Gurita Bisnis Indra Kenz di Balik Aset Rp57,2 Miliar

Terkini, penyidik endus aset kripto di luar negeri Rp58 M

Jakarta, IDN Times - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri baru menyita aset milik tersangka dugaan penipuan berkedok trading Binomo, Indra Kesuma alias Indra Kenz senilai Rp55 miliar dari total aset Rp57,2 miliar.

Kasubdit II Dittipideksus, Kombes Chandra Sukma, mengatakan aset yang sudah berhasil disita adalah mobil Tesla, Ferrari, uang tunai Rp1,1 miliar, enam rumah dan bangunan di Tangerang dan Sumatra Utara (Sumut), jam tangan, dan beberapa gawai.

“Untuk aset yang sudah kita sita kurang lebih ada Rp55 miliar,” kata Chandra.

Indra Kenz, juga diduga memutarkan asetnya di kripto luar negeri. Bareskrim menaksir aset Indra Kenz yang berada di luar negeri Rp58 miliar.

“Dugaan ada Rp58 miliar yang ada di kripto luar negeri. Itu cepat kita tangani, nanti berkembang lagi begitu, temen-temen PPATK menerima informasi lagi dikirim ke kita lagi, begitu jadi perkembangan terus,” kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Kombes Pol Whisnu Hermawan di Jakarta Selatan, Jumat (25/3/2022) lalu.

Lalu bisnis apa saja yang digeluti Indra Kenz dalam memutar uang di dalam negeri?

1. Kursus Trading

Gurita Bisnis Indra Kenz di Balik Aset Rp57,2 MiliarTersangka kasus dugaan penipuan berkedok binary option Binomo, Indra Kesuma alias Indra Kenz memakai baju tahanan (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Indra Kenz membuka kursus trading untuk para pemula lewat website kursustrading.com. Lewat kursus trading inilah, Indra Kenz mulai merintis berbagai bisnis lainnya.

Baca Juga: Selain Jadi Mentor, Fakarich Diduga Terima Rp1,9 M dari Indra Kenz

2. PT Disotiv Creative Agency

Gurita Bisnis Indra Kenz di Balik Aset Rp57,2 MiliarPotret Indra Kesuma, si Sultan Medan (instagram.com/indrakenz)

Indra Kenz juga membuka PT Disotiv Creative Agency yang bergerak dalam agensi kreatif yang ia dirikan dengan menawarkan berbagai jasa seperti videografi, fotografi, web design, hingga production house. Di perusahaan ini Indra menjabat sebagai direktur utama.

3. Marketplace dan ekspedisi

Gurita Bisnis Indra Kenz di Balik Aset Rp57,2 MiliarPotret Indra Kesuma dengan mobilnya (instagram.com/indrakenz)

Indra Kenz juga merintis marketplace untuk shopping dan retail yang bernama Depatu, di mana marketplace ini menawarkan kemudahan pelayanan bagi penjual dan pembeli agar saling terhubung. Untuk pengiriman barangnya sendiri ia memiliki agen khusus miliknya.

4. Bar dan Lounge (Red Wolf Indonesia)

Gurita Bisnis Indra Kenz di Balik Aset Rp57,2 MiliarIndra Kenz usai menjalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (24/2/2022). Penyidik Bareskrim melakukan pemeriksaan terhadap Indra Krenz terkait kasus dugaan penipuan investasi bodong aplikasi trading binary option Binomo (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Indra Kenz membuka bisnis Bar & Lounge yang bernama Red Wolf Indonesia, di mana bisnis ini juga menawarkan perform live music dan juga DJ.

Baca Juga: Bareskrim Polri: Brian Edgar Rekrut dan Beri Rp120 Juta ke Indra Kenz 

5. Kuliner

Gurita Bisnis Indra Kenz di Balik Aset Rp57,2 MiliarPotret Indra Kesuma menggunakan sepatu Dior (instagram.com/indrakenz)

Indra Kenz mempunyai bisnis kuliner, seperti kafe hingga kuliner berupa hidangan olahan mie dan menawarkan berbagai minuman kopi serta juga makanan kekinian. Selain Red Wolf Indonesia, beberapa bisnis kuliner miliknya adalah Literally Cafe dan Mie Jongkok.

6. Botxcoin

Gurita Bisnis Indra Kenz di Balik Aset Rp57,2 MiliarInfografis Gurita Bisnis Indra Kenz (IDN Times/Aditya Pratama)

Ada juga Botxcoin yang dikerjakan Indra Kenz saat awal kariernya. Digarap pada 2018, proyek kripto ini sudah tercatat dan masuk dalam listing di bursa luar negeri. Botxcoin baru meluncur di Indonesia pada 2021.

Baca Juga: [BREAKING] Bareskrim: Kerugian Korban Binomo Indra Kenz Capai Rp44 M

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya