Soal Reshuffle Kabinet, NasDem: Ada Kebutuhan Itu

NasDem serahkan masalah reshuffle kabinet ke Jokowi

Jakarta, IDN Times - Isu reshuffle atau perombakan kabinet kembali santer terdengar menjelang pensiunnya Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Disebut-sebut, reshuffle itu berbarengan dengan pelantikan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Hadi.

Mengenai isu reshuffle ini, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan tidak mengetahuinya. Kendati demikian, dia mengungkapkan ada kebutuhan untuk melakukan reshuffle menteri.

"Belum (tahu soal reshuffle), itu ya kemarin diskusi sama beberapa, ketua umum, ya tentang kebutuhan (reshuffle) itu ada iya, tapi pastinya kapan belum ada, gitu," ujar Willy di kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (9/11/2021).

Baca Juga: Mensesneg: Gak Ada Reshuffle dalam Waktu Dekat

1. NasDem serahkan masalah reshuffle ke Jokowi

Soal Reshuffle Kabinet, NasDem: Ada Kebutuhan Itu(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Willy menegaskan, reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Pelaksanaan reshuffle, sambungnya, bukanlah persoalan akomodatif.

Menurutnya, reshuffle menteri harus sesuai kebutuhan, yakni dengan mengedepankan prinsip efektivitas dan profesionalisme. Willy pun mengatakan, NasDem menyerahkan persoalan reshuffle ini ke Jokowi.

"Bukan hanya sekedar, ya otak-atik gathuk lah. Tahu gak otak-atik gahtuk? Geser ke sana-sini terus kemudian nggak. Kita harus lebih kualitatif, lebih prospektif, ya lebih berbasiskan tentu kebutuhan pemerintahan ini seperti apa," ucapnya.

"Dan itu kami dari Fraksi Partai Nasdem, kami dari DPP Partai Nasdem menyerahkan kepada Presiden yang terbaik untuk membantu kelancaran tugas-tugas kenegaraan Beliau, tugas-tugas pemerintahan Beliau seperti apa," imbuhnya.

2. Kata pimpinan DPR soal ada tidaknya reshuffle

Soal Reshuffle Kabinet, NasDem: Ada Kebutuhan ItuWakil Ketua DPR, Lodewijk F Paulus setelah pelantikan di Gedung MPR/DPR RI pada Rabu (30/9/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Sebelumnya, Sekjen Partai Golkar sekaligus Wakil Ketua (Waket) DPR Lodewijk F Paulus mengaku tidak mengetahui apakah Jokowi akan merombak susunan kabinet atau tidak dalam waktu dekat. Dia hanya membenarkan dulunya sempat beredar isu reshuffle setelah PAN bergabung ke koalisi pemerintahan.

"Ya sekarang sih belum ada, kita belum dengar-dengar lagi ya. Kalau momentumnya kan kemarin-kemarin waktu ramai-ramai isu reshuffle, sekarang kita belum dengar isu reshuffle dengan pensiunnya Pak Hadi ini, gitu lho," kata Lodewijk di Gedung DPR/MPR Jakarta, Sabtu (6/11/2021).

Baca Juga: Moeldoko Tanggapi Isu Hadi Tjahjanto Masuk Kabinet

3. Mensesneg juga angkat suara soal reshuffle

Soal Reshuffle Kabinet, NasDem: Ada Kebutuhan ItuMenteri Sekretariat Negara RI, Pratikno (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno juga menanggapi isu yang beredar soal reshuffle atau perombakan menteri kabinet Pemerintahan Jokowi. Sebelumnya diketahui, isu perombakan kabinet berembus sejak Partai Amanat Nasional (PAN) gabung ke koalisi pemerintahan.

"Belum, belum ada," kata Pratikno seraya tertawa, saat diwawancarai awak media di Gedung DPR/MPR Jakarta, Rabu 3 November 2021.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya