Comscore Tracker

7 Tips Merawat Kuku Kaki Agar Terlihat Cantik dan Tetap Sehat

Kuku kaki juga perlu perhatian lho girls!

Bagian tubuh yang paling kurang mendapat perhatian adalah bagian kaki. Hal itu dikarenakan bagian kaki ini dianggap tertutup sehingga kurang diperhatikan. Padahal bagian kaki juga perlu diperhatikan kesehatan serta kecantikannya. Berikut ini tips merawat kuku kaki agar tetap terjaga kebersihan, kecantikan dan kesehatannya.

1. Rajin memotong kuku yang panjang

7 Tips Merawat Kuku Kaki Agar Terlihat Cantik dan Tetap SehatPexels.com / Buenosia Carol

Memperhatikan kuku kaki yang sudah panjang sangat perlu diperhatikan. Hal itu dikarenakan kuku yang panjang pada kaki dapat mengganggu dan berpotensi patah serta melukai jari kaki kita sendiri. Jadi harus rajin dipotong ya!

2. Gunakan pelembab pada kuku

7 Tips Merawat Kuku Kaki Agar Terlihat Cantik dan Tetap SehatPixabay.com / Stux

Ternyata bukan hanya kulit saja yang membutuhkan pelembab, namun kuku juga membutuhkan pelembab. Mengapa? Karena pelembab dapat memperbaiki tekstur kuku yang rapuh dan menjaga elastisitas kuku itu sendiri. Gunakan pelembab kuku yang disebut cuticle cream atau oil. Namun jika tidak memilikinya, kamu dapat menggunakan body butter atau body lotion. Gunakan pelembab kuku ini rutin di malam hari sebelum tidur.

3. Rutin lakukan foot bath

7 Tips Merawat Kuku Kaki Agar Terlihat Cantik dan Tetap SehatPixabay.com / Nosheep

Merendam kaki dengan air hangat, garam dan perasan lemon juga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan kuku kaki. Selagi merendamnya, kamu juga bisa menggosok perlahan kuku - kukumu dengan sikat khusus kuku. Kamu perlu melakukannya rutin satu minggu atau dua minggu sekali agar kukumu terhindar dari bakteri atau jamur yang dapat membuat kukumu busuk atau menghitam.

Baca Juga: Lebih Ramah dari Alkohol, 5 Manfaat Witch Hazel dalam Produk Skincare

4. Foot spa di salon atau di rumah

7 Tips Merawat Kuku Kaki Agar Terlihat Cantik dan Tetap SehatPexels.com / Pixabay

Lakukan foot spa di salon atau tempat spa untuk menjaga kesehatan kakimu serta meremajakan kuku - kuku kakimu. Selain ke salon, kamu juga bisa melakukannya di rumah, girls! Kamu cuma perlu bahan - bahan berikut ini :

  1. Air panas dalam baskom atau ember kecil
  2. Air perasan 1 buah lemon
  3. Minyak zaitun beberapa tetes
  4. Garam secukupnya
  5. Handuk

Kamu hanya perlu mencampurkan minyak zaitun, air perasan lemon serta garam kedalam air panas tadi dan aduk sampai rata. Kemudian masukan handuk ke dalam cairan tadi dan gunakan handuk itu untuk membungkus kaki selama 20 menit. Kemudian pijat lembut kaki mu untuk memperlancar peredaran darah di sekitar kaki agar pertumbuhan kukumu baik.

5. Pilih alas kaki yang sesuai

7 Tips Merawat Kuku Kaki Agar Terlihat Cantik dan Tetap SehatPexels.com / Pixabay

Pilihlah alas kaki seperti sepatu, sandal serta kaos kaki yang sesuai. Yang perlu kamu perhatikan adalah ukuran dari alas kakimu. Jangan gunakan alas kaki yang terlalu kecil karena dapat membuat kuku bertumbuh ke dalam, menghitam, menebal bahkan bisa membusuk.

6. Hati - hati memilih cat kuku dan nail polish remover

7 Tips Merawat Kuku Kaki Agar Terlihat Cantik dan Tetap Sehatpexels.com / Moose Photos

Selain menjaga kesehatan kuku kaki tadi, kamu juga perlu mempercantik kuku kaki mu dengan cat kuku agar terlihat menarik dan indah. Namun yang perlu kamu perhatikan adalah bahan - bahan dari cat kuku yang kamu gunakan. Kamu bisa memilih cat kuku dengan label organic nail polish yang tentunya terhindar dari bahan - bahan kimia berbahaya. Begitupun memilih remover nya, pembersih cat kuku juga harus yang berbahan dasar alami karena dapat menjaga enamel kuku sehingga tidak terkikis.

7. Perhatikan kebutuhan protein keratin untuk kuku

7 Tips Merawat Kuku Kaki Agar Terlihat Cantik dan Tetap Sehatpexels.com / Angele J

Selain itu, agar kuku tetap terjaga kesehatannya dan kecantikannya kamu perlu memperhatikan kebutuhan protein bagi kuku kakimu. Kuku sendiri terbentuk dari protein yang disebut keratin seperti halnya rambut. Kamu dapat mengkonsumsi buah - buahan, sayur, kacang - kacangan serta seafood untuk menjaga keseimbangan protein keratin yang diproduksi tubuhmu.

Itu dia girls, cara merawat kuku kaki agar tetap sehat dan indah. Jika kuku kakimu sudah sehat, bersih dan cantik pasti kamu tidak akan malu - malu lagi untuk memperlihatkan bagian kakimu dan menambah kepercayaan diri. Juga, kamu bisa menggunakan alas kaki yang sedikit terbuka untuk memperlihatkan kuku - kuku mu yang sehat terawat.

Selamat mencoba ya, girls!

Baca Juga: Yuk Mengenal Hyaluronic Acid, Ratunya Kandungan Skincare

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You