PSI Janjikan Kuliah Gratis di Universitas Negeri Apabila Lolos ke DPR

"Gen Z itu gak boleh cuma dijadikan objek."

Jakarta, IDN Times - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyadari pendidikan menjadi salah satu masalah yang disorot oleh milenial dan gen z. Oleh karena itu, PSI apabila lolos ke DPR RI pada 2024 menjanjikan program kuliah gratis bagi mahasiswa di universitas negeri.

"Salah satu program yang ingin diusung PSI jika masuk ke DPR adalah menyelenggarakan kuliah gratis bagi seluruh mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi negeri," ujar Ketua DPP PSI, Isyana Bagoes Oka, dalam launching Microsite Gen Z Memilih dan Talkshow Milenial & Gen Z Kunci Kemenangan di Pemilu 2024 yang diselenggarakan di Kantor IDN Media HQ, Jakarta Selatan, Senin (13/2/2023).

1. PSI optimistis program kuliah gratis bisa dijalankan apabila lolos ke Senayan

PSI Janjikan Kuliah Gratis di Universitas Negeri Apabila Lolos ke DPRGedung MPR DPR RI (IDN Times/Marisa Safitri)

Isyana optimistis program tersebut dapat dijalankan apabila PSI lolos ke Senayan. Ia menyebut anggaran untuk melaksanakan program itu memungkinkan.

"Anggarannya gimana? Ada. Itung-itungnyanya gimana? ada. Nanti bisa kita breakdown lebih lanjut kalau PSI masuk ke DPR," ujarnya.

Baca Juga: PSI Soroti Kasus Perjokian Guru Besar di Berbagai Kampus

2. PSI tidak ingin milenial dan Gen Z jadi objek politik

PSI Janjikan Kuliah Gratis di Universitas Negeri Apabila Lolos ke DPRIDN Times melaunching Microsite Gen Z Memilih dan Talkshow Milenial & Gen Z Kunci Kemenangan di Pemilu 2024 (IDN Times/Ilman)

PSI, kata Isyana, setuju bahwa milenial dan gen z tidak boleh dijadikan objek politik. Mereka ingin anak-anak muda bisa menjadi subjek dalam dunia politik.

"Gen Z itu gak boleh cuma dijadikan objek, harus dijadikan subjek," ujarnya.

3. IDN Times luncurkan microsite Gen Z Memilih

PSI Janjikan Kuliah Gratis di Universitas Negeri Apabila Lolos ke DPRLaunching microsite Gen Z Memilih IDN Times, Senin (13/2/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

IDN Times resmi meluncurkan microsite Gen Z Memilih. Dalam peluncuran ini sejumlah politikus, pejabat pemerintah dan mahasiswa. Ketua Umum KPU, Hasyim Asy'yari dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar menjadi pembicara utama dalam acara tersebut.

Kemudian, politikus dan mahasiswa yang menjadi panelis ada Anggota DPR RI Fraksi PDIP, Putra Nababan; Anggota DPR Fraksi Golkar, Puteri Anetta Komaruddin; Wakil Bendahara Umum, PAN Rizki Aljupri; Wakil Sekjen DPP Demokrat, Irwan Fecho; Ketua DPP PSI, Isyana Bagoes Oka; Wakil Ketua Umum Gerindra, Rahayu Saraswati; dan Ketua Umum PB HMI Raihan Ariatama.

Melalui microsite khusus dan program talkshow series Gen Z Memilih, IDN Times akan memberikan edukasi dan literasi yang diharapkan bisa menjadi panduan bagi Gen Z dan Milenial.

Rencananya, acara Gen Z Memilih berlangsung seminggu sekali dari, mulai Februari hingga Desember 2023 dengan menghadirkan pembicara-pembicara Kompeten dan wakil Gen Z. Selain itu IDN Times juga bekerja sama dengan sejumlah kampus.

Baca Juga: Profil PSI, Parpol Anak Muda yang Menjunjung Tinggi Antikorupsi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya