Korps Raport Polri: Dankor Brimob Resmi Dijabat Komjen

2 Dokter perempuan ASN Polri naik setara Brigjen

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) sekaligus Korps Raport sejumlah perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) Polri.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi itu di antaranya, Dankor Brimob Komjen Anang Revandoko, Kapusdokkes Brigjen Dokter Asep, Kapolda Lampung Irjen Akhmad Wiyagus, Kapolda Gorontalo Irjen Helmi Santika, dan Kapolda Papua Barat Irjen Daniel Tahi Silitonga.

“Hari ini Bapak Kapolri melantik jabatan untuk Dankor Brimob kemudian Kapusdokkes dan melantik Kapolda Lampung, Gorontalo dan Papua Barat,” kata Dedi di Mabes Polri, Rabu (29/6/2022).

Baca Juga: Rumah Kebangsaan Cipayung Plus Diresmikan Kapolri, Apa Fungsinya 

1. Enam personel naik pangkat Irjen bintang dua

Korps Raport Polri: Dankor Brimob Resmi Dijabat KomjenKapolri Jendral Pol Listyo Sigit memimpin upacara serah terima jabatan tujuh Kapolda di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (29/12/2021). (dok. Humas Polri)

Selain melantik dan serah terima jabatan, Kapolri juga melaksanakan Korps Raport kenaikan pangkat untuk beberapa golongan. Hal ini dilakukan guna memperkuat Korps Bhayangkara.

“Untuk Pati Polri ada 15, satu Komjen ini bapak Dankor Brimob, enam Irjen, pati bintang dua, delapan Brigjen, untuk Kombes seluruh Indonesia ada 110, kemudian AKBP 443, Kompol 303, AKP 205, IPTU 572, IPDA 597,” kata Dedi.

2. 2 ASN perempuan Polri naik setera Brigjen

Korps Raport Polri: Dankor Brimob Resmi Dijabat KomjenKapolri Jendral Pol Listyo Sigit memimpin upacara serah terima jabatan tujuh Kapolda di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (29/12/2021). (dok. Humas Polri)

Kapolri juga menaikkan pangkat dua ASN Polri menjadi golongan IV atau setara bintang satu atau brigjen. Kenaikan ini merupakan pertama kali dilakukan Polri.

"Yang perlu sampaikan ke temen media ini pertama kali dalam sejarah Polri, pada hari ini Bapak Kapolri juga Korps Raport kenaikan pangkat PNS Polri, yaitu golongan 4 atau setingkat bintang satu," kata Kadiv.

Adapun dua ASN itu adalah dr Jozyta Rachman, spesialis THT dan dr Witri Narhadiningsih, spesialis kesehatan jiwa.

"Ini pertama kali dalam sejarah Polri, pada hari ini Bapak Kapolri juga Korp Raport untuk kenaikan pangkat PNS Polri itu golongan IV setingkat bintang satu."

Baca Juga: Bareskrim Polri Akan Tangkap Kembali 2 Tersangka KSP Indosurya 

3. Satu Polwan naik jadi Irjen

Korps Raport Polri: Dankor Brimob Resmi Dijabat KomjenKapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo. (dok. Humas Polri)

Selain itu, Dedi mengatakan Sigit menaikkan pangkat salah satu Polwan menjadi irjen atau bintang dua. Polwan itu adalah Irjen Juansih.

"Termasuk tadi pengukuhan untuk kenaikan pangkat Irjen Pol Juansih, polwan dengan pangkat bintang dua," ujarnya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya