Comscore Tracker

22 Gubernur dan 281 Anggota Dewan Terseret Korupsi Sejak KPK Berdiri

Hal itu disampaikan Ketua KPK di acara Hari Antikorupsi 

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemberantas Korupsi Firli Bahurui menyampaikan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo bahwa pihaknya tak pernah lelah memberantas korupsi meski pandemik COVID-19. Ia menyampaikan sudah ratusan pejabat negara terjaring oleh KPK sejak berdiri pada 2003.

"Selama berdirinya KPK 1.291 tersangka yang ditahan oleh KPK, terdiri dari 22 gubernur, 133 bupati dan wali kota, dan 281 anggota legislatif dan lebih dari 300 swasta atau pelaku usaha," jelas Firli dalam acara Hari Antikorupsi Sedunia 2021 di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (9/12/2021).

1. Jokowi minta penindakan korupsi tegas dan gak pandang bulu

22 Gubernur dan 281 Anggota Dewan Terseret Korupsi Sejak KPK BerdiriPresiden Jokowi dalam acara Hari Antikorupsi Sedunia 2021 pada Kamis (9/12/2021). (dok. Humas KPK)

Pada kesempatan yang sama, Jokowi meminta agar penindakan korupsi jangan hanya menyangkut peristiwa yang heboh saja. Ia pun meminta penindakan dilakukan dengan tegas dan tak pandang bulu.

"Penindakan juga sangat penting untuk menyelamatkan uang negara dan mengembalikan kerugian negara,” tuturnya.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan KPK Tangkap Buron Kasus Korupsi dan Kejar Asetnya!

2. Jokowi ingin penegakan hukum yang adil bisa terwujud

22 Gubernur dan 281 Anggota Dewan Terseret Korupsi Sejak KPK BerdiriPresiden Jokowi dalam acara Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 pada Kamis (9/12/2021). (dok. Humas KPK)

Mantan Wali Kota Solo ini menuturkan bahwa pemulihan aset dan peningkatan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) harus diutamakan untuk pemulihan keuangan negara. Ia pun mengapresiasi peningkatan pemulihan aset dan PNBP di semester satu 2021.

“Misalnya Kejaksaan Agung berhasil mengembalikan kerugian negara dari kasus korupsi sekitar Rp15 triliun dan tadi jumlah yang lebih besar sudah disampaikan Ketua KPK yang telah dikembalikan kepada negara lewat KPK,” terang Jokowi.

Maka dari itu, tambah Jokowi, pemerintah terus mendorong ditetapkannya UU Perampasan Aset Tindak Pidana. Dengan begitu, ia harap penegakan hukum yang adil bisa terwujud.

“Kita harapkan tahun depan Insya Allah ini bisa selesai agar penegakan hukum yang berkeadilan bisa terwujud secara profesional dan akuntabel untuk meningkatkan kesejahateraan rakyat,” jelasnya.

3. Sepanjan 2021 ada 9 kepala daerah terjerat korupsi

22 Gubernur dan 281 Anggota Dewan Terseret Korupsi Sejak KPK BerdiriPetugas KPK menunjukkan barang bukti kasus korupsi Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dan lima orang lainnya pada Minggu (28/2/2021) (IDN Times/Aryodamar)

Berdasarkan catatan IDN Times, dari jumlah tersebut ada 9 kepala daerah yang terjerat kasus korupsi sepanjang 2021. Mereka adalah Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Wali Kota Tanjung Balai M Syahrial, Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat, dan Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari.

Lalu ada pula Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, hingga Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin.

Baca Juga: 9 Kepala Daerah Terjerat Kasus Korupsi dalam 11 Bulan Terakhir

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya