Keseruan Anies Ikut Lomba HUT RI, Tepuk Bantal hingga Tarik Tambang

Anies bakal wujudkan janji kemerdekaan jika menang Pilpres

Jakarta, IDN Times - Bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, menjanjikan bakal mewujudkan janji kemerdekaan seandainya terpilih menjadi presiden pada Pemilu 2024. Hal itu disampaikan ketika ia memberikan sambutan upacara HUT ke-78 RI. 

Menurut Anies, kemerekaan adalah jembatan emas menuju ke kemakmuran dan kesejahteraan. Para pendiri bangsa, kata dia, memproklamirkan kemerdekaan sambil menyatakan janji-janji. Sehingga, lanjutnya, janji tersebut harus ditunaikan generasi penerusnya. 

"Janjinya apa saja? Yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Nah, janji kemerdekaan itulah yang harus kita tunaikan, karena semua janji tersebut belum terlunasi saat ini," ujar Anies seperti dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (17/8/2023). 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengikuti upacara HUT ke-78 RI bersama warga RW 04, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, pagi tadi. Ia mengenakan kemeja lurik Yogyakarta dan mengajak sang istri upacara. 

Meski ia belum mengumumkan sosok bakal cawapres, tapi Anies yakin akan tetap berstatus bakal capres hingga didaftarkan ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Oktober mendatang.

"Beberapa bulan lagi dilaksanakan pemilu. Insyaallah, kita akan menentukan arah bangsa untuk membawa kita melunasi janji kemerdekaan tersebut," tutur dia. 

1. Anies sempat terjatuh saat main tepuk bantal di Waduk Lebak Bulus

Keseruan Anies Ikut Lomba HUT RI, Tepuk Bantal hingga Tarik TambangBakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan ikut lomba dalam rangka HUT ke-78 RI di Cilandak, Jakarta Pusat. (Dokumentasi tim media Anies)

Usai mengikuti upacara, Anies kemudian ikut serta dalam sejumlah lomba yang diadakan warga di Cilandak Barat. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengikuti dua lomba, pertama, tarik tambang dan kedua tepuk bantal. 

Saat mengikuti lomba tarik tambang, tim Anies yang beranggotakan lima orang berhasil memenangkan gim pertama. Mereka sempat kalah pada permainan kedua, namun berhasil bangkit pada permaian ketiga. 

Sementara, permainan tak kalah seru terjadi saat permainan tepuk bantal. Permainan itu digelar di atas Waduk Lebak Bulus. 

Anies terlihat mengenakan kaos Jakarta International Stadium (JIS) warna hitam dan pelampung warna oranye ketika mengikuti perlombaan tersebut. Istrinya, Fery Farhati serta anak dan menantunya juga ikut menonton dari pinggir waduk. 

Anies memenangkan dua pertandingan awal, dengan membuat lawannya tercebur ke waduk. Setelah beberapa pukulan, bantal Anies melayang ke wajah lawannya.

Tetapi, pada perlombaan selanjutnya, Anies tumbang di tangan Ketua RT 06/04, Malkan. Beberapa pukulan bantal lawan juga mendarat ke wajah Anies.

Jatuhnya Anies ke waduk pun mengundang teriakan warga yang antusiasme melihat perlombaan HUT ke-78 RI ini. Sambil tersenyum, Anies pun turut menarik Malkan yang masih berada di atas paralon untuk nyebur bareng.

Baca Juga: Pakai Lurik, Anies Ikuti Upacara HUT 78 RI Bareng Warga di Cilandak

2. Anies tak mempermasalahkan tercebur di Waduk Lebak Bulus asal warga ikut senang

Keseruan Anies Ikut Lomba HUT RI, Tepuk Bantal hingga Tarik TambangBakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan ikut lomba dalam rangka HUT ke-78 RI di Cilandak, Jakarta Pusat. (Dokumentasi tim media Anies)

Lebih lanjut, Anies mengaku senang ikut berpartisipasi pada acara HUT ke-78 RI di tempatnya tinggalnya. Bagi dia tak masalah harus nyebur ke waduk, asal warga merasa senang. 

"Yang paling menyenangkan karena warga dan penonton merasa senang. Yang menang dan kalah sama-sama merasa senang. Bagi saya yang penting mereka (warga) senang, kami juga senang," kata dia. 

Anies pun mengaku tak masalah dikalahkan satu permainan oleh Ketua RT di Cilandak Barat. "Ini kan pertandingan persahabatan yang menyenangkan untuk semua. Saya memang kalah sama Pak RT. Tapi insyaallah kalau ngurus surat-surat masih gampang," gurau Anies.

3. Anies belum mengumumkan bakal cawapres pada 18 Agustus 2023

Keseruan Anies Ikut Lomba HUT RI, Tepuk Bantal hingga Tarik TambangBakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan ikut lomba dalam rangka HUT ke-78 RI di Cilandak, Jakarta Pusat. (Dokumentasi tim media Anies)

Sementara, terkait isu penentuan bakal cawapres, sempat beredar informasi Anies bakal mengumumkan pada Jumat, 18 Agustus 2023. Namun, hal itu dibantah Partai Nasional Demokrat (NasDem). 

Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya, justru menyebut pada Jumat besok akan diadakan rapat. Terlebih, pada Kamis (17/8/2023) ada acara peresmian Museum dan Galeri Ani-SBY di Pacitan, Jawa Timur. 

"Belumlah, ya. Tapi, kami akan rapat 18 (Agustus). Baru rapat. Karena ada acara juga di Pacitan," ujar Willy di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, kemarin.

Willy menambahkan, usai rapat itu, baru akan diumumkan keputusan yang penting. 

https://www.youtube.com/embed/_-OnLj0kmf4

Baca Juga: Respons Anies Usai Golkar-PAN Dukung Prabowo: Kita Jalan Terus

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya