Comscore Tracker

6 Ucapan yang anti Dikatakan untuk Jaga Perasaan Pasangan

Jaga perasaan pasanganmu dengan berhati-hati saat berbicara

Saat berhadapan dengan orang yang kamu cintai, tentu kamu harus bisa menjaga perasaannya, baik itu dalam bersikap maupun berhati-hati saat berbicara dengannya. Apalagi jika pasangan kamu termasuk tipe orang yang peka dan sensitif. Sekalipun dalam keadaan marah, kamu harus tetap bisa mengendalikan dirimu agar tidak melakukan hal-hal yang dapat menyakiti hati dan perasaannya. 

Jangan biarkan pasanganmu mengalami rasa sakit yang berkepanjangan akibat perkataan yang tanpa kamu sadari bisa membuatnya terluka. Sejumlah ucapan ini anti dikatakan untuk jaga perasaan baik pasanganmu. Kalau bisa hindari, ya!

1. "Seandainya kamu bisa seperti dia"

6 Ucapan yang anti Dikatakan untuk Jaga Perasaan Pasanganilustrasi menyakiti pasangan (pexels.com/Timur Weber)

Secara tidak langsung kamu sedang meremehkan, mengabaikan, dan mengacuhkan keberadaan pasanganmu sendiri. Kamu seolah mengatakan bahwa pasanganmu kurang, sehingga kamu membandingkannya dengan orang lain yang menurutmu lebih baik darinya. Jika sudah seperti itu, maka tidak baik untuk kesehatan batinnya. 

Pasanganmu juga akan mulai menjaga jaraknya denganmu, sehingga hubungan kalian perlahan-lahan akan menjauh. Hal itu terjadi karena saat bersamamu dia akan merasa tidak ada artinya dan tidak kamu anggap, sehingga dia menjadi berkecil hati saat berdampingan denganmu.

Jadi, jangan pernah membanding-bandingkan pasanganmu dengan orang lain, apalagi dengan mantan-mantanmu sebelumnya. Ingatlah, itu sama saja kamu membunuh kepercayaan dirinya. 

2. "Jangan berlebihan, lupakan saja"

6 Ucapan yang anti Dikatakan untuk Jaga Perasaan Pasanganilustrasi menyakiti pasangan (pexels.com/Budgeron Bach)

Saat ada masalah yang datang menghampiri pasanganmu dan dia memilih untuk menceritakannya padamu, maka hargailah dia dengan mendengarkan keluh kesahnya tersebut. Jika kamu merasa tidak mau ikut campur terlalu jauh karena itu ranah pribadinya, maka cukup jadilah pendengar yang baik untuknya, hindari perkataan seperti "jangan berlebihan, lupakan saja." Selain tidak membantu, perkataan tersebut juga akan menyakiti hatinya. 

Bahkan akan membuatnya berpikir bahwa kamu tidak mau diganggu dengan masalah yang sedang dihadapinya tersebut. Dia juga akan merasa bahwa tidak ada dukungan dan empati dari orang terdekatnya. Jika kamu sebagai pasangannya saja tidak bisa menghargainya, maka itu akan membuatnya merasa tidak dicintai dan menimbulkan rasa cemas. 

3. "Kamu lupa, dulu kamu itu..."

6 Ucapan yang anti Dikatakan untuk Jaga Perasaan Pasanganilustrasi menyakiti pasangan (pexels.com/Timur Weber)

Saat pasanganmu melakukan kesalahan, alangkah lebih baik jika kamu memaafkan dan memintanya untuk tidak mengulanginya kembali. Jangan malah memberikan perkataan yang bisa mengingatkannya akan pengalaman di masa lalunya tersebut. Selain tidak bijak, hal itu juga bisa memberikan dampak negatif dan berbahaya bagi pasanganmu. 

Apalagi jika pengalaman masa lalunya adalah hal-hal yang buruk, maka hal tersebut akan membuatnya trauma saat mengingat kembali kejadian masa lalu akibat perkataanmu padanya. Ingatlah untuk jangan pernah membagi atau mengingatkan pasanganmu pada hal-hal yang bisa membuatnya rapuh. Hindari hal-hal yang bisa membuatnya mengingat masa lalu yang justru ingin dia lupakan.

4. "Kamu ini selalu saja seperti itu, kamu tidak pernah..."

6 Ucapan yang anti Dikatakan untuk Jaga Perasaan Pasanganilustrasi menyakiti pasangan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Jika pasanganmu melakukan kebiasaan yang kurang baik dan tidak kamu sukai, maka kamu perlu perlahan-perlahan membantunya untuk bisa menghilangkan kebiasaannya tersebut. Karena yang namanya kebiasaan tentu tidak mudah untuk langsung bisa dihilangkan begitu saja. Kemudian jangan pernah  mengeluarkan perkataan, "kamu ini selalu saja seperti itu, kamu tidak pernah..."

Perkataan tersebut jika sering kamu lakukan kepada pasangan, maka sama saja kamu sedang meremehkan pasanganmu seolah yang dia lakukan selama ini tidak pernah benar di matamu.

Perkataan tersebut juga memberikan kritikan yang berlebihan dan menuduhnya akibat kebiasaannya yang sulit berubah. Kamu secara tidak langsung menyerang karakter dirinya, padahal kamu tidak tahu bahwa bisa saja kebiasaannya itu terjadi karena ada pengalaman yang melatarbelakanginya. 

Baca Juga: 5 Tips Bahas Perbedaan Pendapat dengan Pasangan Tanpa Bertengkar

5. "Sebaiknya kita berpisah saja"

6 Ucapan yang anti Dikatakan untuk Jaga Perasaan Pasanganilustrasi menyakiti pasangan (pexels.com/Timur Weber)

Saat emosi datang terkadang semua orang bisa saja melakukan kesalahan dengan mengambil keputusan yang tiba-tiba. Bahkan tanpa disadari bisa membuat pasangan merasa terluka saat mendengar perkataan seperti, "sebaiknya kita berpisah saja." Perkataan tersebut seolah kamu mengancam pasanganmu, padahal mungkin masih ada solusi lain dari permasalahan yang ada tanpa harus mengucapkan kata pisah padanya. 

Apalagi jika kamu sering melakukannya saat bertengkar atau ada masalah yang terjadi di antara kalian. Sekalipun kamu tidak bersungguh-sungguh dan tidak serius mengatakannya, namun perkataan tersebut sudah pasti melukai hatinya, karena semudah itu kamu mengucap kata pisah saat ada masalah yang sebenarnya bisa diselesaikan secara baik-baik. Seolah semudah itu pula kamu bisa meninggalkannya dan melupakan apa saja yang telah dia lakukan serta perjuangan untukmu di dalam hubungan kalian. 

6. "Kamu seharusnya menjadi..."

6 Ucapan yang anti Dikatakan untuk Jaga Perasaan Pasanganilustrasi menyakiti pasangan (pexels.com/MART PRODUCTION)

Jangan mengeluarkan perkataan yang bisa menjatuhkan harga diri pasanganmu, misalnya, "kamu seharusnya menjadi..." Itu sama saja kamu hendak mengatakan bahwa posisi dan keberadaannya saat ini tidak cukup baik di matamu. Belum lagi perkataan tersebut secara tidak langsung kamu ingin mengontrolnya dengan mengubahnya menjadi seperti yang kamu mau. Itu seperti kamu tidak bisa menerima diri pasanganmu apa adanya.

Bagai memiliki ekspektasi tertentu, kamu ingin pasanganmu bisa melakukannya. Semakin tinggi ekpektasimu terhadap pasangan, maka akan semakin tidak bahagia kamu menjalani hubungan bersama dengannya.

Kebahagiaan akan terjadi saat ekspektasi yang kamu miliki tidak lebih tinggi dibandingkan realita, maka sebaliknya jika semakin tinggi ekpektasimu namun realitanya tidak sesuai dan bahkan berada di bawahnya, maka akan membuatmu tidak puas dan akhirnya merasa tidak bahagia karena tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. 

Hubungan dapat berjalan harmonis dan langgeng tentunya harus di dukung dengan sikap dan perkataan yang menghargai pasangan. Jangan sampai kamu membuat pasanganmu terluka akibat perkataanmu terhadapnya. Jadi, hindari enam perkataan di atas agar kamu bisa menjaga perasaannya dengan baik dan benar sebagai pasangannya. 

Baca Juga: 5 Cara Bertengkar dengan Pasangan Secara Sehat, Catat Bro! 

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya