2 Mei Hari Pendidikan Nasional: Sejarah dan Ucapannya

Belajar dengan giat dan bersungguh-sungguh, yuk!

Jakarta, IDN Times - Hari Pendidikan Nasional merupakan peringatan tahunan setiap tanggal 2 Mei. Hal ini tentunya tidak lepas dari sejarah dan tokoh yang mendahuluinya. Kamu pasti tidak asing dengan Ki Hajar Dewantara. Ia merupakan sosok yang sangat berjasa di dunia pendidikan.

Lahir pada 2 Mei 1889 dengan nama asli Raden Mas Soewardi Soeryaningrat, berasal dari keluarga kraton Yogyakarta. Dengan perjuangannya itu, maka peringatan Hardiknas ditetapkan dalam Surat Keputusan Presiden RI No.305 tahun 1959.

Mari simak sejarah Hari Pendidikan Nasional dan ucapan yang bisa kamu sampaikan untuk turut merayakanya.

Baca Juga: Revisi UU Sisdiknas Harus Jadi Fondasi Baru Pendidikan Indonesia

Sejarah Hari Pendidikan Nasional

2 Mei Hari Pendidikan Nasional: Sejarah dan UcapannyaPotret lembaga pendidikan Taman Siswa (kagama.co)

Sosok Ki Hajar Dewantara saat itu menamatkan sekolahnya di Sekolah Dasar Belanda dan kemudian melanjutkan ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera) tapi sayangnya karena sakit, beliau tidak bisa menamatkan sekolahnya. Selanjutnya ia menjadi wartawan di beberapa surat kabar, salah satunya adalah Midden Java.

Saat menjadi wartawan, Ki Hajar Dewantara membuat karya dalam bentuk tulisan yang berisi kritik mengenai pendidikan di Indonesia tapi hanya boleh dibaca oleh keturunan Belanda dan orang kaya. Karena tulisannya, ia disingkirkan ke Belanda.

Setelah kembali ke Indonesia pada 6 September 1919, ia mendirikan lembaga pendidikan dengan nama Taman Siswa di Yogyakarta dan filosofinya menjadi sangat terkenal yaitu "Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani" yang memiliki arti "Di depan memberi teladan, di tengah memberi bimbingan, di belakang memberi dorongan".

Setelah Indonesia merdeka, beliau diangkat menjadi menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan Pengajaran Indonesia di bawah pemerintahan Ir. Soekarno. Serta mendapat gelar doktor kehormatan (doctor honoris causa, Dr.H.C.) dari Universitas Gadjah Mada pada 1957.

Sayangnya dua tahun setelah mendapatkan gelar, ia gugur pada 28 April 1959 di Yogyakarta. Dengan perjuangan dan keberaniannya beliau mendapat gelar sebagai Bapak Pendidikan Indonesia.

Ucapan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2022

2 Mei Hari Pendidikan Nasional: Sejarah dan UcapannyaPotret Sekolah Taman Siswa (id.wikipedia.org)

Pada Hari Pendidikan Nasional, kamu sebagai pelajar, bisa melakukan banyak hal seperti belajar dengan giat dan bersungguh-sungguh. Selain itu ada beberapa pengucapan yang bisa digunakan untuk menyemarakkan perayaan ini.

  1. Jangan pernah lelah belajar karena sesungguhnya belajar ada dalam kehidupan sehari-hari. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2022.
  2. Hiduplah seakan kamu akan mati besok, belajarlah seakan kamu hidup selamanya -Mahatma Gandhi. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2022.
  3. Dengan ilmu, kita menuju kemuliaan -Ki Hadjar Dewantara. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2022.
  4. Ilmu tanpa amal sama dengan omong kosong. Beramal tanpa ilmu sama dengan menyesatkan. Selamat Hardiknas 2022. Tuntutlah ilmu hingga akhir hayat.
  5. Pandemi belum selesai, tetapi semangat belajar tidak pernah selesai. Tetap semangat dan selalu jaga kesehatan. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2022.
  6. Belajar tidak mengenal umur. Kejar apa yang ingin dipelajari hingga sukses. Belajar tidak selalu lewat buku pelajaran, tapi juga arti kehidupan. Selamat Hardiknas 2022.
  7. Pendidikan adalah jalur dua arah. Mereka yang mengajar harus bisa berdiri untuk belajar dan sebaliknya mereka yang belajar bisa berdiri untuk mengajar pula -Harly Umboh. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2022.
  8. Dengan pendidikan kita tidak bisa disamakan dengan ikan. Dengan ilmu kita juga tidak bisa disamakan dengan lembu. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2022.
  9. Kenapa kita harus belajar? Sebab semua pencapaian bermula dari proses pembelajaran. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2022.
  10. Dengan ilmu kita dapat menuju kemuliaan -Ki Hadjar Dewantara. Selamat Hardiknas 2022.
  11. Salah satu amal yang mengalir sampai di surga adalah ilmu yang bermanfaat. Selamat Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2022.

Itulah rangkuman sejarah Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tahunnya pada 2 Mei. Ini menjadi momentum penting untuk menyulut semangat memajukan pendidikan Indonesia bersama.

Baca Juga: Pemerintah Didesak Benahi Sistem Pendidikan Lewat Presidensi G20 

Topik:

  • Bella Manoban
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya