IMR 2019: Musik Dangdut Mulai Digemari Millennial

Via Vallen menjadi penyanyi dangdut favorit Millennial.

Jakarta, IDN Times - IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit (IMS) 2019. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini dilangsungkan pada Sabtu, 19 Januari 2019 di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta.

IMS 2019 menghadirkan lebih dari 50 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial terbesar di tanah air ini akan dihadiri oleh 1.500-an pemimpin millennial.

Dalam IMS 2019, IDN Times meluncurkan Indonesia Millennial Report 2019. Survei ini dikerjakan bersama oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Alvara Research Center. Melalui survei yang melibatkan 1400-an responden di 12 kota ini, IDN Times menggali aspirasi dan DNA millennial Indonesia.

Salah satunya hasil penelitian pada chapter hiburan dan rekreasi, menyebut bahwa mayoritas Millennial menggunakan aplikasi ponsel atau smartphone untuk mendengarkan musik.

1. Dangdut mulai digemari oleh Millennial

IMR 2019: Musik Dangdut Mulai Digemari Millennialyoutube.com/NAGASWARA Official Video

Sejak lagu 'Sayang' booming di media sosial, tak sedikit Millennial yang menyukai pedangdut Via Vallen. Artinya, kini dangdut juga mulai digemari oleh Millennial. Tak heran jika lagu dan penyanyi dangdut mendapat tempat di panggung acara yang mendunia seperti Asian Games 2018.

Hasil survei menunjukkan bahwa dangdut menjadi pilihan musik kedua yang paling disuka oleh millennial, setelah musik pop.

Setelah itu, mereka menggemari musik jazz dan rock. Millennial yang menyatakan suka musik pop sebesar 69,3 persen, kemudian millennial yang menyukai musik dangdut sebesar 20,4 persen, jazz sebesar 4,3 persen dan rock sebesar 4,2 persen.

Jika dilihat dari sisi usia, penyuka musik pop tidak jauh berbeda antara Junior dan Senior Millennial, sedangkan untuk musik dangdut ada kecenderungan lebih disukai oleh Junior Millennial. Melihat gap antara genre musik, maka bisa disimpulkan hanya musik pop dan dangdut yang terbiasa didengar Millennial.

Baca Juga: Setiaji di IMS 2019: Jakarta Smart City Upaya DKI ke Era E-Government

2. Millennial memilih Via Vallen sebagai artis dangdut favorit

IMR 2019: Musik Dangdut Mulai Digemari MillennialINASGOC/Wahyudin

Millennial penyuka musik dangdut memilih Via Vallen dan Siti Badriah. Pelantun lagu 'Sayang' ini unggul dengan persentase sebesar 6,5 persen.

Sementara di genre pop, millennial memilih Rossa dan Judika menjadi pilihan penyanyi pop favorit. Millennial yang menyukai Rossa ada sebesar
7,8 persen, sedangkan millennial yang menyukai Judika sebesar 7,1 persen.

Judika, Raisa dan Agnes Monica menjadi penyanyi favorit di kalangan Junior Millennial berusia 20-26 tahun, sedangkan Rossa, Via Vallen dan Judika menjadi penyanyi favorit di kalangan Senior Millennial berusia 28-35 tahun.

3. 51,6 persen Millennial mendengarkan musik melalui aplikasi streaming atau download secara ilegal

IMR 2019: Musik Dangdut Mulai Digemari MillennialPixabay.com/PourquoiPas

Mayoritas Millennial menggunakan aplikasi ponsel smartphone untuk mendengarkan musik. Temuan ini tentunya sangat wajar mengingat smartphone sangat praktis dan mudah dibawa kemana saja, sehingga saat kapanpun bisa mendengarkan musik.

Sedangkan aplikasi yang paling sering digunakan untuk mendengarkan musik adalah JOOX dengan persentase sebesar 39,3 persen dan Spotify 6,9 persen.

Baca Juga: IMS 2019: Jadi Produsen Kosmetik Halal Terbesar, Ini Tips dari Wardah 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya