Giring: PSI Deklarasi Capres Tak Dianggap, Tapi Didatangi Orang Besar

Giring sebut PSI akan jadi trend center

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha mengatakan, partainya sempat tidak dianggap ketika memutuskan mendeklarasikan capres pilihan mereka pada Pilpres 2024 yang akan datang.

Pada Oktober 2022 lalu, PSI sempat mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres. Namun, PDIP malah memberi respons negatif.

Awalnya, Giring menegaskan PSI tidak boleh menjadi partai yang sekadar mengikuti tren partai politik lain. Menurut dia, PSI harus berbeda dengan partai lain.

"Kita harus jadi trend center. Kita harus beda. Idealisme kita harus kita jaga. Integritas kita harus kita tetap jaga, Bro and Sis," ujar Giring, dalam sambutannya, di Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Senayan, Jakarta, Selasa (22/8/2023).

1. PSI tak pernah dianggap, mulai BTS hingga deklarasi capres

Giring: PSI Deklarasi Capres Tak Dianggap, Tapi Didatangi Orang BesarKetua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha. (IDN Times/Amir Faisol)

Menurut Giring, PSI sering tidak dianggap ketika bersuara. Mulai dari isu-isu megakorupsi Menara BTS.

Suara PSI juga tidak dianggap ketika mendesak supaya UU Perampasan Aset didesak segera disahkan. Bahkan, kata dia, di dalam politik, deklarasi capres dari PSI juga tidak dianggap.

"Kita berkoar-koar mengawal kasus megakorupsi Rp10 triliun BTS, enggak dianggap. Kita bersuara keras RUU Perampasan Aset harus segera disahkan, enggak dianggap. Kita ngomong keras-keras enggak dianggap. Kita deklarasi, enggak dianggap juga," tuturnya.

Baca Juga: Disebut Akan Jadi Ketum PSI Gantikan Giring, Begini Jawaban Budi Arie

2. Sebut satu Indonesia heboh saat Prabowo datang ke DPP PSI

Giring: PSI Deklarasi Capres Tak Dianggap, Tapi Didatangi Orang BesarKetua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyambangi kantor DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Rabu (2/8/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Namun, kata dia, ketika Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendatangi kantor DPP PSI, satu Indonesia menjadi heboh.

"Tiba-tiba DPP, rumah besar kita, didatangi oleh orang besar, satu Indonesia heboh semua, Bro and Sis," kata Giring.

3. Giring puji kader PSI karena terlalu keras mengawal kasus

Giring: PSI Deklarasi Capres Tak Dianggap, Tapi Didatangi Orang BesarKetua Umum PSI Giring Ganesha (tengah) bersama Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie (kiri) di DPP PSI, Rabu (5/4/2023). (IDN Times/Melani Putri)

Giring pun memuji para caleg dari PSI yang tetap berjuang, meski mereka dipersulit untuk mendapat tiket ke Pemilu 2024.

"Tepuk tangan untuk pejuang verifikasi. Kalian adalah saksi mata, saksi telinga, saksi rasa bagaimana kita dipersulit untuk dapat tiket Pemilu 2024. Jadi salute untuk kalian semua. Mungkin kita dipersulit karena terlalu keras mengawal kasus, benar kali ya?" kata dia.

Baca Juga: Soal Cawapres, Yenny Wahid Tunggu Petunjuk Gus Dur

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya