Comscore Tracker

7 Potret Pembukaan Garuda Shield, Latihan Perang TNI AD dan Pasukan AS

Total ada 4.528 prajurit yang berlatih di tiga lokasi

Jakarta, IDN Times - Latihan perang terbesar di Indonesia dengan pasukan militer Amerika Serikat (AS) yang diberi nama Garuda Shield, resmi dibuka di Puslatpur TNI Angkatan Darat di Martapura Batu Raja, Sumatra Selatan, Rabu, 4 Agustus 2021. Latihan tempur itu diklaim yang terbesar karena diikuti 4.528 pasukan, baik militer dari Indonesia maupun Negeri Paman Sam. 

Di dalam instruksi ketika apel, Kepala Staf TNI AD Jenderal Andika Perkasa menegaskan latihan bersama itu bukan untuk pamer kekuatan militer. "Tujuan dari latihan bersama ini bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan prajurit TNI AD, melainkan mengembangkan materi pelajaran lain," kata Andika melalui keterangan tertulis, Rabu, 4 Agustus 2021. 

Latihan bersama tersebut, kata Andika, dilakukan pada masa-masa sulit pandemik COVID-19. Maka, sejak tiba di Tanah Air, semua pasukan asal Negeri Paman Sam menjalani tes swab PCR lebih dulu. Selain itu, momennya bersamaan dengan kunjungan perdana Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden. 

"Saya berharap Latma Garuda Shield-15/2021 ini dapat terus kita tingkatkan sebagai simbol kekuatan dan wujud diplomasi militer kita dalam mewujudkan perdamaian dan stabilitas keamanan," tutur pria yang menjadi salah satu kandidat kuat Panglima TNI tersebut. 

Menurut keterangan dari TNI AD, latihan bersama Garuda Shield akan digelar pada 1-14 Agustus 2021 di tiga titik. Selain Baturaja, latihan Garuda Shield juga digelar di Amborawang, dan Makalisung.

Acara latihan bersama itu disaksikan langsung oleh Komandan Tentara AD AS di wilayah Asia Pasifik, Jenderal Charles A. Flynn. Seperti apa kegiatan pembukaan kegiatan latihan perang bersama itu? Berikut potretnya.

1. Latihan bersama resmi dibuka dengan ditandai aksi terjun payung oleh 569 pasukan gabungan TNI AD dan personel militer AS

7 Potret Pembukaan Garuda Shield, Latihan Perang TNI AD dan Pasukan ASPrajurit gabungan TNI AD dan Tentara Amerika (US Army) beraksi terjun payung saat Latihan Bersama Garuda Shield ke 15/2021 di Pusat Latihan Tempur di Ogan Komering Ulu Timur, Sumsel pada Rabu, 4 Agustus 2021 (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Baca Juga: 4.528 Prajurit TNI dan AS Latihan Tempur, KSAD: Bukan Pamer Kekuatan

2. Latihan bersama Garuda Shield ke-15 dibuka langsung oleh KSAD Jenderal Andika Perkasa dan Komandan Tentara AD AS di wilayah Asia Pasifik, Jenderal Charles A. Flynn

7 Potret Pembukaan Garuda Shield, Latihan Perang TNI AD dan Pasukan ASKepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa ketika membuka latihan perang bersama Garuda Shield di Baturaja, Sumatera Selatan (www.instagram.com/@tni_angkatan_darat)

3. Andika tekankan melalui latihan perang bersama, TNI AD ingin jalin hubungan persahabatan dengan pasukan AS

7 Potret Pembukaan Garuda Shield, Latihan Perang TNI AD dan Pasukan ASKepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Andika Perkasa (kanan) berbincang dengan Komandan Tentara Angkatan Darat Amerika (US Army) Asia Pasifik Jenderal Charles A Flynn (kiri) saat menghadiri pembukaan Latihan Bersama Garuda Shield ke 15/2021 pada Rabu, 4 Agustus 2021 (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

4. Sebagai simbol persahabatan, bendera kedua negara ikut dikibarkan di sesi pembuka latihan bersama

7 Potret Pembukaan Garuda Shield, Latihan Perang TNI AD dan Pasukan ASPersonel pasukan TNI AD dan US Army Force membentangkan bendera merah putih dan AS ketika di acara pembukaan latihan Garuda Shield (www.instagram.com/@infokomando)

5. Ada 2.282 Angkatan Darat AS yang ikut dalam latihan bersama Garuda Shield. Mereka berangkat dari pangkalan militer Guam

7 Potret Pembukaan Garuda Shield, Latihan Perang TNI AD dan Pasukan ASTentara Amerika (US Army) berjalan usai penerjunan bersama dengan TNI AD saat Latihan Bersama Garuda Shield ke 15/2021 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD di Martapura, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumsel pada 4 Agustus 2021 (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

6. Komandan Tentara AD AS di wilayah Asia Pasifik, Jenderal Charles A. Flynn turut beri hormat ke pasukan TNI AD

7 Potret Pembukaan Garuda Shield, Latihan Perang TNI AD dan Pasukan ASCommanding General USARPAC Jenderal Charles A. Flynn (kiri) memberi hormat kepada personel TNI AD di Baturaja (www.instagram.com/@tni_angkatan_darat)

7. Tentara Angkatan Darat AS ikut diajak kegiatan bakti sosial untuk warga OKU, Sumsel

7 Potret Pembukaan Garuda Shield, Latihan Perang TNI AD dan Pasukan ASDi sela latihan bersama, Angkatan Militer AS ikut diajak kegiatan bakti sosial dengan membagikan sembako kepada warga di Desa Tanjung Kemala Barat, Oku Timur, Sumsel (www.instagram.com/@tni_angkatan_darat)

Baca Juga: Gelombang Satu 2.282 Pasukan AS Tiba di Palembang untuk Latihan Tempur

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya