140 Tokoh Inspiratif Lokal hingga Mancanegara Meriahkan IdeaFest 2021

Ideafest jadi festival terbesar lintas industri kreatif

Jakarta, IDN Times - Festival kreatif lintas industri, IdeaFest kembali digelar secara hybrid pada 26 hingga 28 November 2021.

Dalam event kali ini, lebih dari 140 tokoh inspiratif dihadirkan, dan 60 sesi edukatif dengan topik yang relevan serta perkembangan industri kreatif saat ini.

Co-Founder of IdeaFest, Ben Soebiakto, mengatakan, IdeaFest 2021 mencoba merespons perubahan dengan menghadirkan pengalaman festival kreatif, yang benar-benar baru secara hybrid.

Ben mengatakan IdeaFest 2021 memperkenalkan sebuah virtual arena terbaru dan platform metaverse berteknologi tinggi bernama JagatLive. Platform ini dirancang untuk menggambarkan konsep interaksi virtual yang interaktif dan imersif.

"Tahun ini adalah waktu untuk kita menemukan potensi dan faktor X yang ada dalam diri kita agar bisa bertahan, menghasilkan karya yang inovatif dan membangkitkan semangat pantang menyerah untuk menggapai impian," kata Ben dalam keterangan tertulis, Rabu, 1 Desember 2021.

Baca Juga: Restart Perekonomian, IDEAFEST 2020 Dorong Industri Kreatif

1. Pengisi acara terbaik di bidangnya

140 Tokoh Inspiratif Lokal hingga Mancanegara Meriahkan IdeaFest 2021(Dok. IdeaFest 2021)

IdeaFest 2021 menghadirkan nama-nama besar dari dalam dan luar negeri antara lain Tablo (Rapper, Producer, Songwriter, and Author), Stefan Sagmeister (Designer), Kevin Kwan (Author of Crazy Rich Asians), Daito Manabe (Artist, Composer, Programmer, Designer, DJ, VJ, and Rhizomatiks founding member), Yvett Merino (Producer of Disney’s “Encanto”), Byron Howard (Director of Disney’s “Encanto”),

Raffi Ahmad (Founder & Chairman RANS Entertainment), Ridwan Kamil (Governor of West Java), Reza Servia (Producer, Managing Director of Starvision Plus), Ahmad Izham Omar (Executive Director, Content and Creative, Disney+, The Walt Disney Company Southeast Asia), dan beberapa nama besar lainnya.

IdeaFest 2021 juga menghadirkan deretan figur inspiratif lainnya seperti Brian McGinn, Cecilia Soojeong Yi, Calvin Chua, Chand Parwez Servia, Dian Sastrowardoyo, Voice of Baceprot, Dee Lestari, Jerome Kurnia, Arawinda Kirana, Wregas Bhanuteja, Aaron Seeto, Afutami, Max Mandias, Luluk HF, Marsela Limesa, Sal Priadi, Sulaiman Said, Wening Hung, Marchella FP, Bapak2ID, Weining Hung, Zico Halim, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, IdeaFest 2021 juga mempersembahkan program musik dengan menampilkan sederet musisi Tanah Air yaitu, Kunto Aji, Lomba Sihir, Basboi & Les Musik ft Kamga, A Nayaka, Kay Oscar, serta menghadirkan special performances dari sembilan musisi yang berhasil terpilih dari program IdeaFest Music Camp.

2. IdeaFest 2021 mendapatkan apresiasi Kemenparekraf

140 Tokoh Inspiratif Lokal hingga Mancanegara Meriahkan IdeaFest 2021

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Muhammad Neil El Himam, mengatakan pihaknya mengapresiasi gelaran IdeaFest tahun ini dalam menunjukkan semangat serta komitmennya untuk memberikan ruang bagi seluruh pelaku industri kreatif untuk berkolaborasi.

"Di situasi pascapandemik ini, masyarakat perlu sudut pandang baru dalam melihat situasi ini untuk menciptakan kembali semangat bangkit masyarakat, dalam membangun ekosistem industri kreatif yang lebih baik. Dengan begitu, harapannya masyarakat dapat mampu bersaing, menciptakan inovasi, dan membangkitkan kembali potensi ekonomi kreatif Indonesia," kata dia.

Sementara, Deputy Marketing Activation of PT Gudang Garam Tbk, Pongky Putranto, menjelaskan Pro Warriors ingin menjadi bagian dari terbentuknya generasi Indonesia yang tangguh dalam menghadapi segala tantangan di masa depan.

Dia menyebut, industri kreatif yang semakin bertumbuh juga tidak lepas dari segala tantangan yang ada seperti situasi saat ini yang tidak pasti, dan persaingan yang semakin ketat antarpelaku usaha.

"Untuk merespons hal itu, Pro Warriors bersama IdeaFest tidak hanya ingin memberikan wadah pertukaran wawasan dan gagasan kreatif, namun juga lebih dari itu, kami ingin menyemangati generasi muda agar terus semangat dan tidak patah arang dengan apapun yang akan dihadapi," kata Pongky.

3. IdeaFest 2021 gandeng Samara Live

140 Tokoh Inspiratif Lokal hingga Mancanegara Meriahkan IdeaFest 2021(Dok. IdeaFest 2021)

Selain itu, IdeaFest 2021 juga didukung berbagai sponsor yang berpartisipasi pada penyelenggaraan tahun ini seperti PT Indofood CBP Sukses Makmur melalui brand Indomie, Pop Mie, Indomilk, dan Chitato, Tbk, Danone Indonesia, Wardah, Ericsson, Durex (PT. Reckit Benckiser Indonesia), Unilever, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Diharapkan, event ini dapat menjadi referensi terkini bagi insan kreatif dan menciptakan kolaborasi lintas industri. Samara Live selaku penyelenggara konsisten menghadirkan IdeaFest sebagai ruang bertukar inspirasi antarinsan kreatif Indonesia.

Samara Live sendiri merupakan sebuah perusahaan event promotor yang menjadi bagian dari Samara Media & Entertainment. Samara Live telah menghadirkan berbagai event berskala besar yang menjangkau masyarakat di seluruh penjuru Indonesia, seperti IdeaFest, Wonderfest, Meranoia Festival, Nusantara Fashion Festival, Future Financial Fest dan juga Live Stream Fest.

Baca Juga: IDEAFEST 2020 Menampilkan Ratusan Pembicara Lintas Industri

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya