PKB 'Buka Pintu' bagi Erick Thohir Merapat untuk Pilpres 2024

Erick yang sudah "loreng" Banser dinilai cocok gabung PKB

Jakarta, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) siap menyambut Erick Thohir jika sang Menteri BUMN itu akan bergabung dengan mereka. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid usai Erick menjadi anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dari Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor). 

"Kalau Pak Erick Thohir masuk politik, cocok itu dengan PKB. Sudah pakai baju loreng (Banser), benteng ulama. Ada jalurnya. Jalur politiknya ya PKB kalau sudah Ansor, biasanya begitu,” papar Jazilul, Kamis (2/12/2021).

Sejumlah pihak mengaitkan langkah Erick bergabung ke Banser tersebut sebagai upaya untuk menuju Pilpres 2024. ”Kalau pandangan orang bahwa Pak Erick Thohir ini masuk Banser tujuannya untuk politik, ya itu sah-sah saja pandangan orang begitu."

Baca Juga: Erick Thohir Resmi Jadi Anggota Banser

1. PKB buka pintu ke Erick Thorir

PKB 'Buka Pintu' bagi Erick Thohir Merapat untuk Pilpres 2024Erick Thohir (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Dia mengatakan PKB menunggu kiprah Erick setelah bergabung dengan Banser. Jazilul menyebut Erick sebagai tokoh muda, pengusaha, menteri yang punya visi keumatan yang kuat, serta tokoh yang mendorong masyarakat ekonomi syariah.

"Kalau sekarang Pak Erick ada di situ (Banser) bersama-sama kita maka kekuatan barisan ahlusnunnah wal jamaah, kekuatan ulama dan kekuatan barisan NKRI makin tegas," ujarnya. 

"Nah sekarang kita tunggu kiprahnya Pak Erick Thohir setelah pakai baju loreng dan baret hitam (seragam Banser), jadi tidak hanya berguling-guling,” sambung Jazilul. 

Baca Juga: Soal Peluang Maju Pilpres 2024, Erick Thohir: Saya Bukan Orang Jawa

2. Erick Thohir resmi masuk Banser

PKB 'Buka Pintu' bagi Erick Thohir Merapat untuk Pilpres 2024Menteri BUMN, Erick Thohir resmi menjadi anggota Banser. (dok. Kementerian BUMN)

Erick Thohir sah menjadi anggota Banser setelah berhasil mengikuti seluruh rangkaian pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) yang merupakan syarat di Sekolah Citra Alam Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (28/11/2021).

Pelantikan Erick sebagai anggota Banser dilakukan oleh Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Banser, Hasan Basri Sagala.

Sebelum resmi menjadi anggota Banser, Erick menjalani sejumlah ujian cukup berat. Mulai dari jalan jongkok, merayap, mencari baret, hingga meneriakkan yel-yel, semua dilakukan oleh mantan Presiden Inter Milan tersebut. Erick pun merasa terhormat bisa menjadi bagian keluarga Banser. 

"Ini suatu penghormatan luar biasa yang tidak terhingga buat saya karena bisa menjadi keluarga besar Banser," ujar Erick dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Senin (29/11/2021).

Baca Juga: Stafsus Erick ke Ahok: Jangan sampai Komisaris seperti Direktur

3. Banser disebut Erick berkomitmen jihad untuk jaga NKRI

PKB 'Buka Pintu' bagi Erick Thohir Merapat untuk Pilpres 2024Menteri BUMN, Erick Thohir resmi menjadi anggota Banser. (dok. Kementerian BUMN)

Di sisi lain, Erick menyebut Banser telah berkomitmen jihad untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) selama ini. Selain itu, Banser juga dianggap Erick menjunjung tinggi keberagaman dan perbedaan yang menjadi kekuatan bagi Indonesia. 

"Dengan keberagaman, perbedaan, itulah kekuatan kita. Bahkan, itu masuk ke darah kita. Kita harus pastikan NKRI adalah harga mati," ucap Erick.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya