Mendarat Perdana di Bali, Pesawat Airbus A380 Emirates Bawa 482 Orang

Imigrasi lakukan pelayanan urus kedatangan

Jakarta, IDN Times - Pesawat Airbus A380 Emirates mendarat perdana di Bandara Internasional I Gusti Ngurah RaI (DPS). Pesawat komersial terbesar di dunia ini menggunakan nomor penerbangan EK368, dan berangkat dari Bandara Internasional Dubai (DXB) pada pukul 03.25 waktu setempat, tiba di Bali pada Kamis (1/6/2023) pukul 16.35 WITA. 

Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai, Sugito, mengungkapkan pihaknya telah melakukan persiapan untuk memberikan pelayanan. Seluruh petugas pemeriksaan telah disiapkan dan siap memeriksa penumpang sesuai  Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

"Kami sangat antusias menyambut kedatangan pesawat Airbus A380 Emirates di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Mengingat kedatangan Airbus A380 adalah pada jam-jam sibuk, kami telah melakukan persiapan sedemikian rupa untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh penumpang melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi. Petugas pemeriksaan kami siap melayani dengan cepat, tepat, dan efisien," kata dia dalam keterangannya, dilansir Jumat (2/6/2023).

Baca Juga: Fakta-fakta Airbus A380, Pesawat Terbesar yang Mau Mendarat di Bali

1. Mengangkut sekitar 482 penumpang

Mendarat Perdana di Bali, Pesawat Airbus A380 Emirates Bawa 482 OrangMaskapai Emirates merupakan operator terbesar dari Airbus A380 (unsplash.com/Tim Dennert )

Pesawat super besar ini diperkirakan membawa sekitar 482 penumpang. Kantor Imigrasi Ngurah Rai telah mempersiapkan pelayanan melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI).

Sugito mengatakan, penumpang akan diperiksa dokumen perjalan dan visanya pada Konter Pemeriksaan Imigrasi, dan pihaknya menyediakan antrean khusus bagi kelompok rentan.

"Kami juga menyediakan antrean khusus bagi kelompok rentan penyandang disabilitas, lansia, ibu hamil dan balita, serta WNI," kata dia.

2. Usai mendarat pesawat ini terbang kembali menuju Dubai

Mendarat Perdana di Bali, Pesawat Airbus A380 Emirates Bawa 482 OrangAirbus A380-800 milik maskapai penerbangan Emirates (Dok.IDN Times/istimewa)

Usai mendarat pesawat Airbus A380 Emirates akan melanjutkan perjalanan kembali ke Dubai dengan nomor penerbangan EK369.

Pesawat ini dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Kamis, 1 Juni 2023 pukul 19.40 Wita dan tiba di Bandara Internasional Dubai pada pukul 00.45 waktu setempat. Penerbangan ini akan membawa sekitar 487 penumpang. 

Baca Juga: 5 Fakta Airbus A380, Pesawat Penumpang Full Double Decker Terbesar

3. Jadi langkah perkuat konektivitas udara

Mendarat Perdana di Bali, Pesawat Airbus A380 Emirates Bawa 482 OrangMaskapai Emirates merupakan operator terbesar dari Airbus A380 (Lars Steffens, CC BY-SA 2.0, via Wikimedia Commons)

Dilakukan sejumlah seremoni penyambutan kedatangan pesawat ini. Seremonial penyambutan dilakukan di antaranya water salute, dan pengalungan bunga kepada penumpang sebagai tanda selamat datang.

Momen ini disebut istimewa bagi Bali sebagai destinasi pariwisata dunia, dan dianggap jadi langkah penting perkuat konektivitas udara dengan Dubai dan negara-negara lainnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya