Anies Sentil Megaproyek IKN: Manfaatnya Terbatas

Kawasan IKN butuh infrastruktur penunjang

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengkritik megaproyek pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo terkait Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurut dia, kebermanfaatan IKN sangat terbatas hanya untuk kawasan itu saja.

Sementara menurut dia, hal paling mendasar yang dibutuhkan oleh masyarakat di sekitar kawasan IKN itu adalah infrastruktur penunjang.

Hal tersebut disampaikan Anies Baswedan saat hadir dalam dialog di Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Jakarta, Jumat (1/12/2023).

"Terkait soal IKN manfaatnya itu sangat terbatas pada kawasan itu. Sebetulnya yang sangat mendasar bagi masyarakat di sana adalah infrastruktur penunjang IKN. Apa itu? Jalan tol, kereta api, bandara itu semua yang menunjang. Karena infrastruktur akan dirasakan semuanya dan itu menjadi penting," kata dia.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu juga menilai yang dibutuhkan bagi Kalimantan adalah jaringan antarkota yang lebih baik. Menurut Anies pemindahan ibu kota ke Kalimantan itu manfaatnya belum tentu dirasakan oleh daerah lain.

"Lampung belum tentu merasakan yang lebih besar dari pembangunan Ibu Kota," ujar dia.

Lebih lanjut, Anies juga mengatakan, tantangan pembangunan yang dihadapi pemerintah dengan alokasi sumber daya fiskal yang terbatas.

Anies lantas mempertanyakan, dengan keberadaan fiskal yang terbatas ini, penggunaannya akan diprioritaskan untuk apa oleh pemerintah. Apakah digunakan untuk membangun satu tempat atau dialokasikan untuk pembangunan yang lebih mendesak.

"Pertanyaannya? Sumber daya fiskal yang terbatas ini mau dimanfaatkan untuk apa? Untuk membangun satu tempat atau untuk membangun hal urgen lainnya?" kata dia.

Baca Juga: Data Pemilih Bocor, Anies: Tanda Kepercayaan Publik ke Pemerintah Turun

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya