Tiga Sosok Capres Akan Hadiri May Day, KSPI: Belum Pasti

Partai Buruh tak akan koalisi dengan pendukung Omnibus Law

Jakarta, IDN Times - Presiden Partai Buruh sekaligus Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, mengungkapkan, ada dua atau tiga calon presiden (capres) yang akan hadir dalam agenda May Day atau peringatan Hari Buruh, Senin (1/5/2023).

Namun, hingga saat ini belum ada kepastian tentang kehadiran mereka.

"Mau hadir ada dua atau tiga. Termasuk salah satu kami punya capres alternatif yang kalian tahu kan, capres alternatif, Najwa Shihab. Capres yang lain sudah tahu, sampai hari ini belum ada kepastian tentatif," kata dia saat ditemui di kawasan Patung Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, Senin.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa Calon Presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo, bakal hadir dalam aksi Hari Buruh. Namun hingga kini belum ada kabarnya.

"Belum ada konfirmasi (Ganjar), kemarin beberapa nama itu menyatakan siap hadir," katanya.

Dengan tidak adanya konfirmasi dari beberapa capres yang akan datang, menurutnya hal itu tidak penting bagai Partai Buruh.

"Kalau mereka mendekati konstituen buruh, ada 24 juta di Partai Buruh, itu peluang buat mereka, tapi kalau mereka mau tunduk sama parpol itu urusan mereka," katanya

Sebelumnya, Said Iqbal mengungkapkan ada ketakutan dari partai pendukung capres itu jika datang ke gelaran aksi.

"Karena ada juga partai yang mendukung capres tersebut melarang karena ketakutan ada efek untuk Partai Buruh," kata dia.

"Partai Buruh gak akan berkoalisi dengan partai politik yang ada, yang pro omnibuslaw, partai buruh hanya berkoalisi dengan capresnya, pribadi," ujarnya.

"Kami tidak akan pernah berkoalisi dengan partai politik manapun yang sekarang ada di parlemen yang mengesahkan UU Cipta Kerja," kata dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times.

Baca Juga: Partai Buruh Bakal Dukung Salah Satu Capres, tapi Emoh Koalisi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya