent Treatmentilustrasi dua wanita (pexels.com/Anna Shvets)

Alasan berikutnya saat seseorang melakukan silent treatment yaitu ingin menghukum lawan bicaranya. Ketika konflik perdebatan tidak bisa dimenangkan maka melakukan silent treatment menjadi andalan terakhir. Ketika tak mampu beradu argumen diam dan mengabaikan keberadaan lawan bicara merupakan cara untuk menghukum lawan bicaranya.

Dengan diam ia memanipulasi keadaan bahwa yang menang adalah dirinya padahal belum tentu benar. Inilah tujuan dari mereka yang suka melakukan silent treatment. Mempermainkan emosi seolah-olah lawan bicara yang salah.

5. Malas berkomunikasi

Diam Seribu Bahasa, Ini 5 Alasan Penyebab Silent Treatmentilustrasi wanita (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Seseorang yang enggan berkomunikasi dengan lawan bicara akan cenderung diam. Diam di sini bukan untuk mendengarkan akan tetapi mengabaikan perbincangan. Orang seperti ini memang belum dewasa.

Sebab belum bisa menempatkan dirinya dengan baik dalam komunikasi. Ingin semaunya sendiri dan meminta dimengerti tapi tak mau mengerti orang lain dengan berusaha terlibat komunikasi. Itulah alasan yang bisa dinilai dari seorang silent treatment.

Diam itu baik tapi harus pada tempatnya. Dengan mengetahui beberapa alasan mengapa seseorang melakukan silent treatment di atas kamu akan mudah menghadapinya.

Baca Juga: Jaga 5 Rasa Ini demi Keharmonisan Hubungan Asmara hingga ke Depannya

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya