RSUD di Madiun Terpaksa Gunakan Bangsal ODGJ, Sudah Diisi 8 Pasien

Ruang isolasi di RSUD Caruban sudah penuh

Madiun, IDN Times – Sebanyak delapan pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 tengah menjalani isolasi di bangsal orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Caruban, Kabupaten Madiun. Digunakannya ruang perawatan yang belum diresmikan itu karena jumlah pasien COVID-19 membludak.

“Ruang isolasi di ‘Wijaya Kusuma’ dan gedung IGD (Istalasi Gawat Darurat) lama tidak mampu menampung pasien COVID-19,” kata  Humas RSUD Caruban Yoyok Andi Setyawan, Kamis (21/1/2021).

1. Ruang isolasi yang disediakan sebelumnya telah penuh

RSUD di Madiun Terpaksa Gunakan Bangsal ODGJ, Sudah Diisi 8 PasienIGD RSUD Caruban lama yang dijadikan ruang isolasi. Nofika

Ruang perawatan yang berkapasitas 34 tempat tidur itu telah dipenuhi pasien sejak akhir Desember 2020. Kemudian, pada awal Januari 2021 lonjakan pasien tidak terbendung. Kondisi ini dinilai tingginya mobilitas warga saat masa kenormalan baru yang berbarengan masa cuti bersama ahir tahun lalu.

Maka, untuk sementara waktu bangsal ODGJ yang diberi nama ‘Bidara’ digunakan menampung pasien COVID-19. Mereka berstatus positif COVID-19 tanpa gejala klinis. “Pasien ini tidak memiliki ruang isolasi mandiri di rumahnya,” ucap Yoyok.

2. Tidak memiliki ruang isolasi mandiri

RSUD di Madiun Terpaksa Gunakan Bangsal ODGJ, Sudah Diisi 8 PasienIlustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia lantas menjelaskan tentang standar ruang isolasi mandiri bagi pasien COVID-19. Kamar atau rumah tidak boleh ditempati orang lain, kamar mandi terpisah, dirawat petugas khusus, dan sebagainya. Karena sejumlah warga yang terpapar virus Corona tak memiliki fasilitas pribadi yang memenuhi syarat, maka diisolasi di rumah sakit.

“Kebanyakan karena faktor ekonomi. Mohon maaf, pasien ini tinggal dalam satu rumah dengan keluarganya,” ujar dia.

Baca Juga: Tutup Akibat PPKM, Madiun Umbul Square Galang Dana untuk Satwa

3. Operasional bangsal ODGJ ditunda

RSUD di Madiun Terpaksa Gunakan Bangsal ODGJ, Sudah Diisi 8 PasienRSUD Caruban, Kabupaten Madiun. IDN Times/Nofika

Bangsal ‘Bidara’ sendiri merupakan ruang khusus ODGJ yang belum sempat terpakai. Rencana penggunaannya pada awal tahun ini ditunda karena pandemik. Pihak rumah sakit tak mau ambil risiko karena khawatir terjadi lonjakan pasien secara drastis. Prediksi mereka pun tepat, ruang yang memiliki 40 tempat tidur ini akhirnya benar-benar menjadi tempat isolasi pasien COVID-19.

Baca Juga: 2.600 Nakes di Kabupaten Madiun Jadi Target Pertama Vaksinasi

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya