Di Jawa Timur, Cak Imin Janjikan Dana Desa Rp5 M Bila Jadi Presiden

Cak Imin beberkan pilar bangun desa

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjanjikan akan menambah dana desa Rp5 miliar per tahun jika menjadi Presiden pada 2024.

Hal itu disampaikan Cak Imin dalam safari Ramadan di Desa Jarakan, Gondang, Tulungagung, Jawa Timur.

"Saya dan PKB akan perjuangkan meningkatkan dana desa dari Rp1 miliar menjadi Rp5 miliar per desa. Kita menaikkan 5 kali lipat. Kami sudah membuat perhitungan hati-hati dan matang tentang ini. Insyaallah besaran anggaran negara kita berkemampuan untuk menyokong kenaikan dana desa," ujar Cak Imin dalam keterangannya, Minggu (16/4/2023).

Baca Juga: Cak Imin Dukung Luhut Tolak China Minta APBN Jaminan Kereta Cepat

1. Kenaikan dana desa merupakan keharusan

Di Jawa Timur, Cak Imin Janjikan Dana Desa Rp5 M Bila Jadi PresidenKetua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (dok. PKB)

Cak Imin menegaskan, kenaikan dana desa dari Rp1 miliar ke Rp5 miliar per tahun itu merupakan suatu keharusan. Sebab, dana itu diperuntukkan untuk pengembangan dan kemajuan desa.

"Pilar utama pembangunan desa adalah sumber daya manusia. Fokus kita adalah warga desa yang sehat dan pintar. Maka, desa sehat dan desa pintar adalah dua program yang wajib kita jalankan dan sukseskan," ucap dia.

Dalam kesempatan itu, Cak Imin menyampaikan komitmennya melanjutkan program Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Salah satunya menyalurkan dana desa.

"Itulah yang saya istilahkan 'mengelola kesinambungan dan menggerakkan perubahan' dalam pembangunan desa. Inilah yang perlu kita kerjakan saat ini," ujar dia.

Baca Juga: QRIS Palsu Kotak Amal, Cak Imin: Hati-hati dalam Berinfak

2. Cak Imin beberkan pilar membangun desa

Di Jawa Timur, Cak Imin Janjikan Dana Desa Rp5 M Bila Jadi PresidenKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (dok. PKB)

Wakil Ketua DPR RI itu kemudian membeberkan sejumlah pilar untuk membangun desa. Menurutnya, salah satu pilar utama yakni kebahagian dan kesejahteraan warga desa.

"Suatu ketika, harus ada adagium, 'tak ada yang lebih membahagiakan dibandingkan hidup di desa'. Untuk itu, desa sejahtera dan bahagia adalah dua program yang wajib kita jalankan dan sukseskan," kata dia.

Pilar berikutnya, kata Cak Imin, membangun desa berbasis kemajuan teknologi. Menurut dia, pembangunan teknologi di desa harus menjadi fokus utama.

"Untuk itu, kita galang program desa digital. Maka itulah program-program kita," kata dia.

Baca Juga: Praperadilan Kasus Kardus Durian Ditolak, PKB: Cak Imin Tak Terlibat

3. Pilar pembangunan desa harus ditopang dengan dua prasyarat

Di Jawa Timur, Cak Imin Janjikan Dana Desa Rp5 M Bila Jadi PresidenKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (dok. PKB)

Cak Imin menerangkan, pilar pembangunan desa yang disampaikannya itu harus ditopang dengan dua prasyarat. Pertama, pembangunan infrastruktur harus sukses sehingga membuat semua wilayah, termasuk desa-kota dan antardesa terkoneksi.

Kedua, pembangunan ekonomi desa harus sukses. Desa harus menjadi pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru. Menurutnya, BUMDesa harus jadi unit ekonomi desa yang mumpuni.

"Saya dan PKB menamai rencana kami untuk membangun desa sebagai 'Membangun Deso, Ngrumat Wargo'. Bukan kebetulan, saya orang desa. Bukan orang kota yang masuk desa. Saya bangga dan bersyukur tumbuh sebagai warga desa. Karena itu, saya berpikir dan bertindak seperti ibu, bapak, saudara berpikir dan bertindak. Ini modal kita yang luar biasa," imbuhnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times.

Baca Juga: PKB Sebut Tak Ada Arahan Jokowi soal Capres-Cawapres di Koalisi Besar

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya