5 Potret Aksi Pilot TNI AU yang Siap Tampil Pembukaan WSBK Mandalika

Ada tujuh pesawat Jupiter Aerobatic Team yang siap beraksi

Jakarta, IDN Times - TNI Angkatan Udara (AU) bakal menurunkan tujuh pesawat KT-1 Wong Bee dalam pembukaan World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (19/11/2021). Para pilot yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team (JAT) akan melakukan aksi dan manuver di langit Lombok. 

"Tujuh pesawat KT-1 Wong Bee yang menjadi inti Jupiter Aerobatic Team (JAT) telah berada di Lanud TGKH M. Zainudin Abdul Madjid (Zam) Lombok Praya," demikian kutipan keterangan pers Dinas Penerangan AU hari ini. 

Mereka berangkat dari Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, pada 17 November 2021 dan dipimpin Komandan Kodiklatau Marsdya Tatang Herlyansah dan Komadan Lanud Adisutjipto Yogyakarta Marsma M Yani Amirullah.

JAT rencananya akan menampilkan sejumlah manuver, antara lain jupiter roll, jupiter wheel, tango to diamond, screw roll, five cards loop solo spin, jupiter roll back, dan boom burst.

Sebelumnya, tim JAT sudah sempat melakukan latihan akhir pada Kamis, 18 November 2021 di atas Sirkuit Mandalika. Atraksi mereka menarik perhatian warga Lombok dan sekitarnya. 

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) telah memastikan kesiapan setelah Federasi Balap Motor Internasional (FIM) merampungkan inspeksi trek pada Kamis, 18 November 2021. Indonesia menjadi lokasi penutup gelaran WSBK 2021. Balapan terbaru sebelum Mandalika adalah di Circuito San Juan Villicum, Argentina pada 16 dan 16 Oktober 2021.

Namun, sebelum balapan puncak digelar pada 19-21 November 2021, sudah terjadi beberapa insiden. Mulai dari perekaman secara ilegal proses pemeriksaan barang logistik tim pembalap, hingga balapan ditunda karena minimnya petugas yang ada di lapangan. 

Sirkuit Mandalika tercatat memiliki panjang lintasan mencapai 4,31 kilometer, yang dilengkapi dengan 17 tikungan. Sirkuit itu mulai dibangun sejak 2019 dan menelan biaya Rp1,1 triliun.

1. Semua pilot TNI AU yang bakal beratraksi dengan jet KT-1 Wong Bee di langit Lombok

5 Potret Aksi Pilot TNI AU yang Siap Tampil Pembukaan WSBK MandalikaPara pilot yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team dan akan tampil di pembukaan World Superbike Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) (www.instagram.com/@kodiklatau_05)

Baca Juga: Airlangga: Tantangan Ekonomi RI seperti Tikungan di Sirkuit Mandalika

2. Marsyda TNI Tatang Harlyansyah yang akan memimpin langsung Jupiter Aerobatic Team (JAT)

5 Potret Aksi Pilot TNI AU yang Siap Tampil Pembukaan WSBK MandalikaKomandan Kodiklatau Marsdya TNI Tatang Harlyansyah memimpin langsung pullout Jupiter Aerobatic Team (JAT) pada acara World Superbike di Mandalika. (www.instagram.com/@kodiklatau_05)

3. Pesawat KT-1 Wong Bee yang bakal digunakan dalam pembukaan World Superbike 2021 di atas Sirkuit Mandalika

5 Potret Aksi Pilot TNI AU yang Siap Tampil Pembukaan WSBK MandalikaPesawat yang bakal digunakan oleh pilot TNI Angkatan Udara (AU) untuk pembukaan World Superbike Mandalika (www.instagram.com/@kodiklatau_05)

4. TNI AU kerahkan tujuh pesawat KT-1 Wong Bee pada pembukaan World Superbike 2021

5 Potret Aksi Pilot TNI AU yang Siap Tampil Pembukaan WSBK MandalikaPesawat Jupiter Aerobatic Team TNI AU beraksi saat sesi latihan jelang pembukaan balapan World Superbike (WSBK) di kawasan sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (18/11/2021). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

5. Manuver boom burst jadi salah satu aksi yang bakal dipamerkan saat pembukaan World Superbike 2021

5 Potret Aksi Pilot TNI AU yang Siap Tampil Pembukaan WSBK MandalikaPesawat Jupiter Aerobatic Team TNI AU beraksi saat sesi latihan jelang pembukaan balapan World Superbike (WSBK) di kawasan sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (18/11/2021). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Baca Juga: Menpar: Pembangunan Sirkuit Mandalika Berpotensi Beri Pemasukan Rp1 T

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya