Ngebakso di Depok, Gibran Janji Dorong Pengusaha Muda Perluas Usaha

Gribran datangi resto bakso di Depok

Depok, IDN Times - Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menyambangi resto bakso Bara di Jalan Komjen Pol Yasin, Kota Depok. Dalam kesempatan ini, Gibran berjanji akan mendorong pengelola Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk berkembang hingga ke luar negeri.

Gibran ditemani sejumlah pengelola resto bakso tersebut, sambil sesekali berbincang soal usaha kuliner kesukaan segala usia ini.

"Tadi kan kita makan, kita akan dorong terus jiwa anak-anak muda yang memiliki jiwa entrepreneur," ujar Gibran saat ditemui IDN Times usai makan siang, Senin (11/12/2023).

Gibran menilai, pengusaha muda dapat berpeluang memperluas jaringan usahanya hingga ke sejumlah wilayah Indonesia. Bahkan, dia mendengarkan sejumlah keinginan pengelola gerai untuk memperluas jaringan usaha.

"Seperti ini, apalagi dia sudah pengen banget membuka di luar negeri," ucap Wali Kota Solo itu.

Untuk mengembangkan usaha, pengusaha muda bisa membuka jaringan usaha berkolaborasi dengan pemerintah. Nantinya, pemerintah dapat mendorong untuk memudahkan pengusaha muda dengan mempermudah izin usaha.

"Nanti peran pemerintah di situ harus yang memberikan dorongan, misalnya bantu cari perizinan atau pun untuk mempermudah perizinan," jelas Gibran.

Gibran mengungkapkan, selain memberikan kemudahan perizinan, pemerintah dapat memberikan stimulan kepada pengusaha muda yang ingin mengembangkan usahanya. Hal itu telah dilakukan pemerintah di beberapa negara tetangga.

"Memberikan stimulan itu sudah dilakukan Thailand, yaitu kan banyak juga ya kayak minggu lalu kita ke tempatnya Raffi Ahmad, dia kan juga pengen buka di luar negeri," ujar Gibran yang juga pengusaha muda itu.

Gibran menyimpulkan, pengusaha muda ingin membuka pasar seluasnya di  Indonesia. Dia menilai, kuliner Indonesia dinilai luar biasa, salah satunya dari segi rasa maupun kualitas makanan.

"Kuliner Indonesia ini luar biasa luasnya, seperti bakso, ayam penyet kita gak pengenlah diklaim oleh negara lain," tegas dia.

Gibran mengaku kerap berdiskusi tentang masalah kuliner, startup, hingga UMKM yang belum pack label. Dia berencana mendorong pelaku usaha, baik kuliner, startup, hingga UMKM memiliki pack label seperti yang telah dilakukannya di Solo, Jawa Tengah.

"Kita pengen UMKM yang belum pakai pack label, kita buat pakai pack label, itu sudah kita lakukan di Solo," tutup Gibran.

Diketahui, KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres Pilpres 2024 pada Senin, 13 November 2023. KPU juga sudah mengundi nomor urut capres-cawapres pada Selasa 14 November 2023.

Hasilnya, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sedangkan, 11-13 Februari 2024 memasuki masa tenang, dan 14 Februari 2024 hari pencoblosan atau pemungutan suara yang bertepatan dengan Hari Valentin.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/AiPZbmRY-Yg

Baca Juga: Persiapan Debat Besok di Jakarta, Gibran Ambil Cuti Dua Hari

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya