Soal Isu Penjegalan, Anies: Insyallah Dapat Simpati dan Kepercayaan

Fokus pada kepentingan umum dan keadilan

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, mengaku tidak pernah merasa dijegal setelah dideklarasikan sebagai bakal capres untuk pemilihan umum (Pemilu) pada Pilpres 2024.

"Saya tidak pernah berkeluh kesah dan merasa itu dianggap jegal justru merasa ini bukti apa yang kita kerjakan, insyallah akan dapat simpati dan kepercayaan," ucapnya dalam acara Desak Anies di Pos Bloc, Jakarta, Selasa (15/8/2023) malam.

Baca Juga: Prabowo Tantang Anies dan Ganjar Adu Gagasan- Program

1. Saling menahan dan menghentikan biasa dalam kompetisi

Soal Isu Penjegalan, Anies: Insyallah Dapat Simpati dan KepercayaanDesak Anies (IDN Times/Triyan)

Menurut Anies, hal yang lumrah dalam (kontestasi pemilu) bila ada yang berusaha untuk menahan dan menghentikan karena ini adalah sebuah kompetisi. Bahkan, ia mencontohkan kompetisi dalam pemilu ini seperti minimarket yang saling berdekatan, namun tetap berkompetisi.

“Alfamart sama Indomaret aja kompetisi begitu kok saling coba menahan, menghentikan. Jadi kita gausah cengeng, ada yang coba hentikan itu biasa saja," jelasnya.

2. Anies Baswedan komitmen prioritaskan keadilan

Soal Isu Penjegalan, Anies: Insyallah Dapat Simpati dan KepercayaanIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Terkait independensi Anies Baswedan di tengah tiga partai politik yang mendukungnya, yakni  Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS. Anies menegaskan ia akan fokus pada kepentingan umum dan  keadilan bagi masyarakat. 

"Dalam ambil keputusan bisa saja saya sepandangan dengan partai politik bisa jadi beda. Jadi jangan kita asumsikan jika partai punya pandangan itu salah," kata dia.

Anies mengungkapkan seseorang yang berada dalam partai juga memiliki aspirasi, dan pandangan politik sejalan dengan kepentingan publik, prinsip keadilan, common sense.

"Independen perlu garisbawahi yang penting harus objektif dan dari objektivitas ada keputusan yang benar," jelasnya.

Baca Juga: Respons Anies Usai Golkar-PAN Dukung Prabowo: Kita Jalan Terus

3. Respons Anies usai Golkar-PAN dukung Prabowo

Soal Isu Penjegalan, Anies: Insyallah Dapat Simpati dan KepercayaanMantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Sebelumnya, Anies Baswedan mengucapkan selamat kepada Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang telah menyatakan dukungannya pada Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024.

Meski begitu, bergabungnya dua parpol parlemen untuk memperkuat Prabowo pada Pilpres 2024 tidak lantas menyurutkan langkahnya untuk memantapkan koalisi bersama Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Demokrat. 

"Kami sampaikan selamat kepada Partai Golkar dan PAN yang sudah memutuskan untuk bergabung di koalisi. Tapi bagi kami bismillah, kami terus jalan," ujar Anies di Yogyakarta, Minggu (13/8/2023). 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/C0ZXxgxYEj0

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya