Anies: AMIN Tak Berencana Menang 1 Putaran di Pilpres 2024

Anies singgung pengalamannya di Pilgub DKI

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan menegaskan pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) memang tidak berencana untuk menang satu putaran pada pemilihan presiden (pilpres) 2024 nanti.

"Saya memang nggak berencana menang satu putaran, kami selalu berencana untuk dua putaran dan insyallah kita masuk putaran kedua," kata Anies dalam dialog 'Desak Anies Volume 6' di Jalan Sebesi, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung, Lampung, dikutip Jumat (7/12/2023).

Baca Juga: Tim Anies Kritik Hilirisasi Nikel, TKN Prabowo Ungkap Warisan SBY

1. Anies akui sudah punya pengalaman di Jakarta

Anies: AMIN Tak Berencana Menang 1 Putaran di Pilpres 2024Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menegaskan para koruptor harus dimiskinkan. (IDN Times/Amir Faisol)

Anies juga mengaku telah meliki pengalaman saat bertarung pada kontestasi politik di Pilkada DKI Jakarta 2017 silam. Ia mengatakan, banyak pilkada di daerah lain selalu selesai dalam satu putaran. Namun berbeda dengan Jakarta.

Oleh karena itu, Anies mengaku selama ini selalu memasang mindset untuk masuk ke dua putaran pada pemilu 2024 nanti. "Karena kami sudah punya pengalaman, kalau banyak orang lain pilkada itu satu putaran, hanya Jakarta yang dua putaran," kata dia.

2. Sindir pasangan AMIN yang selalu ada di urutan tiga pada survei capres-cawapres

Anies: AMIN Tak Berencana Menang 1 Putaran di Pilpres 2024Calon Presiden Anies Baswedan (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Pada kesempatan itu, Anies juga menyindir terkait survei pasangan Anies-Muhaimin yang selalu buncit. Dia mengatakan tidak pernah ada lembaga survei yang menempatkan AMIN selain di posisi ketiga.

"Coba acung yang pernah disurvei. Kami selalu disurvei nomor 3 dan dulu di Jakarta juga begitu, terus disurvei nomor 3, eh pas pilkada nomor 2, abis itu nomor 1. Insyallah menang," kata dia.

Baca Juga: Timnas AMIN Sebut Nikel Kebanggaan Jokowi Terancam Gak Laku Lagi

3. Cak Imin senang survei AMIN paling buncit

Anies: AMIN Tak Berencana Menang 1 Putaran di Pilpres 2024Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menghadiri peluncuran 1 Jubir Desa AMIN. (Dok. AMIN)

Sebelumnya, Cawapres Nomor Urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin justru senang terkait hasil survei pasangan AMIN yang selalu nangkring di posisi ketiga.

Sikap itu disampaikan Cak Imin saat hadir dalam acara Indonesia Milenial and Gen Z Summit (IMGS) yang digelar IDN Times, di Jakarta, Minggu (26/11/2023) lalu.

Cak Imin lantas meminta kepada para surveyor untuk meletakkan pasangan AMIN di posisi ketiga sampai kedua paslon lainnya lengah.

"Tolong lembaga survei letakkan kita di nomor tiga terus supaya Pak Prabowo dan Ganjar lengah. Makanya saya terima kasih ke LSI Denny JA," ujar dia.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengaku dirinya saat ini merupakan underdog di peta politik Indonesia pada pemilu 2024. Menurut dia ada keuntungannya sendiri menjadi pasangan calon yang berada di posisi underdog.

"Enaknya jadi underdog tidak ada beban. Tahu-tahu menang," ujar dia.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Jubir Timnas AMIN: Anies Tak Pernah Bagi-Bagi Jabatan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya