Soal Status Kader PDIP Jokowi, Istana Bilang Begini

Tak pernah ada pernyataan dari Jokowi keluar dari PDIP

Jakarta, IDN Times - Hubungan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dengan PDI Perjuangan (PDIP) dinilai sedang panas. Jokowi bahkan mulai terang-terangan menjauhi PDIP, partai pengusung utamanya sebagai presiden dua periode.

Jokowi tak mengirimkan ucapan melalui video dan karangan bunga selamat ulang tahun ke-51 untuk PDIP. Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menyampaikan status Jokowi apakah masih kader PDIP atau bukan.

"Ya, sampai saat ini belum ada apa-apa kan? Tetap tidak ada apa pun dari Presiden, pernyataan dari Presiden (keluar) maupun dari PDIP. Jadi baik-baik saja," ujar Ari di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (16/1/2024).

Baca Juga: AMIN Diuntungkan dari Perselisihan Jokowi-PDIP? Ini Respons Cak Imin

1. Serahkan status Jokowi dan keluarganya ke PDIP

Soal Status Kader PDIP Jokowi, Istana Bilang BeginiKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri (kedua kanan) memberikan keterangan disaksikan Presiden Joko Widodo (tengah), bakal Capres Ganjar Pranowo (kanan), Ketua DPP Puan Maharani (kedua kiri) dan Ketua DPP Prananda Prabowo (kiri) saat sesi konferensi pers Rakernas PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (6/6/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Ari tak mau berkomentar lebih jauh. Dia mengaku menyerahkan sepenuhnya status kader Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution kepada DPP PDIP.

"Kita serahkan itu pada sikap atau posisi yang diambil oleh PDIP, ya," kata dia.

Baca Juga: Pengamat: Hubungan Jokowi, PDIP dan Megawati Saling Bergantung

2. PDIP tak masalah Jokowi tak kirim ucapan selamat

Soal Status Kader PDIP Jokowi, Istana Bilang BeginiPresiden Jokowi bertemu dengan Megawati di Istana Negara, Jakarta (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Politikus PDIP, Chico Hakim, mengaku tak masalah bila Jokowi tak mengirimkan video ucapan dan karangan bunga.

"Kita biasa saja, karena gini, seperti diketahui PDI Perjuangan ini hari lahir yang ke-51. PDIP bukan lahir karena salah satu tokoh atau dua tokoh saja, apalagi tokoh yang baru bergabung sekian puluh tahun dan lain-lain. Saya rasa tidak (Jokowi tak kirim video ucapan)," ujar Chiko di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Rabu (10/1/2024).

Chiko mengatakan, PDI Perjuangan menghormati agenda Jokowi untuk berangkat ke luar negeri.

Baca Juga: Maruarar Sirait Hengkang dari PDIP, Istana Minta Jangan Kaitkan Jokowi

3. Jokowi berkunjung ke Filipina saat HUT ke-51 PDIP

Soal Status Kader PDIP Jokowi, Istana Bilang BeginiAcara HUT ke-51 PDIP pada Rabu (10/1/2024). (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Diketahui, Presiden Jokowi sedang melakukan kunjungan ke Filipina saat HUT ke-51 PDIP yang digelar di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Karena kita sampaikan tadi kalau kita menghormati apa yang telah menjadi agenda Presiden Jokowi untuk bangsa dan negara ini dan itu yang lebih tinggi daripada segalanya," kata dia.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf hadir di Peringatan HUT ke-51 PDIP. Tema perayaan HUT ke-51 PDIP adalah 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang'.

Pantauan IDN Times, sejumlah karangan bunga ucapan selamat HUT ke-51 PDIP berjejer di depan pagar Sekolah Partai DPP PDIP. Mayoritas karangan bunga itu diberikan dari kader PDIP dan sejumlah partai pengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Maruar Sirait Ikut Jokowi, Djarot Klaim PDIP Solid Menangkan Ganjar

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya