Kali Item, Anies: Kami Terima Warisan Masalah Masa Lalu

"Kali Item masalah masa lalu yang tidak diselesaikan,"

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan masalah Kali Sentiong atau Kali Item adalah masalah yang terjadi sudah lama dan tidak diselesaikan.

"Ini adalah masalah yang sudah menahun dan di masa-masa lalu tidak diselesaikan. Jadi, kami terima warisan masalah ini," kaa Anies di Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (24/7).

1. Bukan Anies-Sandi yang membuat Kali Item menjadi bau

Kali Item, Anies: Kami Terima Warisan Masalah Masa LaluANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Anies berdalih Kali Item yang kini menjadi polemik karena baunya dan warna hitam pekat adalah masalah pemerintahan sebelumnya. Menurutnya jika dulu itu dibersihkan, masalah ini tidak akan terjadi.

"Kenyataannya ada kali yang hitam, kotor, bau. Itu kenyataan yang kita terima, bukan kita yang membuat. Itu ada di situ. Jadi, kalau dulu sudah dibersihkan, ya kita enggak nerima masalah ini. Tapi sekarang masih ada," ujarnya.

Baca juga: Warga: Kali Item Mulai Gak Bau Sejak Era Jokowi

2. Anies sesalkan masalah Kali Item tidak diselesaikan sejak dulu

Kali Item, Anies: Kami Terima Warisan Masalah Masa LaluIDN Times/Helmi Shemi

Anies kembali mengeluhkan bahwa permasalahan Kali Item ini tidak terjadi dalam waktu beberapa bulan sebelumnya.

"Jika yang mengelola Jakarta dulu memerhatikan ini, kita gak punya warisan Kali Item. Ini karena dulu enggak diperhatikan, jadi kita punya warisan Kali Item. Sekarang diperhatikan," keluhnya.

Ia juga menyebut ketika di masa pemerintahnya Kali Item mulai diperhatikan, masyarakat mulai ramai.

"Nah, ketika sekarang diperhatikan, rame pula. Sekarang saya sampaikan kepada semua, coba dulu dibereskan, kita enggak punya warisan masalah ini. Nah sekarang kenyataannya ada itu. Sekarang kita bereskan," imbuhnya.

3. Langkah instan Anies-Sandi demi Asian Games

Kali Item, Anies: Kami Terima Warisan Masalah Masa LaluIDN Times/Helmi Shemi

Asian Games hanya menyisakan waktu kurang dari sebulan lagi. Anies pun mengambil langkah cepat dengan melakukan penutupan menggunakan jaring hitam tipis. Hal itu dilakukan demi pemandangan yang lebih baik dan mengurangi bau akibat penguapan atau evaporasi kali.

Langkah itu dilakukan karena para atlet akan menginap di Wisma Atlet yang hanya berjarak beberapa meter dari kali.

"Lalu kita buat langkahnya. Satu, dengan melakukan penutupan untuk mengurangi satu, pemandangan, yang kedua adalah utamanya evaporasi, penguapan. Jadi Insya Allah nanti pada saat pelaksanaan Asian Games InsyaAllah nanti akan bisa minimal aroma dari tempat itu tidak kuat lagi," harapnya.

Selain itu alat pengolahan limbah tinja milik PD PAL Jaya yang diresmikan Sandiaga 23 Mei lalu juga akan digunakan untuk Kali Item ini.

"Oh kita coba semuanya. Ini jalan terus kok. Semuanya kita coba. Cuma sambil itu dicoba, tetap pencegah penguapan dilakukan," katanya.

Baca juga: Dikritik Tutup Kali Item Tidak Efektif, Anies Balas Begini

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya