PDI Perjuangan Kota Depok Wacanakan Duet Kaesang dan Sekda Depok

Kaesang dengan Sekda Kota Depok dianggap pantas

Depok, IDN Times - Suhu politik di Kota Depok menuju Pilkada Kota Depok mulai menghangat, terlebih setelah mencuat nama putra Presiden Indonesia, Joko Widodo, yakni Kaesang Pangarep didorong maju pada Pilkada Kota Depok 2024.

Terkini, Kaesang Pangarep dianggap layak bersanding dengan Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri apabila mencalonkan diri pada Pilkada Kota Depok.

Menanggapi wacana duet Kaesang dengan Supian Suri, Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan (PDIP) Kota Depok, Hendrik Tangke Allo, mengatakan, akan menunggu keputusan ketua umum melalui DPP PDIP. Pasalnya, DPC PDIP Kota Depok belum melakukan penjaringan atau wacana apapun soal Pilkada Kota Depok.

"Kita masih fokus mikirin persoalan rakyat Depok dan tahapan pemilihan legislatif," ujar Hendrik saat dihubungi IDN Times, Rabu (12/4/2023).

Baca Juga: Kaesang Diusung Jadi Calon Wali Kota Depok, Begini Respons PDIP Depok

1. PDIP pasangkan Supian Suri jika Kaesang maju pada Pilkada Kota Depok

PDI Perjuangan Kota Depok Wacanakan Duet Kaesang dan Sekda DepokKetua DPC PDI Perjuangan Kota Depok, Hendrik Tangke Allo (baju putih) usai mengikuti rapat fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Hendrik menuturkan, apabila Kaesang ingin maju pada Pilkada Kota Depok, maka merupakan hal yang baik untuk Kota Depok. Pasangan yang dinilai cocok dengan  adalah Kaesang yakni Supian Suri yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok.

"Nanti disandingkan dengan Pak Supian Suri, bagus itu," tutur Hendrik.

Kedua dianggap pantas dan saling melengkapi apabila maju sebagai Wali dan Wakil Wali Kota Depok. Supian Suri merupakan putra daerah dan tokoh Kota Depok memiliki kelebihan yang akan dilengkapi oleh Kaesang.

"Mereka sama-sama muda dan energik," terang Hendrik. 

Baca Juga: Spanduk Dukungan Kaesang Maju Pilkada Mulai Warnai Jalanan Kota Depok

2. Kaesang dengan Supian Suri dua sosok jiwa muda menjawab tantangan

PDI Perjuangan Kota Depok Wacanakan Duet Kaesang dan Sekda DepokSekda Kota Depok, Supian Suri saat ditemui di Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Hendrik mengungkapkan, sosok Supian Suri memiliki kharisma dan memahami seluk beluk birokrasi di Kota Depok. Begitupun dengan Kaesang sebagai anak muda, mampu menghadapi tantangan.

"Pak Supian Suri ini paham seluk beluk birokrat dan Kaesang dengan jiwa muda yang penuh tantangan," ungkap Hendrik.

Apabila keduanya maju, kata dia, maka kemungkinan Kaesang akan menjadi Calon Wali Kota sedangkan Supian Suri menjadi Calon Wakil Wali Kota Depok, tetapi bisa juga sebaliknya.

"Supian Suri-Kaesang atau Kaesang-Supian Suri, kita tunggu saja waktu yang akan menjawab, PDI Perjuangan Kota Depok tetap menunggu arahan dari DPP Partai," tutup Hendrik.

Baca Juga: Imam Siap Maju Pilkada Depok Lawan Kaesang jika PKS Restui

3. Wakil Wali Kota Depok mengaku siap maju jika diberikan amanah partai

PDI Perjuangan Kota Depok Wacanakan Duet Kaesang dan Sekda DepokWakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono. (IDNTimes/Dicky)

Diberitakan, Ketua DPD PKS Kota Depok, Imam Budi Hartono, mengatakan, PKS Kota Depok sedang fokus untuk menghadapi Pemilu 2024. DPD PKS sedang bersiap memenangkan pemilu sehingga dibutuhkan persiapan matang.

"Kami di DPD Kota Depok sedang fokus untuk pemilu, bukan buat pilkada," ujar Imam yang juga menjabat Wakil Wali Kota Depok kepada IDN Times, Selasa (11/4/2023).  

Disinggung namanya masuk bursa pencalonan dari kader internal PKS untuk maju Pilkada Kota Depok, Imam mengaku siap mengikuti arahan partai. Namun apapun keputusan DPP PKS tentang Pilkada Kota Depok, pihaknya akan mengikuti arahan pusat.

"Tapi kalau partai memberikan sebuah amanah untuk bisa dicalonkan, ya, sebagai kader kita harus siap," terang dia.

Namun apabila dicalonkan maju pada Pilkada Kota Depok dan harus berhadapan dengan Kaesang Pangarep, Imam enggan memberikan tanggapan. Dia menyebut, siapapun dapat mencalonkan diri maju sebagai calon Wali Kota Depok.

"Kita fokus di kita, gak fokus ke pada orang lain, siapapun boleh mencalonkan tapi PKS sedang fokus untuk memenangkan pemilu, kita fokus internal kita, kalau orang lain terserah," ucap Imam.   

 


Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times.

Baca Juga: Hadapi Kaesang, PKS Siapkan Kader untuk Pilkada Depok

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya