Comscore Tracker

5 Dampak Negatif jika Kamu Tak Punya Rasa Percaya pada Pasangan!

Mau hubungan kamu jadi kandas?

Menjalani hubungan sebagai sepasang kekasih tidak hanya tentang mencintai dan juga dicintai. Tetapi juga tentang bagaimana kita menaruh kepercayaan dan juga keberpihakan kita kepada pasangan.

Mungkin tidak mudah percaya begitu saja kepada seseorang. Tetapi, jika yang kamu hadapi adalah pasanganmu, maka percaya itu perlu. Dan, berikut ini adalah lima dampak negatif jika kamu tak punya rasa percaya terhadap pasangan!

1. Keseharianmu hanya dipenuhi rasa curiga

5 Dampak Negatif jika Kamu Tak Punya Rasa Percaya pada Pasangan!Ikatan cinta (Unsplash.com/AlinaStrong)

Karena tak ada kepercayaan sedikit pun kamu kepada pasanganmu, membuat kamu selalu menaruh curiga terhadapnya. Kamu terlalu takut untuk menilai mana yang fakta, atau mana yang dusta. Sayangnya kamu selalu saja berlindung pada dalih waspada. Yang jelas, perasaan curiga itu adalah racun dalam hubungan, yang hanya bisa membuat hubunganmu jadi berantakan.

2. Apa pun yang pasanganmu katakan, adalah bohong bagimu

5 Dampak Negatif jika Kamu Tak Punya Rasa Percaya pada Pasangan!Saling bersandar (Unsplash.com/MilanPopovic)

Kunci dari hubungan yang sehat adalah kejujuran. Tetapi untuk apa jujur, jika yang kita katakan selalu saja dianggap bohong? Jangan hanya karena rasa tak percaya lalu kamu memupuk kebohongan di dalam hubungan. Sebab, jika pasangan selalu dianggap berbohong, akan timbul rasa tak terima dan mulai membuat kebohongannya sendiri. Sebab, dirinya percaya, bahwa jujur atau pun bohong tak akan ada harganya di matamu.

3. Kamu tak mampu mencintai dirinya seutuhnya

5 Dampak Negatif jika Kamu Tak Punya Rasa Percaya pada Pasangan!Sendirian (Unsplash.com/BrookeCagle)

Ketika kamu tak percaya terhadap pasangan, tentu kamu akan merasa ragu-ragu untuk memberikan seluruh isi hatimu. Efeknya, kamu tidak mampu mencintai dirinya seutuh yang kamu bisa. Kamu terlalu fokus pada kemungkinan-kemungkinan yang belum tentu benar adanya. Sehingga kamu sendiri lupa untuk selalu memberikan yang terbaik kepada pasangan.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Hubungan Bersama Pasangan yang Sibuk Kerja, Pasti Bisa!

4. Timbulnya cekcok

5 Dampak Negatif jika Kamu Tak Punya Rasa Percaya pada Pasangan!Saling bicara (Unsplash.com/HarliMarten)

Karena pasanganmu tentu tak terima selalu dicurigai dan dinilai berbohong olehmu, bukan tidak mungkin ia melawanmu dengan argumennya. Sehingga cekcok tidak dapat lagi kamu hindari. Semua alasan yang kamu jadikan dalih dan latarbelakang ketidakpercayaan tersebut, tak akan ada manfaatnya jika kamu ucapkan. Karena, baik kamu atau pun pasangan, sudah sama-sama termakan emosi dan juga ego masing-masing.

5. Hubungan tak akan berlangsung lama

5 Dampak Negatif jika Kamu Tak Punya Rasa Percaya pada Pasangan!Sepasang kekasih (Unsplash.com/NathanDumlao)

Selalu dicurigai, selalu dianggap berbohong, siapa yang akan bertahan di dalam kondisi tersebut? Apakah kamu sendiri mampu bertahan? Atau justru kamu sendirilah yang akan mengakui bahwa itu berat? Semakin lama kamu tanamkan ketidakpercayaan itu, maka makin terkikis juga rasa cinta satu sama lain. Maka, makin cepat juga hubungan yang kamu bangun itu akan berakhir.

Tak ada salahnya waspada dengan pasangan agar kamu tidak kecolongan. Tetapi, jika kamu terus-terusan dan selalu saja menilai buruk dirinya, maka jangankan pasanganmu, bahkan seorang teman pun akan muak dengan itu!

Baca Juga: 5 Tips Bangun Rasa Percaya dalam Hubungan, Anti Curigaan!

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya