Orang Tua Siswa SDN Pondok Cina 1 Datangi DPRD Kota Depok

Pertanyakan kejelasan relokasi SDN Pondok Cina 1

Depok, IDN Times - Orang tua siswa SDN Pondok Cina 1 mendatangi gedung DPRD Kota Depok di kawasan GDC, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. Puluhan orang tua siswa mengadukan nasib kejelasan SDN Pondok Cina 1 yang akan direlokasi Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pendidikan. 

Salah satu orang tua siswa, Anita, mengatakan kedatangannya ke gedung DPRD Kota Depok, menindaklanjuti kejelasan relokasi SDN Pondok Cina 1. Rencananya sekolah yang berada di Jalan Raya Margonda itu akan direlokasi karena lahannya akan dijadikan Masjid Agung.

"Kemarin anggota dewan mendatangi kami ke sekolah, sekarang kami mendatangi gedung DPRD Kota Depok," ujar Anita kepada IDN Times, Jumat (11/11/2022).

Baca Juga: Orangtua Siswa Pertanyakan Lokasi Relokasi SDN Pondok Cina 1

1. Pemberitahuan relokasi dinilai tidak terbuka

Orang Tua Siswa SDN Pondok Cina 1 Datangi DPRD Kota DepokSejumlah orang tua siswa mendatangi gedung DPRD Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Anita menuturkan, banyak orang tua siswa yang tidak mengetahui rencana relokasi SDN Pondok Cina 1 yang dilakukan Dinas Pendidikan Kota Depok. Dinas tersebut tidak memberikan informasi secara terbuka kepada seluruh orang tua siswa. 

"Kami tidak diberitahukan soal relokasi, kami tidak menentang pembangunan masjid, tapi yang kami minta keterbukaan Dinas Pendidikan," tutur dia.

Dinas Pendidikan Kota Depok akan merelokasi SDN Pondok Cina 1 dan digabungkan ke SDN Pondok Cina 3 dan SDN Pondok Cina 5. Namun, rencana relokasi tersebut dinilai minim informasi, sehingga banyak orang tua siswa tidak ada yang mengetahui.

"Guru bilang sekolah sudah belajar online karena akan di relokasi, tapi sampai kemarin masih ada siswa yang datang ke sekolah, ini jelas Dinas Pendidikan Kota Depok tidak terbuka," ujar Santi.

2. Diminta membangun sekolah baru sebelum relokasi

Orang Tua Siswa SDN Pondok Cina 1 Datangi DPRD Kota DepokSejumlah orang tua siswa mendatangi gedung DPRD Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Anita mengungkapkan, menyayangkan sikap Dinas Pendidikan Kota Depok seakan tidak mau menemui orang tua siswa yang sekolahnya akan direlokasi. Bahkan, informasi relokasi hanya disampaikan kepada pihak sekolah, dan disampaikan kembali ke orang tua siswa tidak secara menyeluruh.

"Ini menjadi pertanyaan kami, sehingga kami mengadukan nasib anak kami yang bersekolah ke anggota DPRD Kota Depok," ucap dia.

Anita menambahkan, apabila Pemerintah Kota Depok akan merelokasi SDN Pondok Cina 1, diharapkan Dinas Pendidikan membangun terlebih dahulu sekolah yang baru. 

"Ini gedung baru tidak ada, tetapi sudah mau relokasi sekolah," ujar dia.

Baca Juga: Fakta-Fakta Pembangunan Trotoar SDN Pondok Cina Depok Yang Viral

3. Disdik sebut rencana relokasi sudah disampaikan ke kepala sekolah

Orang Tua Siswa SDN Pondok Cina 1 Datangi DPRD Kota DepokSpanduk penolakan orang tua siswa terkait pembangunan Masjid Agung menggunakan lahan SDN Pondok Cina 1, Kecamatan Beji, Kota Depok. IDNTimes/Dicky)

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Wijayanto, mengatakan rencana relokasi SDN Pocin 1 telah disampaikan kepada orang tua siswa melalui kepala sekolah. Dinas Pendidikan sudah melayangkan surat pemberitahuan kepada orang tua siswa.

"Sejak 3 November sudah kita kasih suratnya melalui kepala sekolah," ujar dia.

Relokasi SDN Pocin 1 secara bertahap telah dilakukan ke SDN Pocin 3 dan SDN Pocin 5. Saat ini, siswa SDN Pocin 1 melakukan belajar dari rumah (BDR), dan pada 14 November mendatang, baru melakukan pembelajaran tatap muka di dua sekolah relokasi tersebut.

"Kita lakukan BDR, setelah itu kita pindahkan, sebelum BDR kursi sebagian kita pindahkan," kata Wijayanto. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya