Menko Mahfud Jamin Pemilu 2024 Digelar Serentak Sesuai Jadwal

Mahfud ajak masyarakat gunakan hak pilih saat pemilu

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD menjamin bahwa pemilu 2024 bakal terselenggara sesuai jadwal yakni dimulai pada 14 Februari.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu pun memastikan bahwa gugatan Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) sudah selesai karena putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang memenangkan parpol tersebut sudah dibatalkan oleh Pengadilan Tinggi (PT). Artinya, kata Mahfud, pemilu 2024 tetap berlangsung sesuai dengan rencana awal. 

"Jadi, sekali saya sampaikan, sebagai Menko Polhukam, saya menjamin bahwa pemilu harus terlaksana pada 14 Februari dan November 2024 untuk Pilkada," ungkap Mahfud ketika berkunjung ke Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton, Jawa Timur dan dikutip dari kantor berita ANTARA pada Sabtu, (22/4/2023). 

Ia pun mendorong masyarakat agar menyiapkan diri mengikuti pemilu dan menggunakan hak pilih. Mahfud menyebut masyarakat juga bisa menelusuri rekam jejak calon yang bakal dipilih. 

Ia menambahkan bahwa berdasarkan sistem demokrasi yang dianut di Indonesia, maka pergantian kekuasaan diatur melalui pemilu. Pemilu, kata Mahfud, adalah forum musyawarah sehingga siapa calon terbanyak yang mendapatkan pemilih akan keluar sebagai pemenang. 

"Maka, saya mengajak untuk memilih pemimpin baik di pemerintahan maupun di DPR yang dapat dipercaya," kata pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan di era pemerintahan Gus Dur itu. 

Lalu, apa kata Mahfud soal namanya yang kembali mencuat untuk dijadikan bakal cawapres di pemilu 2024?

Baca Juga: Ditawari Jadi Cawapres Anies oleh PKS, Mahfud: Koalisi Solid Dulu

1. Mahfud anggap namanya kembali mencuat sebagai bunga-bunga demokrasi

Menko Mahfud Jamin Pemilu 2024 Digelar Serentak Sesuai JadwalMenko Polhukam, Mahfud MD (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sementara, Mahfud pada 2019 lalu nyaris terpilih menjadi bakal cawapres untuk mendampingi Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Namun, di menit-menit terakhir, nama Mahfud dicoret oleh koalisi parpol pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Maka ketika namanya kembali muncul sebagai salah bakal cawapres, Mahfud terlihat santai menghadapinya. 

"Itu bunga-bunga demokrasi yang kita perjuangkan. Orang sekarang bebas mengusulkan calon presiden, cawapres, cagub, hingga caleg. Yang diusulkan boleh orang lain atau dirinya sendiri. Tapi, kan semua ada prosedur dan persyaratannya," ungkap Mahfud kepada IDN Times melalui pesan pendek pada 10 April 2023 lalu.

Persyaratan yang dimaksud mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu yakni dukungan dari partai politik. Sebab, kandidat capres dan cawapres tetap membutuhkan kendaraan dari parpol. 

Baca Juga: Namanya Dipasangkan dengan Ganjar di 2024, Mahfud: Itu Bunga Demokrasi

2. PKS pernah temui Mahfud untuk tawarkan kursi bakal cawapres

Menko Mahfud Jamin Pemilu 2024 Digelar Serentak Sesuai JadwalMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD ketika ditemui Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu di rumah dinas. (Dokumentasi Istimewa)

Sementara, munculnya nama Mahfud rupanya dilirik oleh sejumlah pihak. Dua di antaranya adalah Nasional Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Mahfud mengakui ia ditemui oleh Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu pada 15 April 2023 lalu. Ia tak menampik sempat ada pembicaraan mengenai capres atau cawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Meski, kata Mahfud, itu hanya sekilas dibahas. 

"Kunjungan Presiden PKS, Pak Syaikhu pada 15 April 2023 lalu didampingi oleh sahabat saya sejak di DPR pada 2004-2008, Pak Almuzammil Yusuf. Beliau adalah Wakil Presiden PKS. Ada juga Wasekjen PKS dan aktivis PKS Yogya, Abdul Azis. Kami berdiskusi tentang kalender politik 2024," ungkap Mahfud ketika dikonfirmasi oleh media di Jakarta pada 18 April 2023. 

Di dalam pertemuan itu, Mahfud menegaskan bahwa pemilu tetap digelar pada Februari 2024. Pemerintah, kata Mahfud, akan mengawal kalender konstitusional tersebut. 

Ia juga mengisahkan sempat diberi hadiah berupa buku dengan judul "Merawat Indonesia." Buku tersebut dibuat oleh PKS. 

Sementara, Syaikhu tak menampik salah satu agenda di dalam safarinya menemui sejumlah tokoh publik yakni demi mencari sosok cawapres yang bakal mendampingi Anies. Nama Mahfud kembali mencuat sebagai kandidat cawapres usai ikut membongkar kasus-kasus kontroversial dan jadi sorotan publik. 

3. Mahfud sarankan koalisi tiga parpol pengusung Anies harus tetap solid hingga pendaftaran capres

Menko Mahfud Jamin Pemilu 2024 Digelar Serentak Sesuai JadwalMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD ketika meninjau persiapan mudik di Command Center PJR. (www.instagram.com/@mohmahfudmd)

Lebih lanjut, Mahfud sempat menyarankan agar yang menjadi fokus utama Koalisi Perubahan untuk Persatuan yakni tetap menjaga soliditas hingga waktu pendaftaran capres pada Oktober 2023 mendatang ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Tujuannya, agar tiket capres yang semula sudah dikantongi Anies tidak hilang. 

"Jangan sampai mengajak cawapres dari luar parpol tapi koalisinya malah pecah," kata Mahfud.

Ia menambahkan dalam pertemuan dengan Syaikhu tidak ada jawaban atas tawaran dari PKS tersebut. "Saya tidak menjawab iya atau tidak, sebab fokus saya adalah mengawal pemilu agar berlangsung sesuai kalender," katanya lagi. 

Sejauh ini, parpol lain yang turut mempertimbangkan nama Mahfud sebagai bakal cawapres adalah Partai Nasional Demokrat. Ketua DPP NasDem, Sugeng Suparwoto tak menampik bahwa nama Mahfud turut masuk ke dalam radar. 

"Saya kira pak Mahfud juga salah satu tokoh yang dalam radar kami," kata Sugeng di Semarang pada 12 April 2023 lalu. 

Ia menambahkan Mahfud adalah sosok yang berintegritas. Mahfud pun dinilai punya pengalaman panjang dalam pemerintahan sejak era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Selain itu, Sugeng juga menyebut sosok akademisi yang telah dikenal kapabilitasnya.

"Dia ahli hukum tata negara yang cukup baik dan sangat, sekali lagi sangat kredibel, dan kita lihat juga integritasnya juga sangat baik," tutur dia lagi. 

Baca Juga: PKS Sempat Datangi Mahfud MD Tawari Jadi Cawapres Anies Baswedan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya