Dipimpin Wali Kota, ASN Depok Salat Istisqa Minta Hujan 

Salat Istisqa dilaksanakan serentak di tiap kecamatan

Depok, IDN Times - Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Depok melaksanakan salat Istisqa di lapangan Balai Kota Depok, Jawa Barat. Pelaksanaan salat tersebut sebagai bentuk ikhtiar Pemerintah Kota Depok menghadapi musim kemarau yang menyebabkan kekeringan.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, salat Istisqa merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Depok meminta keridhaan Allah SWT untuk menurunkan hujan di Kota Depok. 

"Ini salat minimalis, banyak ritual lainnya yang harus dilakukan, misalnya seharusnya puasa tiga hari sebelum salat, kalau mau dilanjut empat hari setelah salat Istisqa," ujar Idris, Rabu (4/3/2023).

Baca Juga: Gelar Salat Istisqo, Gubernur Sumsel: Karhutla Ini adalah Ujian

1. Diingatkan untuk bersyukur atas nikmat Tuhan kepada manusia

Dipimpin Wali Kota, ASN Depok Salat Istisqa Minta Hujan ASN Pemerintah Kota Depok melaksanakan salat Istisqo di lapangan Balai Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Saat pelaksanaan salat Istisqa, tidak sedikit ASN Kota Depok yang menangis. Ayat-ayat Al-Qur'an yang dibacakan pada salat Istisqa mengingatkan pentingnya rasa syukur akan nikmat Tuhan yang telah diberikan kepada manusia.

"Ayat Al-Qur'an tadi yang saya baca itu, bahwa air yang selama ini kita minum, kita rasakan pas mandi itu, baru dirasakan nikmat ini ketika kekurangan air," tutur Idris.

2. Pelaksanaan salat Istisqa akan dilanjutkan di tiap kelurahan

Dipimpin Wali Kota, ASN Depok Salat Istisqa Minta Hujan Sejumlah ASN Pemerintah Kota Depok memanjatkan doa pada pelaksanaan salat Istisqo di lapangan Balai Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Pemerintah Kota Depok melaksanakan salat Istisqa secara serentak di tiap 11 kecamatan. Nantinya, pelaksanaan salat tersebut akan dilanjutkan kembali di tiap kelurahan di Kota Depok.

"Iya ini serentak, saya instruksikan semua kecamatan melaksanakan, bahkan setiap kelurahan yakni di Kecamatan Beji," jelas Idris.

3. Kemarau panjang sebabkan wilayah Depok kekeringan

Dipimpin Wali Kota, ASN Depok Salat Istisqa Minta Hujan ASN Pemerintah Kota Depok melaksanakan salat Istisqo di lapangan Balai Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sebelumnya, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, musim kemarau yang terjadi di wilayah Indonesia, khususnya di Kota Depok, menyebabkan kekeringan hingga masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih dan menurunnya kualitas udara. Karena itu, dia mengimbau warga untuk menggelar salat Istisqa di wilayahnya masing-masing.

“Pemerintah Kota Depok mengimbau kepada para camat, lurah, dan Ketua Umum MUI Kota Depok untuk melaksanakan salat Istisqa,” ujar Idris, Selasa (3/1/2023) lalu.

Idris menuturkan, pelaksanaan salat Istisqa dapat melibatkan partisipasi seluruh masyarakat, dan sebaiknya dilaksanakan di area terbuka.

“Diupayakan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Kota Depok,” tutur dia.

Baca Juga: Kemarau Panjang, Warga Majalengka Gelar Salat Istisqa 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya