Arus Balik, Kamu Wajib Unduh 5 Aplikasi Pengurai Macet Ini!

Yang balik dari kampung halaman mana suaranya?

Pemerintah memprediksi puncak arus balik terjadi pada Jumat-Sabtu pekan ini. Seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, arus balik biasanya mengakibatkan kemacetan panjang, terutama jalur antar-kota. Tenang, kamu tak perlu khawatir. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengantisipasi terjebak kemacetan panjang.

1. Waze.

Arus Balik, Kamu Wajib Unduh 5 Aplikasi Pengurai Macet Ini!techcrunch.com

Aplikasi Waze memberikan tampilan peta digital yang bisa memberikan informasi berbagai kondisi jalan. Seperti situasi kemacetan, kecelakaan, keberadaan polisi dan kondisi jalan lainnya. Aplikasi ini sudah sangat familiar bagi mereka yang kerap menghadapi kemacetan lalu lintas di jalan. Informasi yang ditampilkan akan tersedia dalam bentuk tampilan grafik pada peta digital.

2. TMC Polda Metro.

Arus Balik, Kamu Wajib Unduh 5 Aplikasi Pengurai Macet Ini!informasiteknologi.com

Sebuah aplikasi yang disediakan oleh Traffic Management Center Ditlantas Polda Metro Jaya. Aplikasi ini berfungsi untuk menyajikan informasi seputar kondisi jalan secara real time.Selain itu, aplikasi ini juga menyajikan informasi kondisi jalan via pantauan kamera CCTV Korlantas Polri dan Jasa Marga. Tidak hanya itu, juga ditampilkan informasi dari Twitter milik TMC Polda Metro. Di mana aktifitas di jejaring sosial ini terbilang update. Ini membuat informasi yang diberikan terbilang lengkap, seperti kondisi lalu lintas, kecelakaan, demo, kebakaran dan lainnya.

3. Lewat Mana.

Arus Balik, Kamu Wajib Unduh 5 Aplikasi Pengurai Macet Ini!techniasia.com

Sebuah aplikasi unggulan yang membantu kamu mengetahui posisi berada dan kemudian bisa menyajikan informasi kondisi lalu lintas di sekitar kamu. Fungsi aplikasi ini adalah untuk memberikan informasi kondisi lalu lintas di berbagai ruas jalan.

Aplikasi ini juga menyediakan informasi dalam bentuk foto dan video CCTV di banyak ruas jalan. Alhasil, kamu pun bisa mengetuai kondisi jalan secara langsung. Tidak hanya itu, ada juga fitur untuk mengetahui lokasi bengkel terdekat dari beberapa merek mobil di banyak kota. Ini tentu bisa membantu saat terjadi masalah dengan kendaraan kamu.

Baca juga: Demi Keselamatan, Bawa 9 Perlengkapan P3K Ini Saat Mudik​

4. Smart Traffic Controller.

Arus Balik, Kamu Wajib Unduh 5 Aplikasi Pengurai Macet Ini!techniasia.com

STC adalah aplikasi yang dikembangkan untuk mengatasi permasalahan kemacetan di Indonesia. Aplikasi ini bekerja dengan memanfaatkan algoritma khusus untuk mempelajari pola kemacetan di Indonesia dan mengelola kemacetan tersebut.

Aplikasi ini bekerja dengan mencegah terjadinya penumpukan kendaraan berlebih di jalur yang sama secara bersamaan yang dapat memicu kemacetan yang dilakukan dalam sebuah algoritma bernama algoritma Smart Traffic Controller.

Rute jalan yang dibentuk oleh aplikasi ini adalah rute yang seoptimum mungkin bebas dari kemacetan. Para pengguna sistem dapat saling membagi informasi terkait kejadian di jalanan, misalnya kemacetan ataupun penutupan jalan.

5. JasaMargaLive.

Arus Balik, Kamu Wajib Unduh 5 Aplikasi Pengurai Macet Ini!apkpure.com

Sebuah aplikasi yang dibuat oleh Jasa Marga selaku pengelola jalan tol. Aplikasi ini membantu kamu untuk bisa mengetahui kondisi beberapa jalur tol secara real time. Informasi disajikan dalam bentuk teks dan juga tampilan video CCTV pada saat itu juga. Dengan begitu kamu akan bisa mengetahui di titik mana saja terjadi kemacetan di jalan tol. Dengan cara inilah kamu akan bisa memilih jalur alternatif.

Baca Juga: Mudik Ala Pesepakbola: Siapkan Angpao Hingga Bawa Jersey

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya