Video Kaesang soal Maju Wali Kota Depok Viral, PDIP Depok: Itu Sinyal

Kaesang diharapkan mendengar permintaan warga Depok

Depok, IDN Times - Salah satu video Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang viral terkait isunya maju untuk Pilkada Kota Depok 2024 viral di media sosial.

Video tersebut diunggah publik figur, Jarwo Kwat di Instagram dengan isi video yang sempat menyinggung soal kursi orang nomor 1 di Depok. Di video itu, dia tampak menghampiri Kaesang yang tengah duduk sambil membaca tulisan di secarik kertas sambil menyeletuk soal isu itu. 

"Depok satu, mantap!" kata Jarwo.

Atas celetukan itu, Kaesang sempat terkejut sembari menahan tawa. Ia membalas celetukan Jarwo Kwat tersebut.

"Wah, Depok satu, untuk Margonda lebih baik!" balas Kaesang yang disambut tawa.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kota Depok, Hendrik Tangke Allo, menilai pernyataan Kaesang itu merupakan sebuah sinyal bahwa anak Kaesang siap maju pada Pilkada Kota Depok 2024. 

"Kalau saya sih melihat ini sebuah sinyal, memang Mas Kaesang ini mempunyai keinginan untuk datang ke Depok dan membenahi Depok," ujar Hendrik saat ditemui IDN Times, Kamis (20/4/2023).

Baca Juga: PDIP Depok Sebut Kedatangan Jokowi Sinyal Kaesang Maju Wali Kota

1. Keputusan DPP Pusat tidak akan salah apabila menunjuk Kaesang

Video Kaesang soal Maju Wali Kota Depok Viral, PDIP Depok: Itu SinyalKetua DPC PDI Perjuangan Kota Depok, Hendrik Tangke Allo saat ditemui IDNTimes. (IDNTimes/Dicky)

Hendrik menuturkan, sikap DPC PDIP Kota Depok untuk Pilkada Kota Depok menunggu restu dan penunjukan dari DPP PDIP. Apabila Kaesang memang benar akan diusung untuk maju, kata dia, maka hal itu merupakan sebuah keputusan yang telah dipertimbangkan.

"Saya yakin keputusan partai tidak akan salah, tentunya Bu Mega sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan mempunyai pertimbangan kalau memang Mas Kaesang mau turun ke Depok," tutur Hendrik. 

Hendrik mengakui, ramainya dorongan masyarakat meminta Kaesang untuk maju Pilkada Kota Depok secara resmi belum dibicarakan dengan DPP Pusat. Namun dengan pemberitaan Kaesang didorong untuk Pilkada Kota Depok secara tidak langsung sudah sampai dan didengar DPP Pusat.

"Pasti sudah sampai ke sana secara informal, tidak secara resmi. Kalau secara resmi pasti saya sebagai ketua DPC Kota Depok akan diperintahkan untuk melakukan analisis dan sampai hari ini belum ada," terang Hendrik.

Baca Juga: Kaesang Diusung Jadi Calon Wali Kota Depok, Begini Respons PDIP Depok

2. DPC PDIP Kota Depok lakukan penjaringan, Kaesang bisa diusulkan

Video Kaesang soal Maju Wali Kota Depok Viral, PDIP Depok: Itu SinyalPengurus DPC PDI Perjuangan Kota Depok di ruangan fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Hendrik mengakui, pihaknya belum ada pembicaraan resmi terkait Kaesang maju pada Pilkada Kota Depok. Namun, apabila Kaesang maju, maka hal itu menunjukkan bahwa Kaesang mendengar keinginan masyarakat.

"Tapi kalau memang betul Mas Kaesang mau ke Depok ya alhamdulillah, harapan masyarakat ingin ada perubahan Depok lebih baik, bisa didengar Mas Kaesang sehingga turun ke Depok," ucap Hendrik.

Hendrik mengungkapkan, apabila keinginan masyarakat kuat meminta Kaesang memimpin Kota Depok, maka kemungkinan Kaesang akan diusulkan dan maju pada Pilkada nanti. Pihaknya juga hanya melakukan penjaringan calon Wali Kota Depok yang akan diusulkan ke DPP Pusat.

"Kalau di DPC kan hanya sekedar menjaring siapapun itu, ya kenapa gak (Kaesang) kalau bagus pasti kita usulkan," ungkap Hendrik.

Baca Juga: PDI Perjuangan Kota Depok Wacanakan Duet Kaesang dan Sekda Depok

3. Sekda Kota Depok enggan memikirkan Pilkada dan fokus sebagai ASN

Video Kaesang soal Maju Wali Kota Depok Viral, PDIP Depok: Itu SinyalSekda Kota Depok, Supian Suri saat ditemui di Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Saat disinggung calon yang akan mendampingi Kaesang apabila mencalonkan di Kota Depok, Hendrik menilai perlu pendamping yang memahami Kota Depok, mampu menjalankan birokrasi, dan mengatur tata kelola pemerintahan dengan baik. Saat disinggung nama Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri, Hendrik menilai sosok tersebut dinilai cocok mendampingi Kaesang.

"Supian Suri itu anak muda, cocok lah, cuma pertanyaan apakah Supian Suri mau gak jadi Wali atau Wakil Wali Kota, nanti siapa yang 01 dan 02 ya kita gak tahu, hanya waktu yang akan menjawab," ujar Hendrik.

Saat dikonfirmasi IDN Times, terkait namanya dinilai pantas mendampingi Kaesang apabila maju Pilkada Kota Depok 2024, Supian Suri mengapresiasi atas penilaian terhadap dirinya yang dinilai pantas maju. Namun Supian Suri saat ini mengaku sedang fokus menjalankan tugas sebagai Sekda dan ASN Kota Depok.

"Terima kasih atas apresiasi yang diberikan, saat ini saya fokus pada amanah sebagai Sekda, saya masih fokus sebagai ASN," ucap Supian. 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times.

Baca Juga: Spanduk Dukungan Kaesang Maju Pilkada Mulai Warnai Jalanan Kota Depok

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya